Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Dijiplak Perusahaan Cina, Land Rover Kapok Pamer Mobil Konsep

Range Rover Evoque Facelift Mulai Tersedia di Dealer

Land Rover telah memutuskan untuk tidak menampilkan mobil konsep saat ada pameran otomotif internasional. Hal itu untuk menghindari model-modelnya diplagiat oleh perusahaan lain.

London, Autos.id – Kerap kali diplagiat oleh perusahaan otomotif Cina, membuat Land Rover jengah. Pejabat Land Rover bahkan mengaku ogah untuk menampilkan mobil konsep saat pameran otomotif skala internasional.

Gerry McGovern sebagai Head of Design Land Rover mengatakan kalau perusahaan sudah memutuskan tak akan terlalu sering menampilkan mobil konsep kepada publik. “Kami takut kalau menunjukkan mobil konsep beberapa tahun sebelum diproduksi maka akan di jiplak begitu saja oleh perusahaan lain,” kata dia.

“Kami takut kalau menunjukkan mobil konsep beberapa tahun sebelum diproduksi maka akan di jiplak begitu saja oleh perusahaan lain”

Hasil plagiat yang baru saja terjadi adalah Landwind X7. Ini merupakan copycat Land Rover Evoque yang dilakukan oleh Jiangling Motor. McGovern bahkan kini diminta oleh perusahaan untuk mengevaluasi kembali, apakah amsih perlu untuk membuat sebuah mobil konsep.

Land Rover

Landwind X7 Kembaran Evoque

“Sangat penting untuk melindungi invastasi besar yang harus dikeluarkan untuk pengembangan mobil baru,” kata MacGovern kepada Autocar. Aksi “ngumpetin” mobil konsep ini pun mulai dilakukan Land Rover pada model Velar. Selanjutnya perusahaan juga akan melakukan untuk model Defender generasi berikutnya.

Selama ini perusahaan-perusahaan otomotif yang dijiplak modelnya oleh perusahaan Cina hanya diam saja. Hal itu lantaran saat dibawa ke pengadilan, perusahan yang dirugikan tersebut malah kalah. Namun McGovern mengungkapkan kalau saat ini perusahaan Inggris tersebut sednag mengajukan tuntutan hukum kepada pihak Jiangling Motors. Tuntutan diberikan atas dasar hak cipta dan persaingan tidak sehat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Jakaerta, Autos.id  –  Range Rover, sebagai house of brand dari Land Rover, di bawah naungan Inchcape Indonesia, berkolaborasi dengan CAN’s Art Gallery dalam membawa...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 6 Juli, 2023 Mobil Land Rover dikenal sebagai kendaraan jenis SUV dan gagah untuk off-road, dimana terdapat model Range Rover juga....

Mobil

Jaguar Land Rover di Indonesia mulai serius jajaki penjualan mobil sekaligus perawatan mobil mereka. Dengan hadirkan Showroom dan Bengkel dengan standar Jaguar Land Rover....

Mobil

Aturan ini membuat konsumen tidak bisa lagi menjual mobil Land Rover yang baru mereka beli selama kurang lebih 6 bulan. Autos.id – Baru-baru ini,...

error: Content is protected !!