Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mengatasi Masalah Power Window Seret

Mengatasi Masalah Power Window

Last updated on 15 Agustus, 2023

Mengatasi masalah power window yang seret bukan perkara sulit. Karena biasanya hanya karena ada kotoran menumpuk di jalur kaca jendela mobil tersebut.

Jakarta, Autos.id – Kerja keras power window mobil terkadang ada masanya juga untuk bisa berhenti bekerja. Ya, seperti halnya komponen kendaraan lainnya, power window juga bisa mengalami masalah.

Gejala kerusakan komponen untuk membantu menaikkan dan menurunkan kaca jendela secara elektrik ini bisa dideteksi secara mudah. Cirinya adalah kaca jendela naik turunnya lambat alias seret. Kalau sudah begini, tentu ada cara untuk mengatasi masalah power window pada mobil.

“Kaca jendela seret masih bisa diatasi dengan langkah preventif, apalagi perbaikannya termasuk mudah. Penyebab kaca jendela seret biasanya karena di jalurnya telah menumpuk berbagai macam kotoran”

Kaca jendela seret masih bisa diatasi dengan langkah preventif, apalagi perbaikannya termasuk mudah. Penyebab kaca jendela seret biasanya karena di jalurnya telah menumpuk berbagai macam kotoran mulai dari kerikil, debu hingga oli.

Baca juga: Penyebab Kaca Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Masalah Power Window

Selalu Bersihkan Kaca Jendela dan Jalurnya

Hal tersebut terhitung wajar lantaran merupakan proses penggunaan mobil selama berjalan. Makanya biar jalur kaca jendela tetap bersih, baiknya cuci mobil sesering mungkin agar debu tidak mudah bersarang. Jika waktunya memungkinkan, jalur kaca bisa dicuci sendiri menggunakan sikat dan sabun cuci mobil.

Meski awalnya terlihat sederhana, namun jika kotoran di jalur kaca dibiarkan tetap bersarang maka akan ada komponen lain yang akan alami kerusakan. Pertama adalah bagian kaca. Kalau kotoran di jalur power window terlalu banyak, maka bisa membuat kaca baret. Kemudian komponen lain yang juga bisa rusak adalah motor power window.

Baca juga: Penyebab Power Steering Bunyi Berdengung Pada Kendaraan Mobil

Mengatasi Masalah Power Window

Jika Parah Maka Bisa Merusak Motor Power Window

Untuk mengatasi masalah power window akibat kerusakan pada bagian motor, maka sebaiknya cek bagian dinamo motor power window tersebut. Atau bisa juga cek bagian kabel sling, karena dua komponen ini adalah yang paling sering rusak. Sebaiknya ganti dengan yang baru agar kinerja motor power window kembali seperti sediakala.

Terakhir dalam mengatasi masalah power window, periksa juga karet-karet atau dudukan kaca jendela tersebut. Kalau sudah getas dan tidak lembut, sebaiknay segera diganti, agar power window tak seret lagi.

Baca juga: Rekomendasi 10 Parfum Mobil Anti Mual Terbaik

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

error: Content is protected !!