Reviews

Review New Hyundai H-1 2017 – Makin Mirip Pesawat Kelas Bisnis

New Hyundai H-1 Royale 2017

Rubrik review kali ini Autos akan membahas mengenai New Hyundai H-1 Royale, sebuah MPV bongsor milik Hyundai, yang ternyata tak kalah istimewanya dibanding kompetitornya dari Jepang. Apa saja?

Jakarta, Autos.id – H-1 merupakan model yang sudah sangat familiar bagi para pecinta Hyundai. H-1 juga mudah dikenali karena sosoknya yang begitu besar. Kemudian H-1 juga kerap menjadi alternatif lain, selain Toyota Alphard maupun Nissan Elgrand.

Mengerti akan popularitasnya, tepat pada pamean GAIKINDO Indonesia Anto Show (GIIAS) 2017 lalu, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memperkenalkan New H-1. Polesan sedikit tentu membuatnya makin menawan. Dan kami pun mendapat kesempatan mencoba varian flagship dari model ini, New Hyundai H-1 Royale. Selain varian ini, tentunya ada juga tipe Elegance dan tipe XG.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Eksterior
Karena hanya sekedar facelift, maka tak banyak yang berubah dari New Hyundai H-1 Royale. Paling mencolok yakni pada bagian gril depan yang sekarang modelnya vertikal dan rapat-rapat antar bilahnya. Namun tetap, gril ini dilapis sentuhan krom seperti halnya model H-1 terdahulu.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Gril baru

Aksen krom lainnya juga bisa ditemui pada bemper depan tepatnya sebagai garnish, dan aksen pada fog lamp. Oh ya, fog lamp ini juga menyatu dengan Daytime Running Light (DRL) yang akan menyala ketika mesin dihidupkan. Sementara lampu utama sekarang sudah pakai HID guna menambah visualisasi saat malam hari.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Spoiler belakang baru

Hal berbeda lainnya bisa juga ditemui pada desain pelek yang sekarang pakai warna kombinasi hitam dengan polish. Spion luar selain sein juga sekarang ditambah kamera. Kemudian ada juga tambahan side skirt, lalu di kaca samping juga ditambah chrome garnish mengikuti jalur pintu gesernya.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Logo Royale di belakang

Lanjut ke belakang, New Hyundai H-1 Royale sudah menggunakan spoiler atap baru yang desainnya lebih agresif serta ditambah lampu stop LED. Kemudian didekat tempat plat nomor juga ditambah chrome garnish dan kamera. Makin ke bawah, Kawan Autos akan mendapati desain bemper yang baru. Menariknya, pada bemper ini ada aksen krom tempat buah yang seoalah-olah seperti dual muffler. Padahal lobang knalpot sendiri ngumper di balik bemper ini. Hehehehe….

Interior
Memasuki ruang kabin New Hyundai H-1 Royale maka Kawan Autos akan melihat simulasi pesawat kelas bisnis, namun bedanya yang ini di darat. Seperti apa? Oke kami jelaskan satu persatu dari bagian depan.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Dasbor masih seperti sebelumnya

Untuk pengemudi dan penumpang depan akan disuguhkan bentuk dasbor yang masih sama dengan H-1 sebelumnya. Namun Hyundai menambah aksen-aksen baru di wilayah ini. Misalnya setir yang kini ada tambahan black wood ornament. sebuah aksen yang sama yang diterapkan juga pada bagian doortrim.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Menu navigasi

Kemudian jok baris pertama ini juga sejatinya bisa diduduki hingga tiga penumpang. Namun kalau cuma dua atau satu penumpang saja, bagian tengah jok depan ini bisa ditekuk dan dijadikan cup holder. Tak ketinggalan, untuk jok pengemudi juga sudah dilengkapi dengan arm rest untuk membuat perjalanan lebih nyaman.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Jok tengah ada sandaran kaki elektrik

Sementara itu jok baris kedua menggunakan model captain seat. Artinya antara jok sebelah kiri dan kanan dibuat terpisah. Masing-masing jok ini juga sudah dilengkapi pengaturan posisi sandaran kursi secara elektrik. Selain itu juga ada sandara kaki yang bisa diatur pula secara elektrik. Tetapi untuk menggeser posisi jok untuk mendpaat ruang kabin yang lebih lapang, hanya bisa dilakukan secara manual.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Bisa sampai 9 orang penumpang

Untuk jok baris ketiga punya desain sandaran kepala yang nyaman, setara dengan jok baris kedua. Bedanya pada bagian tengah jok baris ketiga dilengkapi cup holder yang bisa dilipat atau ditegakkan. Selain itu, jok baris ketiga juga tidak memiliki sandaran kaki dan pengaturan sandaran punggung elektrik.

Dimensi
Seperti yang telah kami ulas di awal artikel ini, New Hyundai H-1 Royale adalah sebuah kendaraan dengan dimensi yang cukup mencolok, jika dibanding mobil-mobil pribadi lainnya ketika di jalan. Dia tampak besar, tinggi dan cukup “menguasai” ketika ada di parkiran.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Pelek baru ukuran 18 inci

Secara dimensi, New H-1 punya panjang bodi 5.125 mm, tingginya 1.925 mm, dan lebarnya 1.920 mm, sementara jarak sumbu rodanya 3.200 mm. Untuk tipe Royale dan XG menggunakan pelek 18 inci dengan ban 235/55 R18, namun untuk tipe Elegance pakai pelek 16 inci dengan ban 215/70 R16. Untuk tipe Royale dan XG, mobil mampu dimuati hingga 9 penumpang termasuk pengemudi, tetapi untuk tipe Elegance bisa sampai 12 orang.

Mesin
Karena ini adalah model facelift alias minor change, maka sektor mesin tak ada yang diubah oleh Hyundai. New H-1 masih tetap menggunakan mesin 2.5-liter CRDi VGT untuk tipe diesel, dan mesin Theta II 2.4 MPL untuk varian bensin.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Mesin diesel CRDi

Karena unit New Hyundai H-1 Royale yang kami uji menggunakan mesin diesel VGT (Variabel Geometri Turbo), maka sensasi tenaga yang dihasilkan begitu luar biasa. Mobil dengan panjang lebih dari 5 meter itu sanggup melontarkan tenaga hingga 170 hp pada 3.600 rpm dan torsi puncak 441 Nm direntang 2.200-2.250 rpm. Tenaganya begitu terasa sejak start, sehingga kadang kami suka lupa jika yang Kami kendarai ini adalah mobil gambot.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Logo VGT ciri khas mesin diesel

Namun kendala yang kami rasakan ada pada sektor kaki-kaki. Suspensinya cukup keras jika dibanding MPV besar lain seperti Toyota Alphard atau Nissan Elgrand. tetapi itu berimbas pada pengendalainnya yang jauh lebih asik dibanding keduanya. Tetapi pada dasarnya  perlu diingat lagi, secara “lahiriah” Hyundai H-1 hanyalah sebuah mobil keluarga jadi tentunya kenyamanan lebih dicari dibanding kenikmatan berkendara.

Fitur
Ada banyak fitur di New Hyundai H-1 Royale yang bisa disandingkan dengan mobil sejenis dari merek lain. Yang pertama tentu tenaga mesinnya, khususnya untuk tipe diesel. Kemudian ada juga kamera 360 yang oleh Hyundai dinamakan Eagle’s Eye View. Fitur ini menggunakan 4 buah kamera yang ditempel pada gril depan, kedua spion luar, dan di belakang dekat tempat plat nomor. Dengan fitur ini, pengemudi atau penumpang akan mendapatkan pandangan diseputar mobil melalui monitor pada dasbor sangat membantu ketika parkir atau melewati jalan yang sempit.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Kamera 360

Kemudian, untuk New H-1 juga sudah menggunakan dual power sliding door. Artinya pintu samping sudah bisa ditutup dan dibuka secara elektrik. Pengoperasiannya bahkan bisa lewat tombol yang ada di dekat setir pengemudi. Lalu bagaimana dengan kenyamanan penumpang belakang?

New Hyundai H-1 Royale 2017

Pintu geser elektrik

Hyundai memastikan seluruh penumpang akan mendapat akses liburan yang memadai. Di depan ada monitor layar sentuh yang bisa memutar file format CD, MP3, dan DVD. Kemudian di monitor ini juga bisa terintegrasi dengan perangkat mobile Anda, serta sudah built-in navigasi untuk membantu saat perjalanan ke tempat-tempat yang kurang Anda pahami.

New Hyundai H-1 Royale 2017

Monitor belakang

Di belakang, ada monitor atap yang bisa dilipat. Fungsinya sama dengan monitor utama di dasbor, namun tanpa dilengkapi navigasi dan kamera 360. Kemudian pada kabin belakang, di New Hyundai H-1 Royale juga sudah dilengkapi Multi Color Ambient Light. Lampu LED yang dipasang di atap mobil ini bisa berpendar dengan berbagai warna yang membuat sensasi kabin malam hari jadi berbeda.

Spesifikasi

Tabel Spesifikasi New Hyundai H-1 di Indonesia
Spesifikasi Royale XG Elegance
Dimensi
Panjang (mm) 5125
Lebar (mm) 1920
Tinggi (mm) 1925
Jarak Sumbu Roda (mm) 3200
Kapasitas Tangki BBM (liter) 75
Mesin
Tipe 2.5-liter CRDi VGT 2.4-liter Theta II MPL
Kapasitas (cc) 2.497 2.359
Tenaga maksimum (hp/rpm) 170 / 3.600 175 / 6.000
Torsi Maksimum (nm/rpm) 441 / 2.200-2.250 227 / 4.200
Jenis Bahan Bakar Diesel Gasoline
Transmisi
Tipe 5 Speed Automatic with Shiftronic 4 Speed Automatic
Sasis
Sistem Penggerak Rear Wheel Drive
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Rigid Axle 5 Link
Rem Depan Ventilated Disk Brake
Rem Belakang Ventilated Disk Brake
Ukuran Ban 235/70 R18 215/70 R16
Tipe Velg Velg Alluminium Alloy
Fitur
Headunit 2DIN
Jok Pengemudi Manual Manual
Jok Penumpang Depan Manual Manual
Power Sliding Doors v v
Airbag Pengemudi v v v
Airbag Penumpang Depan v v v
Side Airbag
Curtain Airbag
Seatbelt Pengemudi v v v
Seatbelt Penumpang Depan v v v
Seatbelt Penumpang Belakang v v v
ISOFIX v v v
Immobilizer v v v
EPS v v v
ABS v v v
EBD v v v
Brake Assist v
Cruise Control v
Parking Sensor v
Parking Kamera v v
HSA

Harga

Daftar Harga New Hyundai H-1 di Indonesia
Elegance Rp 427.000.000
XG Gasoline Rp 455.000.000
XG CRDi Rp 505.000.000
Royale Gasoline Rp 527.500.000
Royale Gasoline Limited Rp 539.000.000
Royale CRDi Rp 583.000.000
Royale CRDi Limited Rp 594.500.000
* Harga tersebut adalah on the road Jakarta
Comments
To Top