Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Idling Stop Kembali Mendadak Tak Berfungsi, Inilah Penyebabnya

tombol idling stop

Last updated on 19 November, 2021

Idling stop pada motor yang mendadak tidak berfungsi penyebabnya bisa bermacam-macam. Satu diantaranya ialah temperatur mesin yang tidak normal.

Jakarta, Autos.id Idling stop adalah salah satu fitur pada kendaraan yang memiliki peran penting yaitu untuk mematikan keadaan mesin secara otomatis. Terutama pada saat motor berhenti sejenak di lampu merah, mesin akan secara otomatis tidak menyala.

Saat ini, sudah banyak kendaraan roda dua keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Salah satunya ialah idling stop pada kendaraan Honda.

Sama seperti fungsinya secara umum, perangkat yang ada pada motor Honda tersebut juga berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis. Terutama pada saat kendaraan berhenti berjalan atau kita bisa mengambil contohnya pada saat berada di lampu merah.

idling stop yang tidak berfungsi terjadi lantaran 5 kondisi yang belum terpenuhi

idling stop yang tidak berfungsi terjadi lantaran 5 kondisi yang belum terpenuhi (Source: anangbastomi.com)

Baca juga: Daftar Harga Motor Baru Honda Maret 2018

Sayangnya, hingga kini masih ada banyak pemilik dan pengguna kendaraan tersebut yang memiliki anggapan bahwa fitur tersebut berhenti mendadak alias tidak bekerja secara optimal. Bila sudah begini, tak sedikit pula yang alih-alih memeriksa permasalahan tersebut sendiri malah justru lekas membawanya ke bengkel langganan.

“Perangkat idling stop pada kendaraan bisa mendadak tidak berfungsi lantaran banyak hal”

Seperti dikutip dari laman Viva (21/03), Rangga Noviar yang merupakan Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta mengungkapkan bahwa apabila fitur ISS yang tidak berfungsi bisa terjadi karena ada beberapa hal yang belum terpenuhi.

Ia menjelaskan bahwa setidaknya ada lima kondisi yang harus dibiasakan agar sistem tersebut bisa bekerja dengan baik.

Kelima kondisi yang harus mendapatkan perhatian dari pemilik kendaraan roda dua diantaranya yaitu pertama, pastikan dahulu apakah tombol ISS sendiri berada di posisi yang benar yaitu idling stop.

Kedua ialah temperatur mesin yang sudah melebihi 60 derajat celcius. Selain itu, motor yang sudah mencapai kecepatan 10 km per jam sudah mempengaruhi idling stop.

Selanjutnya, yaitu posisi handle gas atau throttle yaitu tertutup penuh. Tak hanya itu, kendaraan juga dalam kondisi mati setidaknya dalam kurun waktu tiga detik.

Bila kelimanya belum terpenuhi, bisa jadi kondisi ISS tidak berfungsi dengan baik. Meski begitu, Rangga menerangkan hingga saat ini belum ada keluhan yang berkaitan dengan kerusakan pada ISS kendaraan Honda.

Jadi dengan penjelasan di atas, saat mendapati idling stop yang tidak berfungsi dengan baik, Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru untuk membawa kendaraan kesayangan ke bengkel langganan. Mengingat pada dasarnya, ada beberapa kondisi yang wajib terpenuhi agar kinerja perangkat tersebut maksimal dan tidak mengkhawatirkan Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Jalur tanjakan menjadi jalur yang paling berat bagi para pengendara, baik kendaraan roda empat maupun roda...

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 25 Maret, 2024 Autos.id – Sepeda motor dengan tipe sport memang menjadi impian bagi semua para pecinta otomotifnya. Dalam hal ini,...

error: Content is protected !!