Mobil

VW luncurkan mobil listrik Pikes Peak

Volkswagen meluncurkan mobil elektrik I.D. R, yang siap pecahkan rekor di ajang Pikes Peak International Hillclimb 2018. Mobil elektrik tersebut diperlihatkan di Ales, Perancis sebelum melakukan sesi shakedown.

Jakarta, Autos.id – Target Volkswagen Motorsport pada balapan 24 Juni di Colorado adalah menyamai rekor pembalap Selandia Baru, Rhys Millen, yang membukukan waktu 8 menit 57,118 detik di tanjakan sepanjang 19,3 km.

Nama I.D. R berasal dari I.D. yang merupakan divisi mobil listrik Volkswagen. Sedangkan R merujuk pada keluarga model performa tinggi pabrikan Jerman tersebut. Akselerasi dari 0-60 detik ditempuh dalam waktu 2,25 detik, dengan tenaga 500 kW (setara dengan 680 dk) serta torsi 650Nm.

Tenaga dan torsi mobil didistribusikan ke seluruh roda yang mampu berlari hingga 241 kpj. Proyek Pikes Peak menandai kembalinya pabrikan Volkswagen ke program utama motorsport untuk pertama kali sejak mundur dari WRC di penghujung 2016.

Langkah itu juga mendukung masuknya VW ke motorsport elektrik, dimana teknologi ini akan dimanfaatkan untuk balapan World Rallycross yang akan memasukkan mobil listrik pada 2020.

“Sebagai bagian dari brand kendaraan Volkswagen, mobil balap listrik juga akan turut andil di masa depan,” ungkap Sven Smeets, direktur Volkswagen Motorsport.

“Kerjasama internal kami sungguh baik, terutama dengan adanya jadwal ketat yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, kami menerima bantuan dari pabrik baterai Volkswagen di Braunschweig dan bekerjasama dengan departemen pengembangan teknis di Wolfsburg.”

Juara Le Mans 24 Jam dua kali, serta mantan pembalap Pikes Peak, Romain Dumas, akan berada di balik kemudi I.D. R di Amerika, musim panas ini.

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top