Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Bikin Motor Kustom Butuh Skill Dan Ketelitian, Ini Penyebabnya!

motor kustom

Untuk mendapatkan motor kustom dibutuhkan skill dan ketelitian. Lebih-lebih masalah pemasangan ban, shock dan lainnya agar saling menyambung dan presisi.

Jakarta, Autos.id – Dalam dunia otomotif tidak akan pernah lekang dengan yang namanya motor kustom. Motor yang satu ini adalah hasil dari modifikasi. Untuk mendapatkannya pun tidak mudah dan tidak murah. Pasalnya untuk merancang motor hasil modifikasi tersebut perlu skill dan ketelitian yang luar biasa.

Bagi beberapa orang termasuk pecinta otomotif, memiliki motor hasil modifikasi tentu akan membanggakan. Apalagi bila kendaraan tersebut dimodifikasi sesuai dengan keinginan sendiri, sudah pasti kita akan lebih bangga dan senang.

Meski harus merogoh kocek dalam-dalam, memiliki motor kustom adalah impian banyak orang sejak lama. Bukan hanya biayanya besar, untuk mendapatkan hasil modifikasi sesuai dengan yang diinginkan juga dibutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan hingga berbulan-bulan.

“Membangun motor kustom butuh skill dan ketelitian tingkat tinggi karena itu prosesnya membutuhkan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit”

Penyebabnya pun bervariasi. Mulai dari perencanaan yang harus dilakukan dengan matang. Konsep modifikasi yang harus dirancang sedemikian rupa hingga pemasangan beberapa komponen yang tidak mudah sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari perkiraan.

Membangun motor kustom membutuhkan skill dan ketelitian tinggi

Membangun motor kustom membutuhkan skill dan ketelitian tinggi

Salah satu pemasangan yang tidak mudah dilakukan bahkan untuk orang-orang yang sudah profesional sekalipun yaiutu ban dan shock dengan komponen lainnya. Pemasangan antara komponen satu dengan lainnya ini terbilang rumit. Bahkan memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.

Salah sedikit saja akan membuat motor menjadi tidak nyaman saat dikendarai. Karena itu, agar komponen tersebut tetap presisi, biasanya tidak boleh terjadi kesalahan apapun terutama dalam hal pemasanganya. Barangkali karena hal tersebut, proses modifikasi motor kostum membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit.

Hal tersebut senada dengan pendapat Owner Street Arts Costum, Arie Indra. Dikutip dari laman liputan6 (8/5), Arie menuturkan bahwa tidak hal lain yang paling rumit bila dibandingkan dengan penghitungan dalam proses modifikasi motor.

Bahkan ial juga mengatakan bagian yang terbilang rumit biasanya memakai milimeter. Kesulitannya masih berhubungan dengan pembubutan. Sebagai contoh Arie menyebutkan perihal pemasangan shock yang notabennya adalah ubahan.

Arie pun melanjutkan penjelasnnya dengan menyamakan hitung-hitungan motor kustum layaknya trigonometri dalam pelajaran matematika. Hal ini karena adanya penghitungan di bagian sudut-sudutnya.

Karena itu, Arie menyimpulkan bahwa untuk membangun motor kustom harus benar-benar pandai dan teliti dan berhitung. Seorang modifikator harus paham bagaimana hitungan yang pas. Bila hitungan papas berapa militernya pas, maka hasilnya presisi.

Meski sudah menjadi makanan sehari-hari, namun nyatanya Arie mengakui hal tersebut tidak mudah dan membutuhkan ketelitian apalagi bila hitungan kurang 1 mm saja, pemasangan bisa jadi seret. Terakhir ia menyebutkan untuk proses motor kustom membutuhkan waktu tidak sebentar bahkan bisa mencapai 3 hingga 4 bulan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Tahukah Anda, bahwa pemeriksaan motor tidak hanya penting untuk dilakukan ketika motor rusak. Namun juga penting...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Di segmen roda dua tanah air, beberapa varian model motor memang dapat dijumpai di jalanan setiap...

Modifikasi

Bagi para pemilik motor, mungkin masih banyak yang bingung apa perbedaan antara Bore Up dan Stroke Up. Autos.id – Pengembangan performa motor adalah salah...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

error: Content is protected !!