Tips

Mau Percantik Mobil, Tapi Jangan Asal Pasang Aksesori Mobil!

aksesori mobil

Mempercantik mobil sah-sah saja tapi memasang aksesori mobil tak boleh asal-asalan. Terutama kaca film, lampu HID, hingga TV Dasboard. Apa alasannya?

Jakarta, Autos.id – Bukan rahasia umum lagi bila banyak orang memasang aksesori mobil. Alasannya pun bermacam-macam. Beberapa alasannya diantaranya untuk kebutuhan pengemudi mobil, mengamankan kendaraan dari aksi kejahatan hingga mempercantik kendaraan.

Meski pada dasarnya memasang beragam aksesori untuk mobil adalah hal yang lumrah, namun untuk alasan tertentu memasang aksesori sebaiknya dihindari. Apalagi bila tujuan pemasangan tersebut adalah untuk mempercantik interior mobil.

Barangkali, dengan memasang sejumlah aksesori mobil, mobil akan menjadi lebih keren dan berbeda dari lainnya. Sayangnya beberapa aksesori di bawah ini tidak boleh dipasang secara asal-asalan. Bila hal tersebut tidak diindahkan bisa jadi keamanan dan kenyamana pengemudi menjadi taruhannya.

Laman Liputan6 memberikan penjelasan yang mengutip situs resmi Nissan (11/5) mengenai deretan aksesori yang sebaiknya tidak dipasang secara asal-asalan. Berikut adalah deretan aksesori khusus mobil yang perlu kawan Autos cermati pemasangannya.

  1. Kaca film

Aksesori pertama yaitu kaca film. Kaca film memang terkadang dibutuhkan untuk menjaga privasi dan kenyamanan pengemudi. Namun, aksesori ini masuk ke dalam aksesori yang perlu dicermati.

Memasang aksesori mobil berupa kaca film mobil berlebihan berbahaya

Memasang aksesori mobil berupa kaca film mobil berlebihan berbahaya

Aksesori mobil ini akan menjadi aksesori yang berbahaya bila penggunaanya berlebihan. Terlebih bila pemilik kendaraan memilih kaca film yang tebal. Hal ini bisa menjadikan penglihatan terhadap sekitar menjadi berkurang.

“Penggunaan kaca film yang berlebihan justru mengganggu penghilatan pengemudi mobil”

  1. Lampu HID

Aksesori lainnya yaitu lampu HID. Beberapa pengemudi barangkali mengubah lampu asli mobil dengan lampu HID. Lampu tersebut memang memberikan efek warna putih yang terang namun sayangnya lampu tersebut berbahaya. Cahaya lampu HID yang terlalu terang justru membuat kendaraan lain menjadi silau dan membatasi penghilatan pengemudi lainnya.

  1. Hiasan kabin

Aksesori yang perlu dicermati dan tidak boleh dipasang asal-asalan ialah hiasan kabin. Beberapa pemilik mobil menghiasi kabin dengan hiasan tertentu. Bahkan sebagian orang lainnya menaruh hiasan kesukaan di kabin salah satunya boneka.

Sayangnya, hal tersebut bisa membahayakan pengemudi itu sendiri. Pandangan pengemudi akan menjadi terbatas bahkan terhalang oleh hiasan di kabin mobil tersebut. Karena itu, pemasangannya perlu dicermati demi keamanan.

  1. TV dasboard

Memasang TV pada dashboard mobil memang sering dilakukan. Alasannya ialah untuk hiburan apalagi pada saat terjebak kemacetan. Karena itu, mereka merasa tidak terbebani meski harus merogoh dana yang tidak kecil.

Namun, bila kawan Autos belum memasangnya sebaiknya hindari pemasangan aksesori tersebut. Alasannya tidak lain karena dapat mengalihkan fokus pengemudi sehingga membahayakan pengemudi saat di jalanan.

Nah, itulah beberapa deretan aksesori mobil yang sebaiknya dicermati dengan alasan keamanan dan kenyamana pengemudi.

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top