Reviews

Review All New Honda CR-V Turbo – 7 Penumpang Plus Turbo !

Beberapa waktu lalu Autos.id mendapat kesempatan untuk melakukan review All New Honda CR-V Turbo. Apa saja potensi dan kelemahannya yang wajib Kawan Autos ketahui? Berikut ulasannya.

Jakarta, Autos.id – All New Honda CR-V Turbo. Begitu nama yang diberikan PT Honda Prospect Motor (HPM) terhadap SUV andalan mereka ini. Karena statusnya yang “All New” maka sudah barang tentu semuanya baru.

Melalui unit peminjaman yang diberikan pihak HPM beberapa waktu lalu, kami pun berhasil mengupas sedikit tentang All New CR-V ini dibanding pendahulunya. Mungkin review All New Honda CR-V Turbo yang kami lakukan kali ini cuma mengulas secara umum dari mobil tersebut. Namun setidaknya bisa jadi perbandingan untuk kalian Kawan Autos yang tengah berminat menimang model ini.

Apa saja potensi yang diberikan CR-V Turbo dan kekurangannya yang harus Kawan Autos pahami? Berikut hasil review All New Honda CR-V Turbo :

Review All New Honda CR-V Turbo

Tampilannya Berubah Total

Eksterior
Semuanya baru! Dua kata itulah yang menggambarkan tentang sosok All New CR-V ini dibanding model sebelumnya. Bagian depan misalnya, dia pakai lampu utama baru yang sudah full LED. Lampu ini kemudian terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL) demi standar keselamatan lalu lintas global. Kemudian bumper depannya juga baru yang ditanamkan foglamp, juga dengan tipe LED.

Review All New Honda CR-V Turbo

Lampu Depan Full LED

Grilnya juga baru, lebih tegas dibanding CR-V sebelumnya. Lalu lekuk-lekuk kap mesin juga anyar. Tidak terlalu kaku atau kasar, namuan tetap stylish. Kemudian pelek depan dan belakang juga baru desainnya. Lebih modern tapi juga kesan tegasnya dapet. Di belakang lampu rem, sein dan lampu mundur bentuknya juga baru. Jauh terlihat lebih modern dibanding sebelumnya yang hanya horizontal.

Review All New Honda CR-V Turbo

Tampak Belakang

Antara lampu ini dihubungkan dengan chrome garnish yang juga menyatu dengan logo “H” khas Honda. Kemudian bagian kiri ada emblem CR-V dan di kanan emblem “Prestige” yang menjadi identitas tipe unit review All New Honda CR-V Turbo yang dipinjamkan ini adalah tipe Prestige. Selanjutnya ada juga emblem “VTEC Turbo” yang menjadi identitas teknologi mesin dari CR-V terbaru ini.

Review All New Honda CR-V Turbo

Ruang Kabin Depan Ada Aksen Kayu

Interior
Perubahan yang ekstrim juga berlaku untuk bagian interior. Ruang kabin model ini terlihat lebih elegan tapi juga sedikit menonjolkan kesan sportinya. Layout dashboard terlihat futuristik tapi juga mewah. Untuk sisi kokpit sedikit banyak seperti kepunyaan Civic Turbo.

Hal ini terlihat dari lingkar kemudi, panel instrument, serta posisi tuas transmisi dan tombol-tombol disekitarnya. Bedanya, jika Civic Turbo tuas transmisi ada sedikit dibagian bawah, maka di CR-V turbo, posisinya sedikit naik.

Kemudian hal lainnya adalah keberadaan aksen kayu yang menempel pada dashboard, doortrim, konsol tengah, dan doortrim penumpang baris kedua. Selanjutnya, hal mencolok dibanding CR-V sebelumnya adalah model ini menjadi CR-V pertama yang memakai kombinasi jok tiga baris. Artinya mobil ini seakan mampu mengakomodasi tujuh penumpang.

Review All New Honda CR-V Turbo

Panjangnya 4,5 meter Lebih

Dimensi
Review All New Honda CR-V Turbo yang kami lakukan adalah tipe Prestige. Panjangnya 4.584 mm, lebar 1.855mm, tinggi 1.679mm, dan punya jarak sumbu roda 2.660mm. Selain tipe Prestige ada juga CR-V 1.5 Turbo, dan CR-V 2.0L. Dimensi ketiganya sama.

Yang membedakan hanya ukuran ban. Untuk tipe Prestige menggunakan roda 235/60 R18, sementara CR-V 1.5L Turbo dan CR-V 2.0L bannya 235/65 R18. Walau sama-sama pakai pelek ring 18, namun model peleknya berbeda antara ketiganya. Ban ini dipadankan dengan suspensi jenis MacPherson Strut di depan dan Multi-Link untuk bagian belakang.

Review All New Honda CR-V Turbo

Mesin Turbo 1.5-liter

Mesin
CR-V Turbo Prestige menggunakan mesin 1.5L DOHC 4 silinder segaris VTEC dengan tambahan Turbo dan Drive By Wire. Mesin yang sama juga dipakai untuk varian CR-V 1.5L Turbo. Namun untuk yang tipe CR-V 2.0L mesinnya memakai 2.0 L SOHC 4 silinder segaris i-VTEC dengan Drive By Wire.

Kalau diperhatikan, mesin pada unit review All New Honda CR-V Turbo Prestige yang kami gunakan sama spesifikasinya dengan All New Civic Turbo. Namun ternyata keluaran tenaganya tak serupa. CR-V Turbo punya tenaga maksimum 190 hp pada 5.600 rpm, sementara Civic Turbo 173 hp pada 5.500 rpm. Torsinya pun berbeda, CR-V Turbo 240 Nm pada 2.000-5.000 rpm. Sedangkan Civic Turbo 220 Nm di 1.700-5.500 rpm.

Review All New Honda CRV Turbo

Perbandingan Spesifikasi Mesin Civic Turbo dan CRV Turbo

Perihal sensasi mengemudi, kami mendapati “perasaan” yang masih mirip dengan CR-V sebelumnya. Yakni sebuah SUV lembut ala Honda. Suspensinya bekerja baik unduk meredam getaran dan guncangan, terutama saat melewati polisi tidur atau jalan yang kurang rata. Radius putar dari kendaraan ini juga tak terlalu lebar meski dimensinya lebih dari 4,5 meter. Sehingga untuk berputar pun tidak terlalu kerepotan.

Dua muffler pada bagian bawah bumper belakang menjadi penyumbang sensasi berkendara sporti ala CR-V Turbo. Kami begitu menyukai letupan suaranya saat pedal gas diinjak penuh untuk melakukan kick down. Putaran mesin jadi lebih agresif melalui transmisi Earth Dreams Technology yang dipakainya. Kalau merasa kurang agresif, tinggal geser tuas transmisi ke posisi “S” dan mainkan Paddle Shift untuk merasakan sensasi engine brake menggunakan pengaturan posisi gigi secara menual menggunakan ruas jari tangan.

Review All New Honda CR-V Turbo

Jok Baris Kedua

Fitur
karena unit yang kami coba merupakan varian paling mahal, sudah tentu fiturnya adalah yang terlengkap. Mulai dari Smart Key, Start Stop Engine Button, Paddle Shift, jok elektrik dibagian depan, AC digital dengan dual zone dan auto climate control, digital panel instrument, sampai cup holder yang cukup banyak.

Itu untuk pengemudi dan penumpang depan, kalau untuk penumpang belakang ada Panoramic Roof, jok baris kedua yang bisa dimaju mundurkan, ISOFIX untuk setiap jok belakang, jok penumpang baris ketiga, serta rear AC untuk kenyamanan suhu penumpang belakang.

Review All New Honda CR-V Turbo

Jok Baris Ketiga Sempit untuk Orang Dewasa

Sementara demi keselamatan, juga sudah lengkap, seperti Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, sabuk pengaman di setiap kursi, Hill Start Assist, ABS, EBD, Kamera mundur, serta Emergency Stop Signal yang bsia membuat lampu belakang berkedip saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Spesifikasi All New Honda CR-V Turbo

Tabel Spesifikasi All New Honda CR-V
Spesifikasi CR-V 2.0L CR-V 1.5L Turbo CR-V 1.5L Turbo Prestige
Dimensi
Panjang (mm) 4584
Lebar (mm) 1855
Tinggi (mm) 1679
Jarak Sumbu Roda (mm) 2606
Kapasitas Tangki BBM (liter) 35
Mesin
Tipe 4 Silinder SOHC i-VTEC + DBW 4 silinder DOHC VTEC Turbo + DBW
Kapasitas (cc) 1.997 1.498
Tenaga maksimum (hp/rpm) 154 / 6500 190 / 5600
Torsi Maksimum (nm/rpm) 189 / 4300 240 / 2000 – 5000
Jenis Bahan Bakar Gasoline Tanpa Timbal
Transmisi
Tipe CVT with Earth Dreams Technology
Sasis
Sistem Penggerak Penggerak Roda Belakang
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi Link
Rem Depan Ventilated Disk Brake
Rem Belakang Disk Brake
Ukuran Ban 235/65 R18 235/60 R18
Tipe Velg Velg Alloy
Fitur
Airbag Pengemudi v v v
Airbag Penumpang Depan v v v
Side Airbag v
Curtain Airbag v
Seatbelt Pengemudi v v v
Seatbelt Penumpang Depan v v v
Seatbelt Penumpang Belakang v v v
ISOFIX v v v
Immobilizer v v v
Keyless Entry v v v
One Push Ignition System v v v
EPS v v v
ABS v v v
EBD v v v
VSA v v v
Emergency Stop Signal v v v
Parking Kamera v v v
HSA v v v

Harga All New Honda CR-V

Daftar Harga All New Honda CR-V
All New CR-V 2.0L Rp 432.000.000
All New CR-V 1.5L Turbo Rp 466.000.000
All New CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp 506.000.000
Comments
To Top