Tips

Pahami Jenis dan Perbedaan Rem Cakram pada Mobil

Cakram adalah sebuah komponen yang berperan sangat penting dalam proses pengereman mobil. Tapi, tahukah Anda kalau cakram pada mobil memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Jakarta, Autos.id – Semua pasti sudah tahu bahwa dengan adanya rem cakram, maka mobil kita dapat melakukan pengereman dengan lebih pakem, dan lebih cepat, sehingga faktor keselamatan kita pun jadi lebih terjamin.

Kenapa cakram bisa membuat proses pengereman jadi lebih cepat? Karena saat kita melakukan pengereman, maka cakram bisa langsung membuang panas. Ini jelas dengan kinerja tromol yang membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga detik untuk membuang panas.

Makanya, jika ada sebuah mobil yang menggunakan cakram di keempat rodanya, bisa dipastikan kalau mobil itu memiliki performa pengereman yang mumpuni.

Di luar soal kemampuan rem cakram yang dapat memberikan performa pengereman yang baik pada mobil, pasti banyak orang yang mengira kalau rem cakram hanya terdiri dari satu jenis. Tapi tahukah Anda? bahwa sebenarnya, rem cakram memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Rem cakram jenis solid

Rem cakram memiliki jenis solid dan ventilated. Untuk cakram yang disebut terakhir, jenisnya terpecah lagi ke dalam dua tipe, yakni cross drilled dan slotted.

Pertama, kita akan bahas pengertian cakram solid. Cakram jenis tidak memiliki media pendingin atau pelepas panas. Biasanya cakram jenis ini jamak digunakan pada mobil lawas keluaran 1990-an sampai 2000 awal.

Sementara untuk cakram ventilated, ada media untuk melepas panas karena terdapat rongga udara antara bagian dalam dan luar, sehingga ketahanan cakramnya lebih awet dan performa pengereman pun juga lebih baik.

Lalu apa perbedaan antara cakram cross drilled dan slotted? Cakram cross drilled memiliki lubang-lubang, sedangkan slotted bukan lubang lagi, tapi desainnya seperti ada alur atau got pada permukaan cakramnya.

Meski ada sedikit perbedaan, tapi sebenarnya fungsi dari cakram jenis cross drilled dan slotted ini sama saja. Yakni selain agar lebih cepat melepas panas akibat sistem pengereman, sekaligus juga berguna untuk membuang debu dari kampas rem yang tergesek.

Comments
To Top