Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Mendinginkan Suhu Kabin Mobil Lebih Cepat

Apakah Anda sering merasakan suhu kabin mobil panas? Yuk, simak beberapa tips mendinginkan suhu kabin mobil lebih cepat berikut ini!

Jakarta, Autos.id – Setiap orang termasuk Anda pastinya ingin selalu mendapati suhu kabin mobil yang terasa sejuk terutama saat pertama kali masuk ke dalam mobil tersebut. Untuk mendapatkan hal tersebut, coba ikuti tips mendinginkan suhu kabin mobil lebih cepat dalam artikel ini.

Suhu kabin yang sejuk memang sulit dirasakan oleh kebanyakan pemilik mobil. Apalagi bila mobil sebelumnya diparkir di tempat yang terbuka saat matahari sedang bersinar terik.

membuka kaca mobil ternyata mempercepat proses pendinginan suhu kabin mobil

Umumnya, kebanyakan pengemudi lebih sering menghidupkan pendingin udara atau AC pertama kali saat masuk ke dalam mobil untuk menghindari kabin mobil yang terasa panas atau pengap. Kini, hal tersebut menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil.

Tapi, tahukah Anda cepat-cepat menyalakan AC mobil sebenarnya bukanlah tips mendinginkan suhu kabin mobil yang benar. Hal ini karena kegaiatan tersebut tidak akan mempercepat proses pendinginan kabin mobil Anda.

Senada dengan hal tersebut, sebenarnya ada tips yang benar dalam mendinginkan suhu kabin mobil Anda. Menariknya, tips yang satu ini jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan pemilik mobil. Bahkan seringkali orang-orang mengabaikannya.

Seperti dikutip dari laman Viva.co.id(14/11/2017), Carscoops menyebutkan bahwa ada tips mendinginkan suhu kabin mobil yang benar dan sebaiknya dilakukan saat pertama kali masuk ke dalam mobil.

Tips tersebut ialah membuka semua kaca mobil. Sementara itu, saat kendaraan sudah mulai bergerak Anda dapat menghidupkan AC dan aturlah kipas agar berputar kencang.

“Buka semua kaca mobil dan ketika mobil sudah bergerak, jangan lupa menghidupkan AC dengan pengaturan tertentu”

Tahukah Anda mengapa kita disarankan menghidupkan AC saat mobil sudah bergerak atau melaju? Rupanya hal tersebut dilakukan agar kondensor yang berada di depan radiator bisa lebih mudah terpapar udara segar.

Bila kondensor terpapar udara segar maka proses pendinginan kabin mobil menjadi lebih maksimal. Tak berhenti di situ saja, tips selanjutnya saat suhu AC sudah terasa dingin, sebaiknya tutup jendela mobil bagian depan.

Namun, perhatikan waktu penutupan jendela belakang. Berikan jeda waktu jendela mobil bagian belakang untuk terbuka paling tidak selama 20 hingga 30 detik. Hal ini bertujuan agar sisa udara panas lebih cepat keluar lewat kaca jendela yang terbuka tersebut.

Pastikan pula untuk menonaktifkan mode sirkulasi udara atau circulation mode. Lebih baik aturlah agar AC mudah mendinginkan udara dari luar alias bukan udara kabin mobil yang disirkulasi.

Tips mendinginkan suhu kabin mobil ini bertujuan untuk memastikan udara dingin cepat menyebar hingga ke bagian jok belakang. Sebaliknya apabila mode sirkulasi diaktifkan, udara dingin kemungkinan besar akan disedot kembali sebelum menyebar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!