Tips

Tips Dinginkan Suhu Panas di Kabin Mobil Paling Cepat!

suhu panas di kabin mobil

Kepanikan biasanya melanda pengemudi saat mengetahui suhu panas di kabin mobil. Kondisi ini bisa diatasi dengan cepat! Coba perhatikan langkah ini!

Jakarta, Autos.id – Apa yang akan Anda lakukan ketika mendapati suhu panas di kabin mobil? Panik atau membiarkannya saja? Sebagian orang ternyata akan merasa panik saat mendapati kondisi yang seperti ini.

Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa suhu panas yang menyerang kabin akan selalu membuat para pengemudi merasa kesal. Sebenarnya kejadian tersebut wajar saja karena mobil yang sedang diparkir di luar ruangan lebih mudah terpapar sinar matahari.

penyebab suhu panas di kabin mobil adalah sinar matahari yang langsung mengenai mobil

penyebab suhu panas di kabin mobil adalah sinar matahari yang langsung mengenai mobil

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mencermati beberapa tips berikut ini. Dilansir dari laman liputan6 (30/05), Nissan Indonesia mempunyai penjelasan mengenai cara penanganan kondisi tersebut.

Mengenakan Pelindung Matahari

Cara h paling sederhana untuk mengatasi kondisi suhu panas di kabin mobil dengan memanfaatkan pelindung matahari. Tetapi, Anda perlu memakai jenis yang ringan serta mudah dibongkar pasang kembali. Pelindung ini nantinya hanya dapat melindungi bagian kaca depan dan belakang. Meski begitu, ini disebut lebih baik ketimbang tidak menggunakannya sama sekali. Dengan begitu, roda kemudi serta kenop transmisi tetap bisa dingin.

“Sebisa mungkin pastikan celah yang dilalui sinar matahari sangat minim agar suhu udara kabin mobil tetap dingin”

Sebelum Anda meninggalkan mobil, sebaiknya pasang dahulu pelindung tersebut secara menyeluruh mulai dari bagian bawah sampai atas. Tak hanya itu, pastikan celah yang tersisa yang dilalui sinar matahari lebih sedikit. Kemudian ratakan pelindung dari dashboard sampai atas. Anda juga bisa menggunakan sun visor untuk menahan pelindung agar tak terjatuh.

Memaksimalkan Sirkulasi Udara

Cara mengatasi suhu panas di kabin mobil selanjutnya ialah dengan memaksimalkan sirkulasi udara dalam mobil. Cara yang satu ini terbilang cukup efektif dalam menurunkan suhu panas dalam kabin dengan waktu yang cepat. Caranya bisa diaplikasikan dengan menggunakan sistem pendingin kabin atau yang dikenal dengan AC serta jendela mobil.

Anda dapat membuka jendela mobil. Langkah tersebut dilakukan agar udara panas keluar dari dalam mobil. Setelah itu, nyalakan AC dan gunakan pula mode fresh air. Mode tersebut efektif mengusir udara panas dalam mobil dan menjadikan udara lebih dingin. Tunggulah hingga 1 sampai 2 menit kemudian tutup kembali semua jendela dan nyalakan AC pada mode recirculate.

Tetap Buka Jendela Mobil

Tips terakhir ialah dengan membiarkan jendela mobil sedikit terbuka. Tips yang satu ini efektif membantu udara di dalam mobil mendapatkan sirkulasi dengan baik. Suhu udara yang panas akan mengalir menuju atas kaca sehinga udara terasa sama dari udara di luar.

Sebelum Anda meninggalkan kendaraan, sebaiknya bukalah jendela mobil sedikit saja. Fungsinya sendiri untuk membuka ventilasi udara sehingga arus udara di dalam mobil menjadi lebih lancar. Agar tetap aman, sebaiknya buka jendela kurang lebih 1 sampai 2 cm saja. Bagaimana, tips mendinginkan suhu panas di kabin mobil tak sulit bukan?

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top