Tips

Siapa Sangka, Mengisi Bensin Full Tank Ternyata Berbahaya!

Seringkali kita mengisi bensin full tank dengan harapan agar tak bolak-balik ke SPBU. Siapa sangka, kebiasaan tersebut sangatlah berbahaya! Simak alasannya!

Jakarta, Autos.id – Seringkali pengemudi mobil mengisi bensin full tank dengan harapan agar kendaraan bisa digunakan terus tanpa harus bolak-balik ke SPBU. Padahal, kebiasaan ini ternyata berbahaya. Apalagi bila bahan bakar sudah mencapai bibir lubang tangki.

Banyak yang belum tahu perihal bahaya mengisi bensin full tank. Bahkan bahayanya hampir sama dengan efek yang ditimbulkan saat kita mengendarai motor maupun mobil dalam kondisi tangki yang masih kosong.

Bahan bakar yang masuk ke dalam tangki membutuhkan udara agar tidak mengendap. Karena itu, apabila kita sudah mendengar bunyi “plop” dari mesin SPBU sebaiknya kita menghentikan pengisian bahan bakar.

Dilansir dari laman Daihatsu.co.id (09/03), ada beberapa alasan mengapa kita sebaiknya memperhatikan pengisian BBM pada kendaraan agar tidak penuh. Berikut adalah penjelasannya.

mengisi bensin full tank berdampak pada uap bensin yang terhisap kembali ke selang pengisian (source: www.thoughtco.com)

Mengapa Kita Perlu Menyisakan Ruang Kosong Pada Tangki Mobil?

BBM yang mengucur dari selang pengisian ternyata dapat terhisap kembali ke tangki SPBU. Oleh sebab itu, sebagian bensin yang sudah terlanjut kita bayar justru kembali masuk ke dalam SPBU. Kejadian tersebut terjadi karena mesin pengisian BBM modern sudah dilengkapi dengan fitur penghisap uap bensin.

Saat selang pengisian bisa mendeteksi BBM yang diisikan ke tangki kendaraan sudah penuh, secara otomatis penghisap uap bensin tersebut akan menyedot uap bensin yang berasal dari lubang pengisian mobil maupun motor.

“Tangki bensin pada kendaraan membutuhkan ruang agar nantinya bensin bisa mengembang”

Tak hanya itu, masing-masing tangki bensin kendaraan sudah dilengkapi dengan lubang hawa. Tahukah Anda bahwa lubang tersebut berperan untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan dari BBM yang sudah masuk ke dalam tangki kendaraan.

Bila Anda mengisi bensin full tank maka gas yang timbul dari ekspansi BBM kemungkinan akan keluar dari tangki melalui selang pengisian BBM sehingga BBM pada akhirnya terbuang sia-sia.

Apakah Mengisi Bensin Full Tank Berdampak Buruk Bagi Kesehatan?

Tak disadari oleh kebanyakan pengemudi ternyata uap bensin sangat berbahaya bagi kesehatan. Setiap BBM yang tumpah bahkan menguap dapat mengakibatkan polusi udara. Setiap bensin yang sudah tumpah pada saat pengisian BBM tentunya juga harus Anda bayar.

Bila hal ini terus-terusan terjadi, keinginan untuk menghemat BBM justru tak bisa terwujud. Lebih dari itu, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan lingkungan. Karena itu, masihkah Anda ingin mengisi bensin full tank di SPBU? Yuk, lebih bijak lagi saat melakukan pengisian bahan bakar kendaraan agar lebih aman.

Comments
To Top