Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Punya Mobil, Sudahkah Anda Mengenal Fungsi Tombol Defogger Mobil?

fungsi tombol defogger mobil

Meski letaknya di dekat setir, nyatanya masih banyak yang mengabaikan fungsi tombol defogger mobil. Kira-kira sudahkah Anda mengenal dengan baik fungsinya?

Jakarta, Autos.id – Mengetahui peran komponen kendaraan yang dimiliki adalah salah satu bentuk perhatian kita terhadap kendaraan tersebut. Salah satunya ialah tombol defogger mobil. Meski tombol ini memiliki peran penting, sayangnya masih banyak yang belum mengenal dengan baik fungsi tombol defogger mobil.

Lebih parahnya lagi, tombol tersebut letaknya cukup terlihat dan mudah dijangkau. Ya, letak tombol defogger adalah di area dekat setir kendaraan roda empat. Salah satu ciri khas dari tombol ini adalah bagian depan bergambar embun. Gambar embun tersebut menjadi karakteristik utama dan memang berkaitan dengan fungsi tombol defogger mobil.

fungsi tombol difogger mobil adalah untuk menghilangkan embun di kaca belakang

fungsi tombol difogger mobil adalah untuk menghilangkan embun di kaca belakang (Source: www.lifewire.com)

Tombol yang satu ini umumya paling banyak digunakan pada saat musim hujan atau pada saat mengendarai mobil di sekitaran pegunungan yang berembun. Bisa juga digunakan pada saat mengendarai mobil di saat dini hari yang notabennya banyak embun yang menempel di kaca mobil.

Kira-kira, sudahkah Anda mengenal dengan baik tombol yang satu ini? Dikutip dari laman Liputan6.com, (18/03), Tehnical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi menyebutkan fungsi dari sebuah tombol defogger pada mobil.

“Defogger berperan untuk menghindari tempelan embun yang ada di kaca belakang mobil”

Karena perannya adalah untuk membersihkan embun yang menempel di bagian kaca belakang mobil, maka dari itu gambar petunjuk yang melekat pada tombol berupa embun. Anjar juga menyebutkan, defogger menjadi penting pada pengguna kendaraan di negara dengan empat musim.

Hal tersebut lantaran adanya perbedaan suhu di luar kabin dan di dalam kabin yang cukup signifikan. Bila di bagian depan, kaca mobil bisa dibersihkan dengan wiper dan kita lap saat berembun. Sementara itu, kaca belakang juga bisa kita bersihkan dan bila ada embun, wiper bisa kita gunakan.

Nah, untuk bagian dalam yang tidak bisa kita lap, kita masih bisa menggunakan defogger. Karena itulah fungsi tombol difogger mobil sangat penting terutama untuk menghilangkan fogging maupun kabut yang menempel pada kaca belakang mobil.

Lebih lanjut, Anjar menyebutkan bahwa memang pada dasarnya tidak ada perawatan khusus yang dilakukan untuk menjaga defogger agar tetap dalam kondisi bagus. Defogger sendiri merupakan tempelan filamen yang ada di kaca belakang dan menggunakan tegangan mencapai 12 volt dengan ampere yang kecil.

Intinnya, fungsi tombol defogger mobil ialah agar tidak ada pengembunan yang terjadi di bagian kaca belakang. Bila ada embun, sudah past hal tersebut akan menghalangi pendangan pengemudi mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!