Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Hati-Hati Lho, Inilah Akibat Tangki Mobil Kosong!

Pernahkah Anda membiarkan tangki mobil tak terisi penuh BBM? Hati-hati, karena akibat tangki mobil kosong mobil Anda bisa mogok!

Jakarta, Autos.id – Disadari atau tidak, sebagian besar pengguna kendaraan roda dua atau roda empat pasti pernah melakukan salah satu kebiasaan buruk. Kebiasaan ini berupa membiarkan tangki bahan bakar kendaraan dalam keadaan kosong. Padahal, akibat tangki mobil kosong tersebut berakibat fatal lho salah satunya mobil bisa mendadak mogok.

Akibat dari kebiasaan tersebut juga dikonfirmasi oleh Dadi Hendriadi yang merupakan General Manajer Techical Service Toyota Astra Motor. Seperti dikutip dari laman Viva.co.id(18/11/2017), Dadi Hendriadi menjelaskan bahwa membiarkan tangki mobil dalam keadaan bahan bakar yang hampir habis adalah kebiasaan buruk.

akibat tangki mobil kosong bisa jadi kendaraan mogok di tengah jalan

Ia pun menambahkan bahwa tangki yang kosong dapat menimbulkan endapan kotoran sehingga hal ini membuat saluran bahan bakar mudah tersendat.

“Kotoran di tangki bisa terhisap dan bisa menyebabkan nyendat dan mogok”

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bengkel Astra Internasional Daihatsu Pangeran Jayakarta bernama Dolf Valentino menyebutkan bahwa tangki bahan bakar kendaraan yang dibiarkan dalam keadaan hampir habis dapat menyebabkan korosi.

Secara ilmiah, saat kondisi tangki BBM sebuah kendaraan dalam posisi E atau Empty maka di dalamnya terdapat udara. Bila di dalam tangki terdapat udara maka hal tersebut bisa jadi menimbulkan fuel tank mudah karat.

Karena itu, Anda tentu saja dianjurkan selalu mengisi BBM full pada tangki mobil untuk menghindari buruknya akibat tangki mobil kosong. Menurut Dolf Valentino, uap atau udara yang berada di dalam tangki yang kosong akan menjadi titik-titik air.

Tahukah Anda, titik-titik air tersebut nantinya akan bercampur dengan bahan bakar minyak di dalam tangki mobil. Maka pada saat bahan bakar di dalam tangki bercampur dengan titik-titik air bisa disimpulkan pembakaran tidak akan sempurna.

Tenaga pun akan menjadi menurun. Lebih dari itu, titik-titik air kemungkinan besar juga akan bisa bersenyawa ke metal dan mengakibatkan korosi pada fuel tank.

Tak hanya itu saja, bila korosi terjadi berlebihan hal tersebut akan dapat menyumbat suplai bahan bakar minyak menuju sistem mesin. Akibatnya, tenaga mesin akan menjadi lebih menurun. Fatalnya akibat tangki mobil kosong tersebut ialah mobil mengalami mogok saat berada di tengah jalan.

Untuk menghindari hal buruk misalnya mobil mogok, Anda disarankan untuk mengisi bahan bakar full atau paling tidak minimal setengah tangki mobil. Sementara itu, pada mobil diesel kebiasaan membiarkan tangki dalam kondisi hampir habis mengakibatkan getar atau pincang RPM.

Itulah beberapa akibat tangki mobil kosong yang sebaiknya harus kita perhatikan. Jangan sampai kita membiarkan tangki bahan bakar mobil dalam kondisi kosong atau habis.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!