Tips

Sepele Tapi Penting, Begini Memilih Helm Agar Nyaman Dipakai!

memilih helm

Memilih helm sering dianggap sepele bagi sebagian orang. Faktanya justru sebaliknya karena helm yang nyaman dipakai adalah kunci keselamatan pengendara!

Jakarta, Autos.id – Bagi pengendara memilih helm adalah hal yang penting. Sayangnya, beberapa orang terkadang melewatkan hal tersebut. Tidak bisa dipungkiri merek dan model helm membuat banyak pemilik kendaraan terlena untuk membelinya dan mengenakannya pada saat mengemudikan kendaraan.

Padahal, meskipun helm yang ditawarkan bermerk ternama dan memiliki desain luar yang menarik, belum tentu helm tersebut nyaman untuk dipakai harian. Bisa jadi helm tersebut hanya terlihat menarik dilihat dan justru tidak nyaman saat dikenakan.

Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara dimana perannya sangat penting untuk keselamatan pengendara di jalan. Terutama bagi para pengendara kendaraan roda dua seperti sepeda motor. Helm bukan hanya untuk mempercantik pengendara saat di jalanan namun perannya sebagai pelindung kepala.

memilih helm terlihat sepele namun sebenarnya sangat penting bagi pengedara

memilih helm terlihat sepele namun sebenarnya sangat penting bagi pengedara (source: www.digitaltrends.com)

Helm sejatinya untuk melindungi kepala dari benturan pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan. Karena itu, mengingat perannya yang sangat penting kawan Autos disarankan untuk tidak salah dalam memilih helm.

Kawan Autos perlu memperhatikan beberapa hal misalnya ukuran helm tersebut apakah kebesaran atau malah kekecilan. Tak hanya itu, dalam memilih helm kawan Autos perlu mencermati apakah helm tersebut memberikan kenyamanan terutama pada saat dikenakan. Lantas, bagaimana langkah dalam menentukan helm yang tepat untuk dikenakan?

Dilansir dari laman Kompas (8/04), Erik Saputra, Brand Ambassador Cargloss Group memberikan penjelasan mengenai cara menentukan helm yang tepat. Yaitu yang paling mudah ialah dengan mengukur menggunakan kedua jari yang sudah diposisikan horizontal.

“Ukuran yang tepat, dua jari masuk diantara muka dengan celah helm. Jangan kurang dan jangan lebih juga”

Tak hanya itu Erick juga melanjutkan penjelasannya mengenai efek helm yang ukurannya terlalu kecil. Menurutnya, apabila helm terlalu kecil maka helm tersebut justru berbahay bagi penggunanya. Begitu pula sebaliknya. Hal ini mengingat kenyamanan saat menggunakan helm adalah faktor keselamatan sekaligus keamanan pengendara motor.

Apabila helm yang dikenakan ukurannya terlalu besar, helm tidak akan mengikuti arah gerak kepala misalnya saat kepala ke arah kanan maupun ke kiri, pada waktu tersebut helm tetap dalam posisi lurus. Inilah yang berbahaya.

Oleh sebab itu, mengingat helm merupakan perlengkapan kendaraan yang juga menjadi faktor keselamatan kawan Autos saat berada di jalanan sebaiknya tidak ada salahnya kini lebih cermat lagi dalam memilih helm. Apalagi caranya tidak terlalu sulit bahkan bisa dipraktikan oleh semua pengendara. Yuk, memperhatikan kelengkapan berkendara!

Comments
To Top