Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tak Perlu Panik, Begini Antisipasi Saat Alami Pecah Ban di Jalan

Last updated on 8 Oktober, 2018

Dalam berkendara, hal buruk apapun bisa menimpa kita. Salah satu kemungkinan terburuk yang biasa menjadi momok dan dapat terjadi saat berkendara adalah pecah ban.

Jakarta, Autos.id – Jika sudah mengalami pecah ban di jalan, pasti kita langsung merasa panik. Bagaimana tidak, saat ban pecah, maka kita bisa saja langsung kehilangan kendali sehingga dapat membahayakan pengendara lain.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya pecah ban, mulai dari mulai dari tekanan udara yang memang kurang atau ban melindas benda tajam seperti kawat atau paku.

Pecah ban memang sulit diduga, bahkan oleh pengemudi berpengalaman sekalipun. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan oleh pengemudi ketika mengalami pecah ban saat sedang melaju kencang, khususnya jika sedang berada di jalan bebas hambatan?

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah tetap tenang dan  segera nyalakan lampu hazard sembari mengarahkan ke bahu jalan jika Anda memang sedang berada di jalan bebas hambatan.

Cara teraman menghadapi pecah ban adalah dengan membiarkan kendaraan terus melaju sembari mencoba mengarahkan ke tepi tanpa menginjak pedal gas sampai akhirnya mobil benar-benar berhenti.

Bila ban sudah pecah, tak ada pilihan lain selain menggantinya

Pengemudi harus tetap fokus mengendalikan mobil sembari mengurangi kecepatan dengan melepaskan kaki dari pedal gas secara perlahan. Mengurangi kecepatan juga dibantu dengan engine brake untuk menahan laju mobil sampai kecepatan rendah.

Kalau ban yang pecah ada di bagian depan, maka pengemudi perlu melakukan counter steering. Contohnya saat ban pecah bagian kiri maka setir akan berat ke kiri, karena itulah arahkan kemudi ke kanan sampai arah laju tetap stabil, begitu juga sebaliknya.

Rem tetap penting tetapi jangan sampai melakukan pengereman mendadak karena itu bisa memindah bobot mobil ke depan, dan setir akan semakin tertarik ke arah ban yang pecah sehingga kemungkinan mobil terbalik menjadi lebih besar.

Setibanya di tepi jalan, pengemudi pun bisa mengganti ban yang pecah atau jika kondisinya sangat parah dan sulit untuk diganti sendiri, bisa segera meminta bantuan bengkel resmi terdekat untuk bisa memperbaikinya.

Baca juga: Waktu yang Ideal untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 1 Maret, 2024 Salah satu tingkat kenyamanan dari mengemudikan mobil adalah tidak ada suara berisik dari ban saat melaju, alias senyap....

Aksesoris

Autos.id – Jika Anda memiliki mobil, pastikan memilih ban dari merek terbaik agar perjalanan selalu nyaman dan aman. Dengan memilih merek ban yang tepat,...

Berita Otomotif

Last updated on 14 Agustus, 2023 Autos.id – Ingin membeli ban mobil penumpang? Gajah Tunggal adalah pilihan tepat. Kami akan memberikan daftar harga ban...

Tips

Semir ban seringkali dilakukan demi membuat tampilan mobil lebih menari, tapi ada dampak buruknya. Autos.id – Semir ban mobil telah menjadi salah satu langkah...

error: Content is protected !!