Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Kerap Disepelekan, Ternyata Fungsi Tutup Pentil Ban Sangat Penting!

tutup pentil ban

Selain mesin, tutup pentil ban menjadi komponen kendaraan yang memiliki peran penting. Sayangnya, masih banyak yang menyepelekan benda kecil ini!

Jakarta, Autos.id – Tutup pentil ban pada kendaraan seringkali diabaikan oleh kebanyakan pengendara. Padahal, faktanya peran benda berukuran kecil tersebut sangat vital baik untuk kendaraan itu sendiri maupun untuk pengendara.

Saat ini masih banyak pengemudi sepeda motor yang terpaku hanya pada mesin saja. Mereka barangkali berpikir bahwa satu-satunya komponen pada kendaraan yang perlu dirawat adalah bagian mesin. Tak hanya itu, pemahaman bahwa mesin dianggap penting karena motor hanya dapat berjalan jika mesin terawat juga terbilang tinggi.

Ya, mesin memang memiliki peran vital dalam kendaraan. Namun, benda atau komponen kecil layaknya tutup pentil ban juga ikut andil pada sebuah kendaraan. Meski tampak seperti benda kecil dan sepele, valve cap atau tutup pentil adalah bagian dari keamanan lho.

Tutup pentil ban berperan menjaga tekanan udara dalam ban dan mencegah kotoran masuk ke dalam ban

Tutup pentil ban berperan menjaga tekanan udara dalam ban dan mencegah kotoran masuk ke dalam ban

Hal tersebut sesuai dengan penjelasan dari Asisten Manajer Technical Training di PT Daya Adicipta Motor atau DAM bernama Ade Rohman. Dikutip dari laman Viva (15/05), Ade menyebutkan bahwa komponen tersebut memiliki peran penting bagi ban kendaraan.

“Tutup pentil ban kendaraan tidak boleh diremehkan karena punya dua peran penting yaitu menjaga tekanan pada ban dan mencegah kotoran masuk”

Ade lebih lanjut menjelaskan mengenai dua fungsi dari tutup pentil ban yang hingga kini masih jarang dipahami oleh kebanyakan pengendara motor. Peran utama tutup pentil pada ban kendaraan ialah untuk menjaga tekanan pada ban agar tidak cepat kempes.

Menurut Ade, dengan adanya pemasangan tutup pentil pada ban akan membuat tekanan udara di dalam ban menjadi tetap stabil. Dengan demikian ban tidak mudah mengalami kempes bahkan kendaraan menjadi nyaman dikendarai.

Sementara itu, bagaimana dengan fungsi lain dari tutup pentil tersebut? Ade pun kembali menuturkan bahwa peran lain dari komponen yang berukuran mini tidak lain ialah untuk mencegah kotoran dari luar masuk ke dalam ban. Dengan cara ini, ban juga nantinya akan terhindar dari korosi.

Seperti yang diketahui, ban letaknya berada di bagian bawah. Ban juga menjadi komponen kendaraan yang pertama kali menyentuh aspal jalanan. Karena itu, kotoran yang asalnya dari jalanan maupun debu bisa saja cepat masuk ke dalamnya.

Namun dengan adanya tutup pentil ban yang terpasang, pengendara tidak perlu mengkhawatirkan kotoran karena kotoran akan dengan sendirinya tersaring oleh tutup tersebut.

Tutup pentil sendiri terdiri dari beragam jenis mulai dari yang berbahan plastik hingga yang terbuat dari bahan metal. Biasanya bahan tersebut di dalamnya diselipkan lapisan karet yang mampu menyumpal udara serta kotoran dan debu bahkan air agar tidak dapat masuk ke dalam ban kendaraan.

Bahkan menariknya Ade menyebutkan ada tutup pentil ban yang dilengkapi dengan indikator dimana fungsinya ialah sebagai tanda bahwa tekanan pada ban sedang tidak baik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada sepeda motor adalah kondisi lampunya, dimana bisa mengalami masalah. Autos.id – Lampu pada sepeda motor merupakan salah...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Aksesoris

Filter udara berperan sebagai penapis atau penghambat debu dan kotoran di jalan. Kemudian, apa saja jenis-jenisnya? Autos.id – Filter udara merupakan salah satu komponen...

error: Content is protected !!