Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

4 Spare Part Motor yang Perlu Perawatan Khusus

Last updated on 16 Agustus, 2023

Tak ingin mengalami motor mogok di jalan? Lakukan pencegahannya dengan melakukan perawatan khusus untuk 4 spare part motor  ini!

Jakarta, Autos.id – Belakangan cuaca di tanah air tidak dapat diprediksi. Terkadang saat siang hari hujan bisa turun tanpa kita sadari sebelumnya. Karena itu, setiap pengendara disarankan untuk selalu waspada. Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan perawatan beberapa spare part motor lho.

Pasalnya ada sejumlah komponen motor yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Perawatan ini bertujuan agar motor tidak mengalami mogok saat berada di jalanan. Terlebih saat cuaca sedang hujan deras.

Spart part motor busi perlu perawatan khusus

Apalagi saat ini hujan bisa terjadi kapan saja bahkan saat siang pun perjalanan kita berangkali terhambat lantaran cuaca yang berubah-ubah. Nah, berikut penjelasan yang diambil dari beberapa sumber mengenai spare part motor yang sebaiknya kita berikan perawatan khusus.

  1. Aki

Salah satu komponen motor yang perlu mendapatkan perawatan khusus yaitu aki. Aki memiliki peranan penting pada motor automatic. Apabila aki lemah tentu saja Anda lebih kerepotan saat menyalakan mesin motor.

Lebih dari itu, aki yang lemah berdampak buruk pada lampu dan klakson motor. Suara klakson lirih dan lampu bisa meredup. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan service berkala ke bengkel resmi.

  1. Busi

Spart part motor selanjutnya yaitu busi. Sama halnya dengan aki, busi juga perlu mendapatkan perawatan khusus lantaran komponen ini paling sering bermasalah terlebih bila terkena air hujan.

Padahal, busi memiliki peran besar pada motor. Busi akan mudah mati apabila terkena cairan. Karena itu, berhati-hatilah bila berkendara dan menerjang hujan.

“Hindari rongga busi terkena air karena motor Anda bisa mogok”

Baca juga: Tips Cara Membuka dan Memasang kembali Busi Motor dengan Benar!

  1. Rantai

Ketiga yaitu rantai. Meski komponen yang satu memiliki umur pakai yang lebih lama ketimbang komponen lainnya namun bukan berarti Anda dapat mengabaikannya lho.

Anda disarankan untuk memperhatikan pemasangannya agar tidak terlalu kencang dan rutin mengoleskan oli pada rantai agar tidak kering. Bila rantai kering umumnya akan mengeluarkan bunyi yang berisik. Fatalnya, bila ini terjadi lama rantai motor bisa cepat putus.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan dari Rantai SSS?

  1. Kampas rem motor

Terakhir adalah kampas rem motor. Kampas rem juga termasuk komponen yang cepat rusak. Penyebabnya ialah setelan rem. Apabila setelannya terlalu kencang maka kampas rem akan mudah terkikis.

Sementara itu, bila terlalu kendor akan lebih berbahaya bagi pengendara. Karena itu, agar lebih awet pakailah kampas rem yang berkualitas. Belilah spare part motor yang satu ini pada bengkel resmi sehingga terjamin mutunya.

Baca juga: Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Putus!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!