Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Hati-Hati Oli Palsu, Perhatikan Cara Mengenali Oli Asli!

cara mengenali oli asli

Demi performa kendaraan, kawan Autos perlu memperhatikan cara mengenali oli asli! Pasalnya saat ini banyak pelumas palsu yang menggiurkan!

Jakarta, Autos.id – Cara mengenali oli asli perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan. Pasalnya, oli merupakan komponen yang sangat penting bahkan berperan besar dalam performa kendaraan. Bahkan oli atau pelumas yang sering kawan Autos gunakan memiliki peran besar dalam keawetan kendaraan.

Beruntungnya, masyarakat di tanah air pun makin menyadari pentingnya dan besarnya peran oli untuk kendaraan. Mengganti oli menjadi salah satu bentuk kesadaran masyarakat bahwa oli memiliki peran penting. Karena itu, wajar bila banyak pemilik kendaraan rutin mengganti pelumas.

Namun, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mengganti oli, sayangnya hal tersebut juga dibarengi dengan munculnya permasalahan baru yaitu maraknya produk oli palsu. Hal tersebut berbahaya karena bila motor terus menggunakan oli palsu, motor tersebut akan mudah rusak.

cara mengenali oli asli ialah dengan mengecek kemasannya

cara mengenali oli asli ialah dengan mengecek kemasannya (source: machinerylubrication.com)

Karena itulah, kawan Autos perlu mengetahui cara mengenali oli asli dan palsu. Dikutip dari laman iNews (9/04), Tehchical Specialist PT Pertamina Lubricants, Agung Prabowo menjelaskan bahwa apabila ditemukan oli yang tidak original, hal tersebut sangat merugikan kedua pihak. Diantaranya ialah konsumen yang notabennya adalah pengguna dan produsen dari merek oli tertentu yang nama mereknya dipalsukan.

“Konsumen dan produsen adalah dua belah pihak yang akan dirugikan dengan adanya oli palsu”

Lebih lanjut, Agung pun mengungkapkan dengan banyaknya peredaran oli yang tidak originial di pasaran, semua pihak termasuk konsumen juga harus bisa mengenali oli yang asli dan palsu. Ia juga melanjutkan ada beberapa cara mengenali oli asli maupun yang palsu dengan mudah.

Salah satu cara yang bisa diterapkan ialah dengan mengecek label yang terdapat pada kemasan oli yang kawan Autos gunakan. Cara yang satu ini termasuk cara yang paling mudah untuk dilakukan. Biasanya produsen oli memanfaatkan teknologi pencetakan yang mumpuni. Dengan alat pencetakan yang mumpuni, tentu saja label kemasan oli akan tampak bagus.

Tak hanya itu, ada beberapa produsen pelumas yang melengkapi kemasan oli dengan logo hologram dan kode sendiri. Hal ini dilakukan untuk memberikan ciri khusus keaslian produk pelumas tersebut. Sementara itu, produk pelumas palsu memang mempunyai tampilan yang menyerupai pelumas asli.

Namun, perlu disadari bahwa logo kemasan pelumas palsu biasanya menggunakan tehnologi printing berkulitas rendah. Bahkan metode yang digunakan ialah mencetak ulang logo produk asli dengan cara discan. Sehingga sudah pasti, kualitas bahan oli juga lebih rendah.

Dengan menerapkan cara mengenali oli asli maupun palsu tersebut, kini kawan Autos bisa lebih berhati-hati dalam membeli oli!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!