Tips

5 Tips Lakukan Perjalanan Liburan Akhir Tahun

Ada setidaknya lima hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan liburan akhir tahun, agar anda aman dan nyaman selama berlibur.

Jakarta, Autos.id – Tahun 2017 segera berganti. Dan biasanya menjelang pergantian tahun banyak dari Kawan Autos yang mengajukan cuti tahunan. Artinya, musim liburan pun sebentar lagi datang.

Sudah pasti agenda jalan-jalan bersama keluarga atau teman-teman sudah diatur oleh Kawan Autos. Namun jangan lupa, setiap perjalanan butuh perencanaan. Kalau Kawan Autos berniat untuk melakukan liburan bareng keluarga atau teman dalam rangka memeriahkan malam pergantian tahun, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan.

Berikut beberapa tips merencanakan perjalanan liburan akhir tahun :

perjalanan liburan akhir tahun

1. Lokasi tujuan liburan
Menentukan lokasi tujuan liburan sangat penting jauh sebelum melakukan perjalanan. Hal pertama yang kami berikan sebagai tips merencanakan perjalanan liburan akhir tahun adalah menentukan destinasi wisata yang bakal didatangi. Untuk wisata dalam negeri ada beberapa titik tujuan wisata yang jadi favorit saat musim libur akhir tahun. Antara lain Pulau Komodo, Lombok, Raja Ampat, Danau Toba, Taman Bunaken, Tana Toraja, Bandung, Bromo, Bangka Belitung, dan Jogjakarta.

perjalanan liburan akhir tahun

2. Hotel
Dalam memilih hotel perhatikan lokasi, harga, dan fasilitas yang disediakan dan sesuaikan dnegan kebutuhan Kawan Autos. Jika membawa keluarga tentu hotel yang mempunyai kids zone dan kolamrenang layak kalian utamakan. Sementara kalau kalian solo traveling, buat itinerary dan berikan informasi kepada orang terdekat agar mereka bisa melacak keberadaan kita dimana saja
Jangan beritahu orang asing kalau kita lagi solo traveling. Hindari hal-hal yang membuat anda jadi pusat perhatian misalnya pakaian mencolok, menggunakan perhiasan berlebih, atau menggunakan gadget mahal di tempat umum.

perjalanan liburan akhir tahun

3. Rumah
Pergi berlibur berarti meninggalkan rumah. Karena itu perhatikan keselamatan dan keamanan rumah Kawan Autos. Cabut semua kabel elektronik dan selang kompor gas dan tutup rapat barang-barang pemicu kebakaran seperti minyak. Kunci seluruh akses masuk rumah termasuk jendela dan pintu pagar, lalu simpan barang berharga di tempar yang terkunci. Matikan seluruh keran air, letakkan ember kosong di titik-titik kebocoran atap rumah. selain itu informasikan kepada kepala keamanan atau ketua RT setempat jika Anda ingin berlibur. Hindari posting di sosial media yang menginformasikan rumah Anda kosong. Sebaiknya gunakan asuransi untuk perlindungan rumah Anda.

perjalanan liburan akhir tahun

4. Kendaraan
Ada baiknya Kawan Autos menyewa kendaraan saat sudah sampai ditujuan. Sebaiknya hindari membawa kendaraan pribadi dari rumah untuk dibawa berlibur. Karena selain tubuh tidak terlalu letih, Anda juga bisa dilindungi oleh asuransi perjalanan.

perjalanan liburan akhir tahun

5. Gunakan asuransi
Salah satu tips merencanakan perjalanan liburan akhir tahun poin sebelumnya yang kami rekomendasikan untuk menggunakan kendaraan sewa yakni juga berhubungan dengan asuransi perjalanan atau travel insurance. Karena dengan menggunakan asuransi perjalanan Kawan Autos akan mendapatkan proteksi untuk biaya medis di luar kota, biaya evakuasi medis jika terjadi kecelakaan, biaya pemulangan ke kota asal jika sakit parah, dan biaya kehilangan barnag pribadi.

“Semua bisa kami cover kecuali pemilik polis ikut balapan. Apapun kendaraannya kalau ikut balapan tidak di cover. Tapi kalau naik motor, mobil, dan jetski untuk sekedar liburan di cover. Dan yang tidak di cover adalah perjalanan menggunakan kendarana pribadi,” ucap Enny, Senior General Manager Head of Production Department Asuransi MSIG Indonesia dalam acara diskusi bersama Mobil123 di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Untuk yang hobi touring atau menggunakan kendaraan pribadi saat liburan, ada baiknya menggunakan asuransi jiwa guna memberikan proteksi selama perjalanan. “Kalau bawa kendaraan pribadi sebaiknya pakai polis asuransi jiwa bukan travel insurance,” tukas Enny.

Comments
To Top