Reviews

Review New Mitsubishi Mirage – Mahal Sih Tapi…

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Review New Mitsubishi Mirage yang telah kami lakukan sebelumnya mengambil kesimpulan jika city car ini nyaman digunakan, praktis, serta memiliki beberapa fitur unggulan.

Jakarta, Autos.id – Bagi para people mover di kota besar, sebuah kendaraan yang praktis, lincah, serta nyaman, adalah sesuatu yang wajib. Mungkin kendaraan bukan lagi kebutuhan tersier, tapi jadi kebutuhan primer untuk mendukung aktifitas harian.

Nah, biasanya yang masuk kategori mobil praktis, lincah, serta nyaman digunakan sehari-hari adalah jenis city car. Dimensi yang kompak, punya karakter gesit untuk bermanuver, tapi tetap nyaman, dan yang penting hemat bahan bakar.

Salah satu city car yang pantas Kawan Autos lirik adalah Mirage. Mobil mungil keluaran Mitsubishi ini punya sifat-sifat yang sudah kami sebutkan tadi. Dan beberapa waktu lalu, Autos.id berhasil melakukan review New Mitsubishi Mirage. Apa aja potensi serta kekurangan dari mobil ini? Berikut rangkuman hasil review New Mitsubishi Mirage yang telah kami lakukan.

review New Mitsubishi Mirage

Parasnya Lebih Sporty

Eksterior
New Mirage merupakan facelift pertama dari Mitsubishi Mirage. Karena cuma berupa minor change, maka tidak terlalu banyak yang dirombak oleh Mitsubishi terhadap citycar andalannya itu. Hanya sebatas pada ornamen-ornamen besar dan tambahan aksen di beberapa sisi.

Paling kental adalah berubahnya desain gril depan yang tadinya berupa garis lurus horizontal menjadi beraksen kotak-kotak. Sepintas mirip bentuk gril model-model lain Mitsubishi, seperti Outlander Sport. Sehingga kesan sportinya terangkat dibanding Mirage sebelumnya.

review New Mitsubishi Mirage

Bumper Belakang Ada Sensor Parkir

Masih dibagian depan, bentuk bumper juga berubah, dan sekarang ada ornamen chrome garnish berbentuk seperti cabang yang juga menguatkan kesan sporti. Perubahan lain terlihat dari model pelek yang dipakai, serta bumper belakang. Walau lampu belakang masih seperti Mirage sebelumnya tapi bagian bumper sudah menggunakan reflektor baru dan tersemat sensor parkir.

review New Mitsubishi Mirage

Setir Lebih Modern

Interior
Perubahan juga ada di beberapa titik bagian interior. Contohnya bentuk setir yang kalau dibandingkan Mirage sebelumnya maka terlihat berebda. Nah disetir ini ada aksen black piano yang membuatnya terlihat sedikit mewah. Kemudian di bagian kiri setir juga sudah ada audio control switch.

Panel meter cluster juga baru yang sekarnag ada tambahan MID alias Multi Information Display. Pada MID ini terpampang informasi jarak tempuh, kapasitas BBM di dalam tangki, kecepatan rata-rata, konsumsi BBM, serta berapa jarak yang bisa ditempuh dengan kondisi takaran BBM yang ada dalam tangki tersebut.

review New Mitsubishi Mirage

Jok Dua Warna

Lanjut ke bagian lain, hal berbeda dalam ruang kabin yang kami temui manakala melakukan review New Mitsubishi Mirage adalah pelapis joknya. Semua jok kini sudah menggunakan pelapis dengan dua kombinasi warna. Hitam dan krem yang terlihat sedikit lebih mewah dibanding hanya pakai satu warna. Jok belakang dari mobil ini juga bisa ditekuk 60:40 untuk mendapat ruang bagasi yang lebih lapang.

review New Mitsubishi Mirage

Kompak dan Praktis

Dimensi
Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, kalau Mirage merupakan city car yang punya ukuran kompak. Panjangnya 3.795 mm, lebarnya 1.665 mm, dan tingginya 1.510 mm. Selain dimensinya yang mungil, mobil ini juga punya radius putar terkecil di kelasnya, yaitu cuma 4,4 meter. Kami pun merasakan bagaimana New Mirage tidak kesulitan ketika diajak untuk berputar di dalam komplek perumahan. Hanya dengan sekali putaran setir, maka mobil sudah bsia berbalik arah, tanpa perlu maju mundur lagi.

Nah kemudian jarak sumbu rodanya, New Mirage punya wheelbase 2.450 mm. Untuk pengemudi dan penumpang depan, maka dia punya ruang kaki yang cukup lapang. Sementara ruang belakang tidak terlalu istimewa memang, tapi cukup sebagai mobil perkotaan. Toh, mobil ini sepertinya lebih banyak dipakai sendiri untuk aktifitas harian, atau setidaknya cocok dipakai bagi keluarga kecil dnegan dua anak yang masih balita. Jadi ruang belakang memang tak terlalu butuh space besar.

review New Mitsubishi Mirage

Mesin 1200 cc 3 Silinder

Mesin
New Mirage menggunakan mesin 1.2-liter 3 silinder DOHC MIVEC. Mesin ini berkekuatan 7,5 hp pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm di 4.000 rpm. Saat melakukan review New Mitsubishi Mirage, maki mendapat feel kenyamanan yang cukup baik.

Tenaganya memang tidak buas, tapi tersalur lembut berkat transmisi model CVT yang digunakannya. Dan ini justru berimbas baik bagi pengendaraan New Mirage. Bagi Kawan Autos yang wanita atau ibu-ibu muda yang kerap mengantar anak ke sekolah, maka tidak akan kesulitan untuk mengendalikan mobil ini.

Kemudian suspensi tipe MacPherson with Coil Spring di depan dan Torsion Beam with Coil Spring di belakang juga masih cukup nyaman. Meski demikian, saat mobil diisi 4 orang dewasa dan melewati polisi tidur atau speed bumps, maka suspensi mentok dengan bodi. Selebihnya aman…

review New Mitsubishi Mirage

Ada Start Stop Engine Button

Fitur
Walau masuk genre city car, ternyata ada banyak fitur premium di mobil ini. Contohnya saja kunci model smart entry. Artinya kalian Kawan Autos tak butuh menekan tombol Unlock di kunci mobil ini. Tapi cukup kantongi anak kunci, dan pencet tombol hitam di samping handle pintu pengemudi, maka otomatis kunci akan terbuka.

Kemudian, karena kunci ini juga jenis smart key, maka Kalian tinggal menekan pedal rem lalu pencet tombol Start Stop engine, maka mesin akan langsung bekerja. Suara mesin memang sedikit kasar, mungkin akibat karakter mesin 3 silindernya. Namun ketika semua pintu tertutup dan kaca jendela juga tertutup, maka suara itu menghilang. Sistem peredaman kabin di mobil ini terbilang baik untuk ukuran city car.

Fitur selanjutnya yang juga ada di mobil ini adalah ECO indicator. Tandanya ada logo ECO pada panel meter instrument yang akan memberi indikasi kalau gaya mengemudi Anda termasuk efisien dalam pemakaian bahan bakar. Dan saat dilakukan pengujian bersama Lembaga Teknologi Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada November 2016 lalu, New Mirage transmisi manual konsumsi BBM-nya tembus 28,72 km/liter. Sednagkan untuk varian transmisi otomatis konsumsi BBM 24,95 km/liter.

Spesifikasi

Tabel Spesifikasi New Mitsubishi Mirage
Spesifikasi Exceed GLS GLX
Dimensi
Panjang (mm) 3795
Lebar (mm) 1665
Tinggi (mm) 1510
Jarak Sumbu Roda (mm) 2450
Jakak ke Tanah (mm) 160
Kapasitas Tangki BBM (liter) 35
Mesin
Tipe 12-liter 12 valve 3 silinder DOHC MIVEC
Kapasitas (cc) 1.193
Tenaga maksimum (hp/rpm) 77.5 / 6000
Torsi Maksimum (nm/rpm) 100 / 4000
Jenis Bahan Bakar Gasoline Tanpa Timbal
Transmisi
Tipe Automatic CVT
Sasis
Sistem Penggerak Penggerak Roda Depan
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disk Brake
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 175/55 R15 165/65 R14
Tipe Velg Velg Alloy
Fitur
Airbag Pengemudi v
Airbag Penumpang Depan v
Seatbelt Pengemudi v v v
Seatbelt Penumpang Depan v v v
Seatbelt Penumpang Belakang v v v
ISOFIX v v v
Keyless Entry v
Start Stop Engine Button v
Immobilizer v
ABS v
EBD v
Sensor Parkir v

Harga

Daftar Harga New Mitsubishi Mirage
New Mitsubishi Mirage Exceed Rp 197.500.000
New Mitsubishi Mirage GLS Rp 185.000.000
New Mitsubishi Mirage GLX Rp 173.000.000
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top