Tips

Mau Modifikasi Mobil, Coba Ikuti Trik Memodifikasi Mobil Ini!

Salah satu hal yang dilakukan oleh pemilik mobil adalah memodifikasi. Tapi sebagai pemula, sudahkah kamu punya trik memodifikasi mobil yang tepat?

Jakarta, Autos.id – Memodifikasi mobil atau kendaraan roda empat memang kerap dilakukan oleh beberapa kalangan. Hal tersebut bertujuan untuk mempercantik tampilan mobil sekaligus membuatnya terlihat berbeda dengan mobil milik orang lain. Tapi, pernahkah Anda melakukan kesalahan dengan menerapakan trik memodifikasi mobil?

Ternyata untuk memodifikasi mobil diperlukan trik-trik khusus dan harus benar alias tidak boleh sembarangan. Memodifikasi mobil yang sembarangan justru akan berpotensi menggangu kinerja kendaraan bahkan merusak komponen-komponen tertentu pada kendaraan.

menentukan tema modifikasi menjadi langkah awal dalam merombak mobil

Perlu disadari bahwa untuk melakukan modifikasi diperlukan perencanaan yang matang sehingga penampilan mobil yang nantilnya sudah dimodifikasi sesuai dengan konsep yang diinginkan. Selain itu, perencanaan juga menjadi bagian dari trik memodifikasi mobil yang perlu dipertimbangkan.

“Perencanaan penting agar modifikasi mobil kamu tidak terhenti di tengah jalan lantaran dana yang kurang”

Seperti dikutip dari laman otomotif.antaranews.com (5/02/2018), Andre Mulyadi, Pendiri Asosiasi Modifikator dan aftermarket Indonesia (National Modificator & Aftermarket Association/NMAA) menyembutkan trik memodifikasi mobil kepada para pemula.

Trik modifikasi tersebut berlaku untuk semua jenis kendaraan roda empat yaitu mobil pemula misalnya LCGC, Low MPV dan city car. Ada 5 trik yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari para pemilik mobil yang ingin memodifikasi kendaraan.

Kelima trik tersebut ialah menentukan tema, menentukan fungsi, memperkirakan biaya yang dibutuhkan, bergabung dengan komunitas, dan melakukan proses modifikasi. Pertama menentukan tema guna memastikan arah modifikasi serta merancang biaya yang harus disiapkan. Beberapa tema modifikasi diantaranya sport, klasik, unik hingga tema yang ekstrim.

Kedua ialah menentukan fungsi dari modifikasi mobil tersebut. Di sini kamu sebaiknya memahami fungsi utama melakukan modifikasi. Apakah untuk kontes modifikasi atau hanya untuk aktifitas sehari-hari misalnya untuk berkerja.

Ketiga ialah memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Rancanglah perkiraan biaya yang diperlukan dalam proses modifikasi hingga ke tahap akhir. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya ongkos bongkar-pasang hingga biaya pembelian suku cadang dan asesoris tambahan.

Keempat ialah bergabung dengan komunitas. Andre pun menyarankan agar para modifikator pemula untuk bergabung bersama komunitas mobil yang sesuai. Hal ini bertujuan agar kamu bisa lebih mudah mencari info mengenai parts mobil dengan harga terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa berbagi pengalaman dengan mereka.

Kelima yaitu melakukan proses modifikasi. Waktu yang diperlukan untuk merampungkan modifikasi biasanya beragam tergantung dari tema yang diambil. Tentunya kamu juga harus sabar dalam melalukan proses modifikasi.

Jadi, apakah trik memodifikasi mobil di atas sudah kamu terapkan selama ini?

Comments
To Top