Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jangan Remehkan, Inilah Penyebab Aki Mobil Meledak!

Last updated on 20 November, 2021

Tanpa disadari, banyak pemilik mobil yang meremehkan kondisi mobilnya. Padahal, hal tersebut bisa menjadi penyebab aki mobil meledak lho!

Jakarta, Autos.id – Memiliki mobil adalah impian banyak orang. Karena itu, tidak heran bila banyak orang akan memberikan perawatan yang terbaik kepada kendaraanya. Akan tetapi, tanda sadar kita bisa saja melewatkan hal penting. Bahkan hal penting ini menjadi penyebab aki mobil meledak.

Ya, aki merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Fungsi aki sendiri ialah untuk memberikan energi listrik agar seluruh perangkat eletronik mobil bisa berjalan dengan maksimal.

Akin juga lah yang mempengaruhi kinerja kendaraan termasuk mobil. Seiring waktu pemakaian mobil yang terus menerus membuat aki mengalami masalah. Salah satu permasalahan yang timbul ialah aki mulai soak. Beberapa lainnya juga mengalami permasalahan seperti kebahisan air aki.

korsleting menjadi penyebab utama aki mobil meledak

Baca juga: Tips Deteksi 4 Indikator Aki Mobil Bermasalah

Karena itu, banyak orang tidak akan membiarkan air aki dalam keadaan kosong. Mereka beranggapan bahwa membiarkan air aki kosong di waktu yang lama dapat menjadi penyebab aki mobil meledak bahkan saat mesin menyala. Apalagi bila mesin mobil tak rutin dihidupkan.

Faktanya, tak selamanya hal tersebut benar. Mengutip laman Viva.co.id (9/02/2018), Techical Advisor Quality Assurance Astra Otopart, Sahrudin menjelaskan bahwa aki yang kosong tidak bisa membuat aki meledak.

“Tidak, aki kosong tidak bisa bikin aki meledak”

Sahrudin melanjutkan bahwa penyebab aki mobil meledak bisa saja terjadi karena adanya konsleting di area baterai. Dalam hal ini baterai tidak dalam kondisi yang bagus. Bila kemungkinan terjadi ledakan, hal itu terjadi karena ada korslet atau hubungan pendek di area baterai yang mana gas hydrogen yang keluar dari aki langsung menyambar percikan api.

Meski begitu, ia pun menyarankan pemilik kendaraan agar senantiasa memeriksa kondisi aki agar meminimalisir permasalahan pada kendaraan.

Pemilik mobil dapat melakukan perawatan yang satu ini selama satu bulan satu kali. Cek level airnya apakah sudah berada di garis lower atau belum. Bila levelnya sudah berada di bawah garis tersebut segera tambah air accu hingga sampai garis upper level.

Jadi, ternyata perawatan pada mobil itu tidak hanya berkaitan dengan pencucian dan penggantian spare part saja. Mengecek kondisi aki dan air aki juga merupakan salah satu bentuk perawatan untuk memastikan tidak adanya penyebab aki mobil meledak. Bagaimana, sudahkah Anda mengecek aki mobil Anda dalam keadaan baik atau tidak?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!