Tips

Tips Mendinginkan Suhu Kabin Mobil Lebih Cepat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Apakah Anda sering merasakan suhu kabin mobil panas? Yuk, simak beberapa tips mendinginkan suhu kabin mobil lebih cepat berikut ini!

Jakarta, Autos.id – Setiap orang termasuk Anda pastinya ingin selalu mendapati suhu kabin mobil yang terasa sejuk terutama saat pertama kali masuk ke dalam mobil tersebut. Untuk mendapatkan hal tersebut, coba ikuti tips mendinginkan suhu kabin mobil lebih cepat dalam artikel ini.

Suhu kabin yang sejuk memang sulit dirasakan oleh kebanyakan pemilik mobil. Apalagi bila mobil sebelumnya diparkir di tempat yang terbuka saat matahari sedang bersinar terik.

membuka kaca mobil ternyata mempercepat proses pendinginan suhu kabin mobil

Umumnya, kebanyakan pengemudi lebih sering menghidupkan pendingin udara atau AC pertama kali saat masuk ke dalam mobil untuk menghindari kabin mobil yang terasa panas atau pengap. Kini, hal tersebut menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil.

Tapi, tahukah Anda cepat-cepat menyalakan AC mobil sebenarnya bukanlah tips mendinginkan suhu kabin mobil yang benar. Hal ini karena kegaiatan tersebut tidak akan mempercepat proses pendinginan kabin mobil Anda.

Senada dengan hal tersebut, sebenarnya ada tips yang benar dalam mendinginkan suhu kabin mobil Anda. Menariknya, tips yang satu ini jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan pemilik mobil. Bahkan seringkali orang-orang mengabaikannya.

Seperti dikutip dari laman Viva.co.id(14/11/2017), Carscoops menyebutkan bahwa ada tips mendinginkan suhu kabin mobil yang benar dan sebaiknya dilakukan saat pertama kali masuk ke dalam mobil.

Tips tersebut ialah membuka semua kaca mobil. Sementara itu, saat kendaraan sudah mulai bergerak Anda dapat menghidupkan AC dan aturlah kipas agar berputar kencang.

“Buka semua kaca mobil dan ketika mobil sudah bergerak, jangan lupa menghidupkan AC dengan pengaturan tertentu”

Tahukah Anda mengapa kita disarankan menghidupkan AC saat mobil sudah bergerak atau melaju? Rupanya hal tersebut dilakukan agar kondensor yang berada di depan radiator bisa lebih mudah terpapar udara segar.

Bila kondensor terpapar udara segar maka proses pendinginan kabin mobil menjadi lebih maksimal. Tak berhenti di situ saja, tips selanjutnya saat suhu AC sudah terasa dingin, sebaiknya tutup jendela mobil bagian depan.

Namun, perhatikan waktu penutupan jendela belakang. Berikan jeda waktu jendela mobil bagian belakang untuk terbuka paling tidak selama 20 hingga 30 detik. Hal ini bertujuan agar sisa udara panas lebih cepat keluar lewat kaca jendela yang terbuka tersebut.

Pastikan pula untuk menonaktifkan mode sirkulasi udara atau circulation mode. Lebih baik aturlah agar AC mudah mendinginkan udara dari luar alias bukan udara kabin mobil yang disirkulasi.

Tips mendinginkan suhu kabin mobil ini bertujuan untuk memastikan udara dingin cepat menyebar hingga ke bagian jok belakang. Sebaliknya apabila mode sirkulasi diaktifkan, udara dingin kemungkinan besar akan disedot kembali sebelum menyebar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top