Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Awas, Menyalakan AC Saat Mobil Dipanaskan Bisa Pengaruhi Kesehatan!

Banyak pemilik mobil tidak menyadari bahwa menyalakan AC saat mobil dipanaskan berbahaya. Salah satu bahayanya ialah kesehatanmu terganggu.

Jakarta, Auto.id – Pendingin ruangan atau AC adalah salah satu fasilitas yang penting di dalam sebuah kendaraan. Tapi apa jadinya bila kesehatanmu terganggu saat menyalakan AC saat mobil dipanaskan. Ya, disadari atau tidak sebagian orang justru kerapkali melakukan kesalahan tersebut. Padahal bahaya bisa saja mengancam kesehatan kita setiap saat.

Bahkan lebih parahanya mereka tidak mengerti bahaya menyalakan pendingin ruangan saat mobil dipanaskan. Terlebih lagi Indonesia masuk ke dalam wilayah yang tropis sehingga cuaca tidak mudah diprediksi. Saat musim hujan pun tidak jarang suhu udara berubah-ubah termasuk berubah menjadi panas.

Dikutip dari laman Solopos.com (20/1/2018), Snopes menyebutkan bahwa kebanyakan orang umumnya langsung menyalakan AC pada saat mobil baru saja dipanaskan. Padahal mobil masih dalam keadaan tertutup.

AC yang dinyalakan di waktu yang tidak tepat rentan mengganggu kesehatan

Tahukah Anda bahwa menyalakan AC saat mobil dipanaskan tidaklah benar. Hal tersebut sangatlah berbahaya lantaran mempengaruhi kondisi kesehatan. Hal ini karena udara dingin yang keluar dari pendingin ruangan mudah bercampur dengan udara di dalam mobil.

“Permasalahannya bukan hanya panas, beberapa benda plastik dan pengharum ruangan di mobil dapat bereaksi langsung dengan sinar matahari”

Reaksi tersebut pada akhirnya akan membentuk senyawa racun yang kemudian dikenal dengan sebutan benzena. Benzena ini mudah tersebar lantaran AC yang menyala dan terhirup oleh orang yang ada di dalam kendaraan.

Benzena memiliki sifat beracun sehingga bila terhirup oleh orang akan mempengaruhi kinerja ginjal dan hati. Inilah mengapa Anda disarankan untuk tidak menyalakan AC saat mobil dipanaskan. Selain efek tersebut, benzena juga memiliki potennsi besar meracuni tulang sehingga menyebabkan seseorang terkena anemia dan penurunan sel darah putih.

Bila seseorang terlalu sering menghirup benzena, orang tersebut akan lebih rentan terkena leukemia. Sementara itu, ibu hamil juga bisa terkena dampaknya. Benzena juga beresiko menggugurkan bayi yang dikandung ibu hamil.

Kondisi di dalam mobil bahkan akan menjadi lebih berbahaya apabila freon AC mengalami kebocoran. Kerusakan tersebut mengakibatkan meningkatnya paparan karbon monoksida, gas berbaya yang konon sangat mematikan.

Gas tersebut memang tidak berbau sehingga kebanyakan orang tidak menyadari adanya bahaya yang mengancam kesehatan bahkan hidup seseorang. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya lakukan perawatan AC pada kendaraan Anda secara rutin.

Tidak hanya itu, sebaiknya lakukan pengecekan kondisi spare part mobil yang Anda miliki. Bila Anda tidak berpengalaman mintalah bantuann kepada bengkel langganan sehingga Anda bisa meminimalisir kerusakan pada mobil dan AC di dalamnya.

Nah, ternyata menyalakan AC saat mobil dipanaskan sangat berbahaya bukan? Karena itu, ikuti petunjuk menyalakan AC yang tepat ya!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!