Tips

Kredit Mobil Bekas yang Aman, di Dealer atau Leasing?

Kredit mobil bekas yang aman, sebaiknya di dealer atau leasing ya? Ternyata keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing lho!

Jakarta, Autos.id – Membeli mobil bekas bagi sebagian orang adalah salah satu cara alternatif agar bisa mendapatkan kendaraan roda empat dengan harga yang tidak terlalu mahal dibanding pada saat masih baru. Karena itu, beberapa orang memilih membelinya dengan cara kredit. Kredit mobil bekas yang aman biasanya dilakukan di dealer atau leasing.

Tapi, tahukah Anda meski sudah dimudahkan dengan tersedianya tempat kredit mobil bekas, ada satu hal yang masih mengganjal kenyamanan masyarakat. Permasalahan tersebut ialah aman tidaknya membeli kendaraan di dua tempat tersebut yaitu dealer dan leasing.

kredit mobil bekas yang aman lewat dealer dan leasing memiliki kelebihan dan kekurangan (source: www.gobankingrates.com)

Mengutip laman Liputan6.com yang melansir HaloMoney, Sabtu (03/03/2018), ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum Anda mengajukan permohonan kredit mobil bekas yang aman di dealer maupun leasing.

“Ketika membeli mobil bekas pada orang yang baru dikenal maupun lewat dialer, cermati dahulu kondisi mobilnya”

Seiring waktu, jumlah perusahaan leasing yang menawarkan jasa pembiayaan pembelian mobil secara kredit makin menjamut. Begitu pula sebaliknya pada dealer mobil. Karena itu, kredit mobil kini bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat.

Dari keduanya, leasing maupun dealer ternyata keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah penjelasannya.

Kelebihan Leasing

Salah satu kelebihan kredit mobil bekas yang aman di leasing ialah persyaratan uang muka yang lebih fleksibel dan bisa dibilang ringan. Calon pembeli bahkan bisa menentukan besaran uang muka yang nantinya dibayarakan.

Sebagai pertimbangan, Anda juga harus mengingat bahwa uang muka yang kecil mempengaruhi besaran sisa hutang kredit yang harus Anda cicil setiap bulannya. Ditambah lagi jumlah bunga yang dibebankan.

Di sini, Anda bisa menyesuaikan masa cicilan maupun tenor dengan kemampuan financial diri sendiri. Meski begitu, semakin lama masa cicilan yang dipilih maka jumlah bunga yang harus dibayarkan juga besar. Hal tersebut berbanding lurus dengan besarnya nilai utang yang nantinya wajib dilunasi.

Jumlag angsuran yang dibayar bisa disesuaikan dengan kemampuan kita setiap bulannya. Akan tetapi, catatlah bahwa Anda tidak disarankan mengambil besaran cicilan yang kecil mengingat semakin kecil cicilan yang diangsur tiap bulannya maka masa pelunasannya juga semakin lama. Bila begini, utang bung yang dibayarkan juga besar.

Kekurangan Leasing

Sementara itu, kredit kendaraan di leasing juga memiliki kekurangan. Kekurangannya ialah adanya selisih harga yang lumayan besar dimana apabila kita menghitung keseluruhan pembayaran selama masa cicilan, maka jumlah keseluruhannya bisa mencapai dua kali lipat harga mobil bekas yang dibeli secara cash. Ada dua faktor penyebabnya diantaranya beban bunga pinjaman pokok yang besar dan kecilnya uang muka yang disetorkan.

Kelebihan dealer

Bagaimana dengan kredit mobil bekas lewat dealer? Kredit mobil bekas di dealer juga memiliki kelebihan. Kelebihannya ialah selisih harga kontan dengan harga kreditnya tidak terlalu besar. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan penawaran yang ada di leasing.

Anda juga masih bisa meminta diskon harga mobil kepada dealer. Lebih dari itu, Anda juga dapat meminta tambahan perlengkapan mobil bekas seperti sarung jok.

Kekurangan dealer

Dealer juga memiliki kekurangan. Kekurangannya ialah uang muka yang dibayarkan cukup besar dan sifatnya kurang fleksibel. Hal tersebut bisa saja menyulitkan Anda nantinya. Tak hanya itu, persyaratan dan prosedurnya juga rumit dan lama. Kekurangan lainnya ialah jenis mobil yang bisa dibeli juga terbatas.

Bagaimana, sudahkah Anda mempertimbangkan kredit mobil bekas yang aman lewat leasing maupun dealer di atas?

Comments
To Top