Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Tangki Rusak, Honda Tarik Ribuan Motor CBR1000RR

Ribuan Honda CBR1000RR mengalami kerusakan pada penutup tangki bahan bakar sehingga harus mengalami penarikan secara masal untuk mendapat penggantian.

Amerika, Autos.id – Honda kembali menjadi sorotan setelah sejumlah motor sport gedenya mengalami masalah pada tangki, sehingga harus segera menarik 2.443 unit motor CBR1000RR dan CBR1000RR SP model 2017.

Seperti dilansir Motorcycle, Kamis (23/11/2017), kerusakan yang terjadi pada penutup tangki bahan bakar sangat merugikan penggunanya karena hal tersebut dapat membuat air bisa masuk ke tangki sehingga sangat menganggu proses pembakaran pada motor.

Menurut dokumen yang dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), dalam temuannya tutup tangki bahan bakar bisa terlihat memiliki celah antara segel dan leher pada tempat pengisi bahan bakar.

“Menurut dokumen yang dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), dalam temuannya tutup tangki bahan bakar bisa terlihat memiliki celah antara segel dan leher pada tempat pengisi bahan bakar”

Honda Tarik Ribuan motor CBR1000RR

Jika tangki penuh, celah juga bisa menyebabkan bahan bakar masuk ke tabung pembuangan saat melakukan akselerasi atau pengereman, Masalah ini memang tidak berisiko fatal bagi keselamatan penunggangnya tetapi dalam kondisi ektrim dapat membuat mesin mogok saat melakukan perjalanan.

Selain itu bagian dinding tangki bahan bakar bisa mengalami korosi sehingga meningalkan karat yang mengganggu. Masalah ini pertama kali ditemukan pada 29 Maret 2017. Belakangan banyak konsumen yang melaporkan kekurangan tersebut sehingga Honda memutuskan untuk menarik semua motor yang terindikasi mengalami hal ini.

Honada Amerika berencana akan mulai melakukan recall 19 Oktober 2017. Pada tanggal tersebut, Honda Motor Co telah menerima empat laporan tentang masalah tangki bahan bakar sekaligus menindaklanjuti masalah yang sama dengan yang terjadi di Jepang.

Dalam perbaikannya, Honda akan mengganti tutup tangki bahan bakar agar tidak ada lagi masalah yang ditimbulkan akibat penutup tangki yang tak berfungsi optimal.

Untuk model CBR1000RR, yang menggunakan tangki baja, dealer akan mengganti tangki bahan bakar, fuel pump dan fuel injectors. Model SP, yang memiliki tank titanium, Honda hanya akan mengganti fuel pump dan fuel injectors.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Jakarta, Autos.id  – Menjelang bulan Ramadhan, PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan bagi konsumen setia sepeda motor Honda untuk mendaftar program Mudik dan...

Reviews

Last updated on 16 Februari, 2024 Jakarta, Autos.id  –  PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik premium fashionable 160cc pertama di Indonesia, New Honda...

Motor

Last updated on 19 Maret, 2024 Jakarta, Autos.id – Mengawali tahun 2024, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Vario 160 yang kini tampil...

Motor

Last updated on 27 Desember, 2023 Jakarta, Autos.id  – Hari ini (Kamis, 21/12), PT Astra Honda Motor (AHM) resmi mengumumkan harga sepeda motor listrik...

error: Content is protected !!