Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Memilih Ban Motor, Jangan Asal Beli

Tips memilih ban sepeda motor

Last updated on 2 Desember, 2021

Memilih ban motor memang terkesan sepele dan mudah. Tinggal ke bengkel atau toko ban dan minta tolong untuk memasangnya sekalian, urusan pun kelar. Namun, faktanya berkata lain.

Autos.id Ban sepeda motor memegang peranan yang sangat penting dalam berkendara, bahkan mempengaruhi keselamatan. Akan tetapi banyak sekali yang menganggap remeh urusan dalam memilih ban sepeda motor.

Banyak pengendara motor yang mengaku hampir mengalami kecelakaan saat kendaraan yang dikendarainya terpelanting atau terpeleset saat pengereman. Bahkan kecelakaan roda dua di Indonesia beberapa diantaranya merupakan kesalahan dalam penggunaan ban sepeda motor yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Karenanya, sebelum memilih mengganti ban, sebaiknya perhatikan beberapa aspek penunjang keamanan dan kenyamanan terlebih dahuli. Apalagi jika kendaraan tersebut merupakan kendaraan harian. Apa saja yang perlu diperhatikan :

Perhatikan Reputasi dari Merk Ban

Saat ini banyak sekali produsen ban yang berlomba-lomba bahwa produk mereka merupakan yang terbaik dikelasnya. Jika melihat mek, pilihlah merk yang sudah teruji di suatu ajang balap baik nasional ataupun internasional. Reputasi dan kualitas produknya pasti sudah teruji.

Baca juga: Saat Ganti Ban Motor, Jangan Lupa Untuk Mengganti Komponen Ini

Memilih Ban Motor

Perhatikan Tapak Ban

Pilih Ban dengan Permukaan Tapak Sedang

Pilihlah ban dengan tapak menengah untuk digunakan harian. Karena tipe tapak menengah menjadikan motor lebih irit bahan bakar dan juga lebih stabil dan aman. Karakter tersebut sangat cocok untuk berkendara harian.

Jangan menggunakan tapak kecil, karena ban tipe tersebut walaupun lebih lincah untuk manuver, ban seperti itu gampang terpeleset, terpelanting bahkan rawan pecah ban.

Pilih Jenis Ban yang Tepat : Basah atau Kering

Banyak yang kurang paham dan mengerti, bahwa setiap akan membeli ban setiap produsen ban memiliki 2 jenis ban, yaitu basah dan kering. Jika ingin melihat karakter iklim di Indonesia yang tropis dengan dua musim. Alangkah baiknya untuk memakai jenis ban basah yang memiliki daya cengkram yang tinggi saat hujan mengguyur dan jalan banyak genangan air. Serta kerekatan ban masih lengket walaupun jalan dalam keadaan kering.

Baca juga: Sebelum Mengganti Ban Motor, Cek Hal Penting Ini!

Memilih Ban Motor perhatikan profil uliran

Tentukan Motif dan Profil Ukiran Ban

Motif ukiran ban sangat berkaitan dengan kinerja ban saat melinasi berbagai karakter jalanan, baik basah ataupun kering. Pengendara motor untuk kegunaan harian, baiknya menggunakan ban dengan motif atau profil ukiran searah. Pada umumnya pabrikan mengukir ban produk mereka dengan ulir searah yaitu miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan agar ban mampu menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mampu mencengkeram permukaan jalan, sehingga motor tetap stabil dan kendaraan tidak kehilangan kendali.

Itulah beberapa tips saat akan membeli dan memilih ban sepeda motor untuk dikenakan harian. Hati-hati dalam berkendara.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aksesoris

“Jangan Asal gagah tapi tidak nyaman dan mengganggu handling saat berkendara, salah pilih ban bisa fatal,” tegas Head of Safety Riding Promotion, Agus Sani....

Berita Otomotif

Jangan sembarangan memilih ban untuk Honda BeAT, dimana ada 5 rekomendasi terbaik. Autos.id – Ban sepeda motor merupakan salah satu komponen utama yang sangat...

Tips

Bukan hanya karena terkena benda tajam, ban motor bisa bocor pada bagian pentil. Autos.id – Kebocoran pada bagian pentil ban biasanya disebabkan oleh ban...

Tips

Autos.id – Sejumlah komponen sepeda motor mengalami kenaikan harga sejak awal 2023. Terlebih lagi saat menjelang lebaran idul fitri. Seperti di ketahui, kenaikan harga...

error: Content is protected !!