Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

5 Tips Melewati Polisi Tidur yang Aman dan Nyaman

Tips Melewati Polisi Tidur

Last updated on 15 Agustus, 2023

Tips melewati polisi tidur yang aman dan nyaman patut diketahui agar Anda dan pengguna jalan lain tetap aman, serta kendaraan Anda juga selalu nyaman.

Jakarta, Autos.id – Meski bukan dalam arti sebenarnya, polisi tidur berfungsi untuk membantu keselamtan para pengguna jalan. Keberadaan polisi tidur di jalan, sanggup meredam kecepatan kendaraan yang lewat sehingga mereduksi potensi kecelakaan.

Keberadaan polisi tidur sejatinya dipasang di perumahan, jalan kecil atau gang untuk memperlambat laju kendaraan. Kecepatan kendaraan yang lebih pelan tentu menjadi hal penting di tengah pemukiman penduduk yang cenderung padat. Sehingga bisa menekan risiko tabrakan.

Sebenarnya, hal mengenai polisi tidur itu sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Peraturan penempatan dan pembuatan polisi tidur tertuang pada Keputusan Menteri Perhubungan nomor 4 tahun 1994 tentang alat pengendali dan pengamanan pemakai jalan.

Tips Melewati Polisi Tidur

Pemasangan Polisi Tidur Ada Aturannya

Dalam peraturan tersebut disebutkan polisi tidur tidak diperbolehkan dibuat di sembarang jalan dan hanya diperbolehkan di pemukiman, jalan lokal dengan klasifikasi kelas 3-C dan jalan-jalan yang sedang dilaksanakan pengerjaan konstruksi. Selain itu, dalam pasal 4 ayat 3 dijelaskan bahwa penentuan lokasi dan jumlah polisi tidur yang diperbolehkan harus disesuaikan dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas yang dikeluarkan dan direkomendasikan oleh dinas perhubungan.

Pada pasal kelima, pembatas kecepatan yang sesuai aturan itu yakni memiliki tanda garis serong berupa cat warna putih agar bisa dilihat pengendara. Lalu pada pasal 6, bentuk pembatas kecepatan menyerupai trapesium setinggi maksimal 12 cm, sisi miringnya punya kelandaian yang sama maksimum 15 persen, dan lebar datar bagian atas minimum 15 cm.

Namun terkadang di beberapa titik jalan, polisi tidur dibuat terlalu tinggi dan jaraknya pun rapat sehingga bukannya meningkatkan keamanan berkendara, malah memunculkan risiko kerusakan pada kendaraan. Karenanya Kawan Autos kudu paham bagaimana tips melewati polisi tidur yang aman dan nyaman buat kendaraan.

Baca juga: AC Mobil Tiba-Tiba Panas? Ini Bagian yang Harus Dicek

Tips Melewati Polisi Tidur

Bisa Pakai Teknik Serong

Tips Aman dan Nyaman Melewati Polisi Tidur

1. Jangan rem mendadak

Jangan mengerem mendadak ketika menghadapi polisi tidur. Karena hal ini sangat berbahaya, baik bagi Anda maupun pengendara lain di belakang Anda. Bagi pemotor, rem mendadak saat menghadapi polisi tidur juga berpotensi jatuh.

2. Teknik diagonal

Seperti yang telah kami ulas sebelmnya, jika saat ini ada banyak polisi tidur yang tidak dibangun dengan semestinya. Terkadang ketinggian polisi tidur tidak sesuai dengan yang diatur dalam peraturan. Untuk menhadapi polisi tidur seperti ini sebaiknya Kawan Autos melakukan trik diagonal atau melindas polisi tidur dengan menyamping. Namun perlu dipastikan tips melewati polisi tidur seperti ini harus dipastikan kondisi lalu lintas dalam keadaan lengang, sehingga tak mengganggu pengguna jalan lain. Teknik diagonal juga berguna untuk kendaraan dengan ground clearance rendah.

3. Saat malam hari

Ketika melintas di jalan pada malam hari, ada baiknya gunakan lampu dekat bukan lampu jauh. Hal ini untuk dapat melihat lebih fokus kondisi jalan dan posisi polisi tidur di jalan.

Baca juga: Tips Memperbaiki Lampu Mobil Kusam

Tips Melewati Polisi Tidur

Jangan Pakai Lampu Jauh

4. Jaga jarak

Melintas di gang atau jalan dengan polisi tidur yang cukup banyak, sebaiknya jaga jarak dengan kendaraan di depannya. Kondisi ini penting untk menjaga jarak pandang Anda dengan kondisi jalan.

5. Jangan tancap gas

Meskipun ada beberapa fisik polisi tidur yang kecil atau cukup landai, jangan lantas di gas kala melaluinya. Tips melewati polisi tidur yang seperti itu bisa membuat sistem suspensi kendaraan Anda terganggu. Shockbreker kendaraan Anda bisa cepat rusak, dan karet ball joint juga rentan robek.

Baca juga: Ketahui Sumber Penyebab Rem Mobil yang Berdecit

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

error: Content is protected !!