Tips

Pengen Ban Mengkilap, Cek Semir Ban yang Tepat!

Banyak pemilik mobil lupa mengecek semir ban yang tepat. Padahal hal tersebut penting agar masa pakai ban tidak cepat habis dan ban mengkilap!

Jakarta, Autos.id – Salah satu perawatan mobil yang biasa dilakukan oleh setiap pemilik mobil ialah dengan mencuci ban dan menyemir ban mobil. Bahkan hal tersebut sebaiknya tidak dilupakan bila ingin mendapatkan kesan mobil bersih. Meski begitu, faktanya masih banyak yang melupakan kualitas semir ban. Padahal mengecek semir ban yang tepat menjadi salah satu faktor yang menjadikan ban mobil Anda cantik.

Umumnya, beberapa orang lebih memilih menggunakan cairan detergen misalnya sampo mobil dan melajutkannnya dengan menyemir ban dengan tujuan ban akan lebih mengkilap seperti ban baru.

Tapi, tahukah Anda ada beberapa jenis semir ban yang tepat. Beberapa jenis semir ban misalnya saja semir model cair, foam dan aerosol. Masing-masing jenis semir ban tersebut memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda.

memilih semir ban yang tepat akan mempengaruhi masa pakai ban itu sendiri (Source: www.washmycar.co.in)

Misalnya saja semir jenis foam. Semir mobil yang satu ini belakangan menjadi pilihan banyak orang terutama bagi pemilik kendaraan yang menginginkan kesan mobil yang bersih setiap saat. Salah satu alasan mengapa semir jenis foam tersebut banyak diminati ialah karena pengaplikasiannya yang cenderung praktis.

“Pemilik mobil hanya perlu mengelap atau membilas ban dengan menggunakan air bersih”

Meski begitu semir ban jenis foam ini terlihat lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan semir ban yang tepat lainnya. Anda masih bisa menggunakan semir ban jenis aerosol. Salah satu keuntungan menggunakan jenis semir ban model tersebut ialah karena ternyata efeknya yang lebih mengkilap dan terlihat lebih nyata.

Lantas bagaimana dengan jenis semir ban jenis lainnya? Jenis semir ban lainnya ialah semir ban cair. Pada dasarnya, dalam memilih semir ban yang tepat salah satu pertimbangannya ialah material yang terkandung di dalamnya.

Umumnya, semua jenis semir ban mengandung bahan silikon. Ada dua jenis silikon yang saat ini ada di pasaran. Pertama yaitu silikon yang mengandung solvent. Solvent adalah kandungan zat kimia. Pada saat diaplikasikan pada permukaan ban mobil, silikon solvent tersebut menghasilkan hasil yang mengkilap.

Akan tetapi efeknya tidak dapat bertahan lama. Apabila semir ban ini sering digunakan akan mempercepat usia pakai ban mobil itu sendiri. Beberapa efeknya yaitu retak dan getas pada bagian dinding ban.

Jenis silikon yang kedua ialah yang berbahan water base. Semir ban ini menjadi produk semir yang ideal dalam merawat ban mobil. Selain bisa menjaga performa ban, silikon tersebut lebih efektif dalam menjaga elastisitas karet ban.

Jadi, sudahkah Anda menggunakan jenis semir ban yang tepat selama ini?

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top