Tips

Jangan Remehkan, Inilah Penyebab Aki Mobil Meledak!

Tanpa disadari, kita sering meremehkan kondisi mobil yang kita kendarai. Padahal, hal tersebut bisa menjadi penyebab aki mobil meledak lho!

Jakarta, Autos.id – Memiliki mobil adalah impian banyak orang. Karena itu, tidak heran bila banyak orang akan memberikan perawatan yang terbaik kepada kendaraanya. Akan tetapi, tanda sadar kita bisa saja melewatkan hal penting. Bahkan hal penting ini menjadi penyebab aki mobil meledak.

Ya, aki merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Fungsi aki sendiri ialah untuk memberikan energi listrik agar seluruh perangkat eletronik mobil bisa berjalan dengan maksimal.

Akin juga lah yang mempengaruhi kinerja kendaraan termasuk mobil. Seiring waktu pemakaian mobil yang terus menerus dilakukan membuat aki mengalami masalah. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengemudi mobil ialah aki mulai soak. Beberapa lainnya juga mengalami permasalahan seperti kebahisan air aki.

konsleting menjadi penyebab utama aki mobil meledak

Karena itu, banyak orang tidak akan membiarkan air aki dalam keadaan kosong. Mereka beranggapan bahwa membiarkan air aki kosong di waktu yang lama dapat menjadi penyebab aki mobil meledak bahkan saat mesin dihidupkan. Apalagi bila mesin mobil tak rutin dihidupkan.

Faktanya, tak selamanya hal tersebut benar. Dikutip dari laman Viva.co.id (9/02/2018), Techical Advisor Quality Assurance Astra Otopart, Sahrudin menjelaskan bahwa aki yang kosing tidak bisa membuat akin meledak.

“Tidak, aki kosong tidak bisa bikin aki meledak”

Sahrudin melanjutkan bahwa penyebab aki mobil meledak bisa saja terjadi karena adanya konsleting di area baterai. Dalam hal ini bisa dikatakan kondisi baterai tidak dalam kondisi yang bagus. Bila kemungkinan terjadi ledakan, hal itu terjadi karena ada konslet atau short di area baterai yang mana gas hydrogen yang keluar dari aki langsung menyambar percikan api.

Meski begitu, ia pun menyarankan pemilik kendaraan agar senantiasa memeriksa kondisi aki agar permasalahan pada kendaraan bisa diminimalisir. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perawatan yang satu ini bisa dilakukan selama satu bulan satu kali. Cek level airnya apakah sudah berada di garis lowe atau belum. Bila levelnya sudah berada di bawah garis tersebut segera tambah air accu hingga sampai garis upper level.

Jadi, ternyata perawatan pada mobil itu tidak hanya berkaitan dengan pencucian dan penggantian spare part saja. Mengecek kondisi aki dan air aki juga merupakan salah satu bentuk perawatan untuk memastikan tidak adanya penyebab aki mobil meledak. Bagaimana, sudahkah Anda mengecek aki mobil Anda dalam keadaan baik atau tidak?

Comments
To Top