Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Mengetahui Potensi Adanya Masalah pada AC Mobil

AC akan bekerja lebih keras di kemacetan

Last updated on 29 Februari, 2024

Sama seperti komponen lain mobilnya, AC juga bisa mengalami masalah hingga kerusakan. Sebelum terjadi kerusakan pada AC, ketahui dulu indikasinya.

Jakarta, Autos.id – Selain faktor teknis seperti bantingan suspensi atau tebal dan empuknya busa jok pada sebuah mobil, Pendingin udara atau yang biasa kita sebut AC mempunyai peranan dalam menciptakan kenyamanan di mobil. Karena dengan adanya AC, kita bisa tetap selalu merasa sejuk di dalam mobil.

Mungkin hampir dari kita semua selalu memakai AC mobil untuk waktu yang lama. Maka itu, AC mobil bisa saja mengalami masalah hingga kerusakan. Apalagi jika kita suka mengabaikan soal perawatannya, bukan tidak mungkin kalau komponen ini bisa lebih cepat rusak.

Agar AC mobil kita bisa terhindar dari kerusakan, pastinya kita harus merawatnya dengan baik. Bukan hanya merawatnya, kita juga perlu mendeteksi gejala-gejala yang mengindikasikan kalau AC mobil kita tengah mengalami masalah.

Simak artikel tentang AC Lainnya

Untuk mengetahui apakah AC mobil kita sedang bermasalah sebenarnya tidak sulit. Dengan merasakan kesejukannya saja, maka kita sudah bisa mengetahuinya. Bila AC mobil terasa tidak sedingin biasanya, maka bisa dikatakan kalau komponen ini sedang bermasalah.

Servis AC mobil memerlukan alat khusus

Bila AC mobil terasa tidak sedingin biasanya, berarti ada kebocoran pada freonnya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda tidak memperbaikinya sendiri, tapi pergilah ke bengkel spesialis AC mobil.

Perlu diketahui, jika AC mobil bermasalah, biasanya itu disebabkan karena usia pakai komponen pendingin ini sudah habis. Ini sedikit berbeda dengan komponen mobil lainnya yang bisa mengalami masalah atau kerusakan karena faktor manusia alias perilaku si pengemudi.

Lantas, kenapa kita harus memperbaiki AC mobil di bengkel? Karena dalam proses perbaikannya, yang dilakukan tidaklah hanya sekadar isi ulang freon. Tapi ada oli khusus freon yang juga perlu diisi, sehingga prosesnya jadi sedikit lebih lama dan rumit.

Meski prosesnya terlihat agak rumit, dan membuat Anda berpikir kalau ongkos perbaikannya akan memakan biaya yang tinggi, namun sebenarnya biaya servis AC mobil tidaklah terlalu mahal. Jika hanya sebatas mengisi freon dan olinya, biaya servisnya hanya memakan anggaran sekitar Rp 350 Ribu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Matikan AC Mobil saat Macet Bisa Bikin BBM Lebih Hemat?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Pernahkah Anda mengalami AC mobil tiba-tiba menjadi panas? Padahal lagi kondisi macet-macetan, siang hari, buka kaca mobil malah tambah panas. Dalam kondisi...

Tips

Autos.id – Memiliki fungsi penting, ternyata AC mobil bisa mengeluarkan bau apek. Salah satu manfaat dan fungsi AC mobil adalah untuk menjaga suhu udara...

Tips

Last updated on 16 Maret, 2022 Sama seperti komponen mobil lainnya, AC juga bisa mengalami masalah atau kerusakan. Untuk mendeteksi adanya masalah atau kerusakan,...

Tips

Mobil mulai tidak nyaman dikendarai dan suara mesin menjadi tidak seimbang, ini bisa jadi gejala mobil mogok. Awas, masih ada gejala lainnya! Jakarta, Autos.id...

error: Content is protected !!