Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pertamina Bersama Pebalap Nasional Edukasi Safety Riding Bagi Pemotor

Pelatihan Keselamatan Bermotor Bersama Pertamina

Petamina sangat peduli dengan keselamatan berkendara masyarakat umum maupun karyawannya. karena itu, bersama pebalap nasional mereka menggelar safety riding

Jakarta, Autos.id – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan budaya aman dan nyaman berkendara di jalan raya, PT Pertamina (Persero) mengajak pembalap Indonesia, Doni Tata dan Rifat Drive Labs menggelar acara Coaching Clinic Safety Riding hari ini di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta (22/2).

Vice President HSE Management System Iwan Jatmika menjelaskan acara ini bagian untuk mengisi bulan K3 sekaligus bentuk kepedulian perusahaan terhadap mitra dan konsumen, khususnya pengendara motor. Pertamina terus menerus mengedukasi masyarakat agar memahami bagaimana cara menggunakan kendaraan yang aman dan nyaman.

Berdasarkan data di DKI, 75 persen kecelakaan lalin melibatkan sepeda motor, dimana pada tahun 2017 menelan 331 jiwa korban meninggal. Mereka rata-rata usia 21-30 atau usia produktif, masa merintis karir. Rata-rata karena kelelahan, telah menempuh perjalanan 20-30 km. Padahal sepeda motor tidak didesain jarak jauh secara rutin.

“Vice President HSE Management System Iwan Jatmika menjelaskan acara ini bagian untuk mengisi bulan K3 sekaligus bentuk kepedulian perusahaan terhadap mitra dan konsumen, khususnya pengendara motor. Pertamina terus menerus mengedukasi masyarakat agar memahami bagaimana cara menggunakan kendaraan yang aman dan nyaman”

Pelatihan Keselamatan Bermotor Bersama Pertamina

“Salah satu penyebab masih tingginya resiko di jalan raya adalah kurangnya pemahaman pengendara bagaimana cara berkendara yang baik dan aman. Banyak pengendara sepeda motor yang tidak memperdulikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” katanya.

Sesi pertama yang menghadirkan Doni Tata Pradita, sebagai pembalap MotoGP asal Indonesia yang telah menjajal arena balap domestik dan internasional. Doni membagikan pengalaman langsung yang dihadapi di arena balap serta mengingatkan pengendara untuk membedakan teknik berkendara di sirkuit balap dan konsumsi sehari-hari.

“Kalau balapan di sirkuit enggak ada takutnya, karena keamanannya sudah terjamin. Tapi kalau berkendara di jalan raya, saya takut, karena keamanan enggak terjamin, makanya harus hati-hati dalam berkendara, karena banyak hal yang harus diperhatikan,” ujar Doni.

Pelatihan Keselamatan Bermotor Bersama Pertamina

Pembalap asal Yogyakarta ini juga berpesan agar selalu memakai peralatan berkendaraan yang aman dan sesuai standar yang ditetapkan seperti helm, jaket sepatu dan sarung tangan. “Semua perlengkapan untuk berkendara ini merupakan investasi keselamatan, karena itu jangan ditawar-tawar lagi,” tegasnya.

Sebagai pembalap, Doni selalu diajarkan disiplin yang ketat. Bahkan sejak ia mulai belajar terjun di sirkuit pada usia 9 tahun, orangtuanya selalu mendidiknya disiplin dalam berkendara.

Selain pengalaman menarik dari Doni Tata, Coaching Clinic Safety Riding Pertamina ini juga menyajikan materi untuk mengedukasi pengendara dalam mengelola resiko dalam menggunakan kendaraan seharian-hari, memahami konteks safety dan defensive dalam berkendara, teknis berinteraksi di jalan raya dengan cara yang baik dan aman.

Pelatihan Keselamatan Bermotor Bersama Pertamina

Heri Wahyudi Chief Trainer dari Rifat Drive Labs, safety gear harus lengkap, untuk keselamatan kita selama berkendara karena berkendara roda dua lebih sulit dibanding roda empat

“Alat keselamatan ini masih dipandang sebagai kewajiban, belum menjadi kebutuhan, padahal itu sangat penting untuk melindungi diri,” ujar Heri.

Dengan coaching clinic safety riding ini harapannya pengendara bisa memiliki keahlian yang memadai, sikap yang baik serta konsentrasi yang berkesinambungan.

Sesi Coaching Clinic Safety Riding dilengkapi dengan praktek langsung yang melibatkan 10 peserta yang hadir. Doni Tata dan Rifat Drive Labs memberikan metode bagaimana postur berkendara yang aman dan benar serta cara pengereman yang efektif, baik pada saat normal maupun darurat.

“Selain teknik berkendara yang baik dan aman, hal penting yang harus diterapkan oleh pengendara adalah mengecek kendaraan sebelum melakukan perjalanan,”ujar Heri mengingatkan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 21 November, 2023 Serpong, Autos.id  – PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, bersinergi dengan Korps...

Tips

Jakarta, Autos.id – Sepele hingga sering kali terabaikan. Namun siapa sangka kesepelean ini ternyata punya potensi kecelakaan pemotor saat berkendara di jalan raya. Berikut...

Tips

Last updated on 4 Agustus, 2023 Seru bahkan takjub dengan sensasi berkendara sepeda motor jarak tempuh jauh dengan beragam kondisi dan kontur jalanan. Jakarta,...

Tips

Jakarta, Autos.id  –  Berkendara motor kesayangan dengan rute jauh memang menyenangkan apalagi dilakukan secara konvoi. Tapi, konvoi tidak bisa ‘serampangan’ demi menjaga kesalamatan diri,...

error: Content is protected !!