Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Kredit Multiguna Motor Bisa Untung Bisa Mencekik!

kredit multiguna motor

Kredit multiguna motor menguntungkan karena dana yang didapat basar. Namun, bila gagal melunasinya, hutang akan mencekik Anda karena aset ikut melayang!

Jakarta, Autos.id – Pernahkah Anda mendengar kredit multiguna motor? Benarkah kredit ini bisa menguntungkan? Atau malah akan membuat Anda tercekik? Menguntungkan atau malah merugikan, ternyata hal tersebut tergantung dari Anda sendiri!

Seiring waktu, seseorang akan memerlukan uang cepat. Hal tersebut didasari kebutuhan yang mendesak dan harus disegerakan. Sayangnya, terkadang uang tabungan kita tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut.

Apalagi aset berharga yang dimiliki hanyalah kendaraan bermotor. Untuk menjualnya, pastinya kita harus berpikir berulang-ulang mengingat kendaraan tersebut adalah kendaraan yang digunakan sehari-hari. Maka menjual dirasa bukan satu-satunya jalan untuk mendapatkan uang dalam jumlah tertentu dan waktu yang cepat.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Beberapa orang menyarankan untuk mengajukan kredit multiguna motor demi mendapatkan dana cepat. Hal ini biasanya dilakukan dengan menjaminkan surat kendaraan yaitu BPKB motor ke perusahaan pembiayaan atau Bank tertentu.

“Banyak persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit multiguna motor salah satunya motor dalam kondisi baik”

Meski begitu, tidak mudah mengajukan kredit multiguna motor. Motor yang nantinya dijaminkan haruslah dalam kondisi baik. Serta tidak melebihi usia kendaraan yang ditentukan. Misalnya saja usia kendaraan paling lama delapan tahun sejak motor diproduksi hingga masa kredit berakhir.

Persyaratan mengajukan kredit multiguna motor salah satunya kondisi kendaraan harus masi bagus

Persyaratan mengajukan kredit multiguna motor salah satunya kondisi kendaraan harus masi bagus

Lantas, bagaimana dengan syarat-syaratnya? Beberapa dokumen penting yang biasanya menjadi persyaratan ialah KTP, Kartu Keluarga, bukti penghasilan bulanan, STNK motor yang akan dijaminkan, serta faktur asli.

Namun, selain persyaratan tersebut ada perusahaan pembiayaan yang menyertakan persyaratan berupa rincian penggunaan dana yang didapat secara terperinci. Ini biasanya dibuktikan dengan RAB atau pe-Rincian Anggaran Biaya, kuitansi pihak ketiga maupun invoice.

Menariknya, dimanfaatkan untuk mendapatkan dana cepat, kredit multiguna dapat dipergunakan untuk membeli motor baru. Biasanya yang menjadi jaminan adalah sertifikat tanah, sertifikat rumah atau bisa juga kendaraan yang dimiliki. Inilah alasan mengapa namanya disebut multiguna.

Banyak orang mengatakan bahwa kredit tersebut bisa memberikan keuntungan besar. Beberapa diantaranya ialah dana yang didapat dalam jumlah besar hingga miliaran, tenor atau masa cicilah hingga 10 tahun, dan dana cepat cair sehingga bisa digunakan untuk segala macam kebutuhan termasuk kebutuhan mendesak.

Bahkan, bila dana yang didapat besar, Anda bisa memanfaatnnya sebagai modal membuka usaha serta lainnya. Namun, meski yang harus diingat adalah kredit jenis ini juga bisa merugikan Anda. Mengapa dikatakan merugikan? Hal ini karena sebelum mengajukan Anda harus memiliki aset yang dijaminkan. Aset tersebut tentunya adalah aset memiliki nilai jual tinggi.

Lebih dari itu, bila Anda gagal melunasi cicilan dalam kurun waktu yang ditentukan, hutang-hutang tersebut bisa saja mencekik Anda. Pasalnya, aset yang Anda jaminkan akan melayang. Bahkan prosesnya pun tidak sebentar karena pihak bank maupun perusahaan pembiayaan harus merinci nilai aset-aset tersebut.

Nah, bagaimana menurut Anda? Agar nantinya kredit multiguna motor tidak mencekik Anda, sebaiknya pertimbangkan matang-matang dan yang paling bijaksana adalah sebelum mengajukan tanyakan dulu kelebihan dan kekurangan kredit tersebut kepada perusahaan pembiayaan atau Bank yang Anda tuju!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Tahukah Anda, bahwa pemeriksaan motor tidak hanya penting untuk dilakukan ketika motor rusak. Namun juga penting...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Di segmen roda dua tanah air, beberapa varian model motor memang dapat dijumpai di jalanan setiap...

Modifikasi

Bagi para pemilik motor, mungkin masih banyak yang bingung apa perbedaan antara Bore Up dan Stroke Up. Autos.id – Pengembangan performa motor adalah salah...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

error: Content is protected !!