Tips

Bikin Motor Kustom Butuh Skill Dan Ketelitian, Ini Penyebabnya!

motor kustom

Untuk mendapatkan motor kustom dibutuhkan skill dan ketelitian. Lebih-lebih masalah pemasangan ban, shock dan lainnya agar saling menyambung dan presisi.

Jakarta, Autos.id – Dalam dunia otomotif tidak akan pernah lekang dengan yang namanya motor kustom. Motor yang satu ini adalah hasil dari modifikasi. Untuk mendapatkannya pun tidak mudah dan tidak murah. Pasalnya untuk merancang motor hasil modifikasi tersebut perlu skill dan ketelitian yang luar biasa.

Bagi beberapa orang termasuk pecinta otomotif, memiliki motor hasil modifikasi tentu akan membanggakan. Apalagi bila kendaraan tersebut dimodifikasi sesuai dengan keinginan sendiri, sudah pasti kita akan lebih bangga dan senang.

Meski harus merogoh kocek dalam-dalam, memiliki motor kustom adalah impian banyak orang sejak lama. Bukan hanya biayanya besar, untuk mendapatkan hasil modifikasi sesuai dengan yang diinginkan juga dibutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan hingga berbulan-bulan.

“Membangun motor kustom butuh skill dan ketelitian tingkat tinggi karena itu prosesnya membutuhkan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit”

Penyebabnya pun bervariasi. Mulai dari perencanaan yang harus dilakukan dengan matang. Konsep modifikasi yang harus dirancang sedemikian rupa hingga pemasangan beberapa komponen yang tidak mudah sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari perkiraan.

Membangun motor kustom membutuhkan skill dan ketelitian tinggi

Membangun motor kustom membutuhkan skill dan ketelitian tinggi

Salah satu pemasangan yang tidak mudah dilakukan bahkan untuk orang-orang yang sudah profesional sekalipun yaiutu ban dan shock dengan komponen lainnya. Pemasangan antara komponen satu dengan lainnya ini terbilang rumit. Bahkan memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.

Salah sedikit saja akan membuat motor menjadi tidak nyaman saat dikendarai. Karena itu, agar komponen tersebut tetap presisi, biasanya tidak boleh terjadi kesalahan apapun terutama dalam hal pemasanganya. Barangkali karena hal tersebut, proses modifikasi motor kostum membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit.

Hal tersebut senada dengan pendapat Owner Street Arts Costum, Arie Indra. Dikutip dari laman liputan6 (8/5), Arie menuturkan bahwa tidak hal lain yang paling rumit bila dibandingkan dengan penghitungan dalam proses modifikasi motor.

Bahkan ial juga mengatakan bagian yang terbilang rumit biasanya memakai milimeter. Kesulitannya masih berhubungan dengan pembubutan. Sebagai contoh Arie menyebutkan perihal pemasangan shock yang notabennya adalah ubahan.

Arie pun melanjutkan penjelasnnya dengan menyamakan hitung-hitungan motor kustum layaknya trigonometri dalam pelajaran matematika. Hal ini karena adanya penghitungan di bagian sudut-sudutnya.

Karena itu, Arie menyimpulkan bahwa untuk membangun motor kustom harus benar-benar pandai dan teliti dan berhitung. Seorang modifikator harus paham bagaimana hitungan yang pas. Bila hitungan papas berapa militernya pas, maka hasilnya presisi.

Meski sudah menjadi makanan sehari-hari, namun nyatanya Arie mengakui hal tersebut tidak mudah dan membutuhkan ketelitian apalagi bila hitungan kurang 1 mm saja, pemasangan bisa jadi seret. Terakhir ia menyebutkan untuk proses motor kustom membutuhkan waktu tidak sebentar bahkan bisa mencapai 3 hingga 4 bulan.

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top