Reviews

Review Honda CRF250 Rally di Indonesia – Si Jangkung Buat Blusukan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Review Honda CRF250 Rally yang kami lakukan beberapa waktu lalu memberikan kesan yang spesial. Karena motor ini sanggup memberikan kenikmatan berkendara meski medan yang kami lalui tidaklah “normal”.

Jakarta, Autos.idAdventure bike memang bukan motor yang familiar di Indonesia jika dibandingkan skutik maupun bebek. Namun tetap saja motor penjelajah ini memiliki aura tersediri yang bisa menarik para pecinta roda dua.

Begitupun dengan kami. Tim Autos yang mendapat kesempatan untuk melakukan review Honda CRF250 Rally tak disia-siakan. Unit yang dipinjam dari pihak PT Wahana Makmur Sejati (WMS) sebagai dealer resmi sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang ini jadi teman setia kami menemani aktifitas yang jarang kami lakukan.

Mengapa kami sebut jarang? Karena selama melakukan review Honda CRF250 Rally ini kami selalu menerabas medan-medan tak lazim, mengingat kemampuan daya jelajahnya yang begitu mengagumkan. Mau tau bagaimana hasil review kami? Berikut ulasannya :

review Honda CRF250 Rally

Postur Tubuhnya Berbeda Dibanding Motor Honda Lainnya

Desain
Jangkung! Itu kesan pertama kali kami ketika bertatap muka langsung dengan motor Honda yang satu ini. Ia berbeda sekali dengan motor sport berlogo Sayap lainnya. Ban pacul, sepakbor depan tinggi, di depan ada windshield, serta jok tipis adalah beberapa ciri khasnya.

Sebagai motor penjelajah di “dua alam”, Honda CRF250 Rally memang sudah memiliki beberapa karakteristik yang sangat ideal. Bagian depan misalnya, sudah pakai lampu LED yang akan otomatis menyala ketika kunci kontak diaktifkan. Lampu depan ini sebenarnya ada dua, namun lampu di sebelah kanan berfungsi sebagai lampu jauh atau lampu dim. Di atas lampu ada windshield, yang bentuknya tidak terlalu besar. Kemudian pada setang juga telah dilengkapi handguard untuk melindungi tangan rider dari bebatuan atau dahan pohon saat menggunakan motor ini di hutan belantara.

Lanjut kebagian lainnya. Tangki dibuat slim, kemudian panel instrumen sudah pakai digital. Joknya memang terlihat tipis, padahal masih sangat nyaman buat riding blusukan ke berbagai tempat. Tidak lebih empuk dari motor bebek atau skutik memang, karena peruntukan dari motor ini juga tidak kebanyakan di jalan beraspal. Kemudian pada bagian belakangnya, Autos menemui lampu rem dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Lalu di bawahnya ada rumah plat nomor, dan ada knalpot yang memang di tekuk ke atas.

review Honda CRF250 Rally

Jangkung, Kesan Pertama Melihat Motor Ini

Dimensi
Secara keseluruhan, Honda CRF250 Rally punya panjang 2.210 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.425 mm. Jarak sumbu rodanya 1.455 mm, serta memiliki jarak terendah dengan tanah alias ground clearance 270 mm. Beratnya sendiri 155 kg dengan jumlah kapasitas tangki BBM mencapai 10 liter.

Ban depan terlihat lebih besar karena memang memakai pelek 21 inci, sedangkan ban belakang pakai pelek ukuran 18 inci. Ban depan ditopang suspensi Showa, sementara ban belakang ditunjang dengan suspensi model Pro-link, juga dari merek Showa. Nah kedua roda ini telah memakai rem cakram, dual piston calipers di depan dan single piston untuk roda belakang.

review Honda CRF250 Rally

Lampu Depan Terang

Fitur
Ada sejumlah fitur unggulan di motor ini yang semuanya berkiblat demi menunjang pengendaraan di berbagai medan jalan. Bagian lampu depan misalnya, dengan menggunakan jenis LED, pancarannya sudah sangat cukup untuk menerangi jalan-jalan yang gelap gulita sekalipun. Kemudian Digital Panel Meter juga menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengendara secara apik.

Pemasangan handguard juga berfungsi untuk memberikan kenyamanan selama berada di atas motor ini. Lalu bagian bawah mesin juga diberi pelindung agar terhindar dari serpihan batu yang bisa mengenai blok mesin.

review Honda CRF250 Rally

Radiator Cuma Disebelah Kiri

Mesin
Selama melakukan review Honda CRF250 Rally di wilayah Jabodetabek, kami mengalami kenikmatan berkendara yang mengesankan. Mesinnya menggunakan mesin bensin 249 cc liquid cooled silinder tunggal DOHC dengan sistem PGM-FI. Mesin ini serupa dengan yang dipakai pada Honda CBR250R, namun tetap ada pembedanya.

Honda meracik mesin CRF250 Rally tersalur dengan baik pada setiap posisi gigi. Tidak terlalu menghentak namun padat di setiap putaran mesinnya. Model ini memiliki tenaga puncak 24 hp pada 8.500 rpm serta torsi maksimum 22,6 Nm di 6.750 rpm. Tetapi kenikmatannya bukan hanya sekedar di mesin.

review Honda CRF250 Rally

Jok Gak Terlalu Tipis

Jarak main baik suspensi depan maupun belakang yang begitu panjang, menghasilkan kenikmatan berkendara yang baik meski medan yang kami lalui bukanlah aspal. “Bermain-main” di trek off road pun begitu mengasyikkan, bahkan seperti menggunakan motor sport kelas menengah biasa.

Satu hal yang mengganggu dari motor ini adalah letak radiator di sebelah kiri membuat hawa panas muncul selama menggunakan Honda CRF250 Rally. Hawa panas itu terasa sekali berasal dari bagian paha sebelah kiri. Meksi demikian, posisi duduknya layak diacungi jempol karena tak membuat punggung sakit meski trek yang kami harus lalui cukup panjang.

review Honda CRF250 Rally

Asyik Diajak Blusukan

Spesifikasi Honda CRF250 Rally

Tabel Spesifikasi Honda CRF250 Rally
Spesifikasi Honda CRF250 Rally
Dimensi
Panjang (mm) 2210
Lebar (mm) 900
Tinggi (mm) 1425
Jarak Sumbu Roda (mm) 1455
Ground Clearance (mm) 270
Kapasitas Tangki BBM (liter) 10
Mesin
Tipe Liquid Cooled 4-tak DOHC PGM-FI
Kapasitas (cc) 249
Tenaga maksimum (hp/rpm) 24 / 8.500
Torsi Maksimum (nm/rpm) 22.6 / 6.750
Jenis Bahan Bakar Gasoline Tanpa Timbal
Transmisi
Tipe Manual
Sasis
Suspensi Depan Showa Inverted Fork
Suspensi Belakang Pro-Link 265 Axle Stroke
Rem Depan Disk Brake 256mm Dual Piston Calipers
Rem Belakang Disk Brake 220mm Single Piston Calipers
Ukuran Ban Depan 3.00 21 51P
Ukuran Ban Belakang 120/80 -18 62P
Tipe Velg Spoke Wheels
Fitur
ABS

Daftar Harga Honda CRF250 Rally

Honda CRF250 Rally Rp 63,025,000
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top