Reviews

Review All New MINI Cooper S Countryman – MINI yang Tak Lagi MINI

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Review All New MINI Cooper S Countryman agak berbeda dari sebelumnya yang sudah kami lakukan. Karena pada kesempatan ini kami diberi kesempatan untuk mengujinya langsung.

Jakarta, Autos.id – Kawan Autos… Kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai All New MINI Cooper S Countryman. Nah, kalau kalian pembaca setia Autos.id, mungkin pernah lihat video tentang mobil ini sebelumnya di channel Youtube kami.

Kalian tidak salah memang Kawan Autos, karena saat itu, All New MINI Cooper S Countryman jadi video pertama yang diproduksi oleh tim redaksi Autos.id. Cuma… Kalau waktu itu kami hanya membahas secara deskripsi, maka beberapa waktu lalu, kami diberi kesempatan untuk mengujinya langsung oleh pihak BMW Group Indonesia.

Itu artinya, review All New MINI Cooper S Countryman kali ini lebih real, karena ada wujud mobil aslinya. HeheheYuk ah, mari baca lebih lanjut tentang hasil review All New MINI Cooper S Countryman dari tim kami.

Review All New MINI Cooper S Countryman

Eksterior
Dibanding Cuntryman sebelumnya, ada banyak sekali perubahan pada model barunya ini. Pada bagian depan misalnya, gril berubah, lalu bumper depan juga berubah, kemudian lampu utama juga berubah. Dan lampu depan ini sekarang sudah terintegrasi pula dengan LED Daytime Running Light (DRL) yang melingkar dikeseluruhan lampu.

Beranjak ke samping, desian pelek juga berubah, kemudian model ini juga pakai over fender. Ya, kesan tegas mencuat dari penggunaan material di fender tersebut. Hal ini mungkin untuk menegaskan jika Countryman tetaplah SUV ala MINI. Perubahan lainnya bisa dilihat dari penggunaan roof rail, lalu lampu belakang yang juga sudah pakai LED, dan bumper belakangnya juga baru.

Review All New MINI Cooper S Countryman

Interior
Banyaknya hal berubah dari All New Countryman juga terlihat pada bagian dalam mobil. Layout dashboard kini baru, bentuk kisi-kisi AC baru, bentuk setir juga baru, dan di bagian tengah ada lingkaran besar. Lingkaran inilah yang menjadi pusat informasi dan hiburan dari All New Countryman.

Sementara itu joknya masih tetap menggunakan material kulit berkualitas. Namun kesan klasik dari MINI tetap ditonjolkan melalui motif jahitan diamond cut pada semua joknya. Yang menarik, untuk jok bagian depan, bagian alasnya bisa ditarik ke depan sedikit. Ini benfungsi bagi pengemudi atau penumpang yang memiliki postur tubuh ekstra untuk mendapatkan kenyamanan selama perjalanan.

Review All New MINI Cooper S Countryman

Sementara di belakang, joknya bisa dilipat untuk mendapatkan kapasitas bagasi yang lebih lapang. Kalau pun tidak, bagasi sudah sangat cukup untuk menampung setidaknya 2-3 koper ukuran besar. Oh ya, untuk membuka bagasi ini Kawan Autos juga tak perlu menekan tombol, tinggal pakai gesture kaki di bawah bumper belakang, maka bagasi akan terbuka otomatis. Ulangi hal tersebut untuk menutup kembali bagian bagasi.

Selain itu, ketika Anda berkendara di malam hari, akan mendapatkan warna ambiens yang menarik. Menggunakan LED, mini memberikan nuansa warna berbeda pada kabin All New Countryman. Ada ungu, hijau atau merah. Unik!

Review All New MINI Cooper S Countryman

Dimensi
MINI kini tak mini lagi. Itulah kesan yang kami tangkap saat melakukan review All New MINI Cooper S Countryman. Tubuh lebih panjang 20 cm dan lebih lebar 3 cm dari generasi pertama Countryman. Mobil ini juga mendapat penambahan wheelbase 7.5 cm yang berakibat ruang kabin penumpang serta kapasitas bagasi bertambah.

Secara total, panjangnya 4.299 mm, lebar 1.822 mm, dan tinggi 1.557 mm. Sementara ukuran bagasinya 450 liter, dan jika jok baris kedua di tekuk, maka bagasi sanggup menampung sampai 1.390 liter atau 220 liter lebih banyak dari Countryman sebelumnya.

Untuk tipe Cooper Countryman, menggunakan pelek ukuran 17 inci, sementara untuk Cooper S Countryman, eperti unit yang kami tes ini, menggunakan pelek 18 inci. Kalau Kawan Autos kurang sreg dengan desainnya, maka aada juga optional model pelek lain yang tersedia dari ukuran 17-19 inci. Kalian tinggal datang ke dealer resmi MINI untuk memilik model pelek yang kalian suka.

Review All New MINI Cooper S Countryman

Mesin
Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, kalau MINI Indonesia menyediakan dua varian untuk All New Countryman. Pertama adalah Cooper Countryman dan Cooper S Countryman. Varian pertama memakai mesin 1.5-liter tiga silinder Twin Power Turbo Technology (Turbocharging, Direct Injection, Valvetronic) 136 hp dengan torsi 220 Nm.

Untuk varian kedua seperti unit review All New MINI Cooper S Countryman yang tim kali lakukan, memakai mesin 2.0-liter 4 silinder 192 hp pada 5.000-6.000 rpm dengan torsi puncak 280 Nm di 1.350-4.600 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan gearbox 8 percepatan sport automatic. Jangan tanyakan soal kenikmatan berkendaranya.

Review All New MINI Cooper S Countryman

Meski panjangnya kini sudah lebih dari 4 meter, tetapi MINI masih mampu menampilkan kelincahan berkendara pada produk-produknya termasuk All New Countryman ini. Posisi berkendaranya begitu nyaman, jok pengemudi dan penumpang depan bisa diatur secara elektrik. Visibilitas ke depan, smaping dan belakang pun begitu optimal. Selain itu, stau hal lagi yang perlu kalian ketahui, jika bukaan pintu depan dari Countryman ini juga lebih lebar dari model sebelumnya.

Tenaganya sudah tersalur sejak putaran rpm rendah. Suspensinya juga tidak terlalu keras meskipun itu tak mengubur kemampuannya untuk bermanuver. Sayang memang waktu pengujian yang diberikan kepada kami terbatas. Padahal kami ingin mencobanya untuk mendarat di medan-medan gravel untuk mengetahui bagaimana traksi dari kendaraan ini di jalan semi offroad.

Review All New MINI Cooper S Countryman

Fitur
Yang paling mencolok dari fitur pada All New MINI Countryman adalan instrumen sentral di tengah-tengah dashboard. Panel instrumen berbentuk layar sentuh yang dikelilingi cincin LED ini sanggup menampilkan beragam informasi mengenai kendaraan maupun fitur entertainment.

Untuk mengeksplorasi fitur ini silahkan masuk ke menu MINI Connected. Hubungkan ponsel Anda dnegan sistem informasi pada mobil tersebut dan Anda bisa melakukan banyak hal. Seperti mengakses file audio dan video, atau melakukan panggilan teleopn.

Cuma itu saja? tidak! Anda juga bisa menentukan batas kecepatan maksimal dari mobil, seting nama Anda, dan sebagainya. Kemudian ada juga fitur Green dan Sport yang bisa menentukan bagaimana mobil akan bereaksi dengan sistem komputer yang sudah tertanam di dalam mobil. Apa lagi? Ah… Banyak banget Kawan Autos, selengkapnya saksikan saja video di atas ya! Hehehe

Spesifikasi

Tabel Spesifikasi All New MINI Countryman di Indonesia
Spesifikasi Cooper Countryman Cooper S Countryman
Dimensi
Panjang (mm) 4299
Lebar (mm) 1822
Tinggi (mm) 1557
Jarak Sumbu Roda (mm) 2670
Kapasitas Tangki BBM (liter)
Mesin
Tipe 1.5-liter 3 silinder Twin Power Turbo Valvetronic 2.0-liter 4 silinder Twin Power Turbo Valvetronic
Kapasitas (cc) 1499 1998
Tenaga maksimum (hp/rpm) 136/4.400-6.000 192/5.000-6.000
Torsi Maksimum (nm/rpm) 220/4.300 280/4.600
Jenis Bahan Bakar Gasoline
Transmisi
Tipe 6 Speed Automatic 8 Speed Automatic
Sasis
Sistem Penggerak All Wheel Drive
Suspensi Depan 1-link drive strut axle
Suspensi Belakang central pivot axle
Rem Depan Ventilated Disk Brake
Rem Belakang Disk Brake
Ukuran Ban R17 225/50 – R18
Tipe Velg Velg Alloy
Fitur
Headunit 8,8 inci
Jok Pengemudi Electric Electric
Jok Penumpang Depan Electric Electric
Airbag Pengemudi v v
Airbag Penumpang Depan v v
Side Airbag v v
Curtain Airbag v v
Seatbelt Pengemudi v v
Seatbelt Penumpang Depan v v
Seatbelt Penumpang Belakang v v
ISOFIX v v
Immobilizer v v
EPS v v
ABS v v
EBD v v
Brake Assist v v
Cruise Control v v
Parking Sensor v v
Parking Kamera v v
HSA v v
Hill Descent Control v v

Harga

Daftar Harga All New MINI Countryman di Indonesia
All New MINI Cooper Countryman Rp 660.000.000
All New MINI Cooper S Countryman Rp 865.000.000
* Harga tersebut adalah off the road Jakarta

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top