Reviews

Review Hyundai Tucson CRDi – Mana yang Benar, Taksen, Tukson, apa Tuson… ?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Review Hyundai Tucson CRDi kali ini begitu meninggalkan kesan yang istimewa bagi Autos.id, lantaran desain yang menawan dipadu tenaga buasnya.

Jakarta, Autos.id – Sekitar 10 tahun lalu mungkin banyak yang memandang sebelah mata sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) dari Hyundai. Satu diantaranya Hyundai Tucson. Tapi kini, boleh jadi Tucson akan membuat banyak mata melirik kepadanya.

Sosok All New Tucson memang terlihat benar-benar menggoda. Kemunculannya pada Maret 2017 diringi sodoran varian mesin diesel CRDi, membuat Tucson makin menggoda. Layaknya pria metroseksual, dia tampan, atletis, bertenaga, tapi juga rapih dan stylish.

“Kemunculannya pada Maret 2017 diringi sodoran varian mesin diesel CRDi, membuat Tucson makin menggoda. Layaknya pria metroseksual, dia tampan, atletis, bertenaga, tapi juga rapih dan stylis”

Kami pun begitu antusias ketika melakukan review Hyundai Tucson CRDi ini beberapa waktu lalu. Setelah proses serah teruma unit tes dari PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), berikut beberapa rangkuman hasil review Hyundai Tucson CRDi dari tim Autos.id, tapi jangan salah sebut nama mobil ini ya… Bukan Tuksan, Tukson, atau yang lainnya.

Review Hyundai Tucson CRDi

Parasnya Menawan

Eksterior
Seperti yang sudah kami singgung di paragraf-paragraf awal, All New Tucson layaknya seorang pria metroseksoal. dia tampan, atletis, rapih dan stylish. Paras depannya terlihat kekar dengan gril yang tegas, namun tidak berubah jadi garang lantaran ada headlamp model projektor dengan HID baru yang modelnya cukup stylish.

Bumper depannya juga terlihat lebih besar dibanding Tucson sebelumnya, bahkan kalau bisa dibilang, All New Tucson sudah sedikit mirip dengan Santa Fe terbaru. Kesan modern terlihat berkat imbuhan LED Daytime Running Light (DRL) dibagian bawah foglamp.

Lanjut ke bagian lain ada pelek 17 inci dengan desain baru yang juga terlihat stylish. Selanjutnya lekuk bagian belakang juga masih terlihat maskulin namun tidak sangar. Desain ala mobil-mboil Eropa memang begitu kuat pada Tucson terbaru ini, baik pada bagian depan maupun belakang.

Review Hyundai Tucson CRDi

Dashboard Mewah

Interior
Meski Tucson diposisikan di bawah Santa Fe, namun sepertinya kami melihat banyak kemiripan dengan Santa Fe. Jadi boleh dibilang, ini adalah Santa Fe versi murah.

Kesan mewah tercipta berkat lingkar kemudi dan seluruh joknya yang dibalut kulit. Meski material dashboard masih terbuat dari plastik, namun layout yang ditampilkan terliah mewah. Panel instrumennya juga begitu mudah terbaca baik disiang maupun malam hari.

Dibagian tengah dashboard ada monitor layar sentuh 8 inci untuk mengoperasikan CD, DVD, Radio, GPS, MP3 dan Bluetooth. Walau belum dibekali fasilitas Mirroring dengan menggunakan Apple Car Play atau Android Auto, tapi headunit ini sudah bisa menyediakan fitur GPS Navigation tanpa perlu terkoneksi dengan ponsel.

Review Hyundai Tucson CRDi

Kamera 360

Dimensi
Ukuran Tucson kini sedikti melar dibanding sebelumnya. Dia punya panjang 4.475 mm, lebar 1.850, dan tinggi 1.645 mm. Jarak antara roda depan dan roda belakang 2.670 mm, ini berhasil menciptakan ruang kabin yang lapang. Terutama di bagian baris kedua, ketika kami melakukan review Hyundai Tucson CRDi ini, legroom maupun headroom masih tersisa sangat jauh.

Ground clearance All New Tucson memang tinggi, yaitu 172 mm. Ini sudah cukup untuk membawa mobil ini ke medan-medan perbukitan untuk sekedar pelesir bersama keluarga di akhir pekan. Menggunakan roda ukuran 225/60 R17, Hyundai melengkapi Tucson ini dengan suspensi tipe Mac Pherson with RollBar pada sektor depan. Sementara itu, untuk bagian belakangnya disematkan suspensi tipe Multi link. Seluruh teknologi suspensi tersebut akan menggunakan Shock Absorber tipe gas.

Review Hyundai Tucson CRDi

Kaki-Kaki Cukup Tinggi

Mesin
Inilah bagian lainnya dismaping tampilan All New Tucson yang kami suka. Selain varian yang menggunakan mesin bensin NU 2.0 MPI 4 silinder dan 16 katup, tipe Tucson yang kami review adalah model yang bermesin 2.0 CRDi turbo diesel dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT).

Kalau mesin bensinnya mampu memproduksi daya 157 Hp pada 6.200 rpm, maka untuk varian diesel ini tenaganya menyentuh 178 hp dengan torsi 400 Nm mulai dari 1750 rpm. Kenaikan tenaga yang lebih dari 10% ini tentu menimbulkan kenikmatan berkendara yang luar biasa. Terlebih lagi, tenaga sebesar ini dibungkus oleh bodi yang berukuran cukup ringkas. Jika kita membandingkan tenaga dari All New Tucson, rasanya hampir mirip dengan SUV big size lain seperti Pajero Sport Dakar.

Review Hyundai Tucson CRDi

Mesin Buas

Tidak butuh menginjak pedal gas terlalu depan untuk membuat tenaga besar dari All New Tucson CRDi keluar. Yang disayangkan dari mobil ini hanya sistem penggeraknya yang berupa front wheel drive, serta absennya fitur paddle shift dan cruise control. Padahal harga yang ditawarkan dari HMI sudah terbilang cukup tinggi.

Meski demikian kami tetap menyarankan kendaraan ini Anda pilih untuk keluarga. Berdasarkan hasil review Hyundai Tucson CRDi yang telah kami lalukan, pengendalian mobil ini cukup baik. Tidak terlalu limbung saat menikung, dan masih sangat nyaman ketika harus menemui kontur jalan yang kurang bersahabat.

Review Hyundai Tucson CRDi

Panoramic Roof

Fitur
Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Hyundai untuk Tucson terbaru. Mulai dari mesin dnegan teknologi VGT, transmisi dengan shifttronic, untuk menaikkan dan menurunkan posisi gigi secara manual tanpa bantuan pedal kopling, Drive Mode, sampai panoramic roof yang semuanya demi kenikmatan mengendarai All New Tucson.

Sampai disitu saja? tentu tidak! Sistem hiburannya sudah berupa panel layar sentuh 8 inci dengan menu-menu yang cukup lengkap. Ketersedian GPS Navigation, serta adanya Eagle’s Eye View yang memungkinkan kita memantau kondisi sekeliling mobil sebesar 360 derajat. Fitur ini menggunakan kamera tambahan yang diletakkan di bagian gril depan, di kedua spion luar, dan di handel pintu bagasi belakang. Fitur ini sangat membantu ketika parkir atau masuk ke jalan yang cukup sempit.

Untuk membantu keamanan pengemudi dan penumpang di dalamnya, ada DRL di bumper depan, Dual Airbags, Seat belt with Pretensioner Load Limiter, ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), AHSS (Advance High Strength Steels), hingga headlamp with autoleveling.

Review Hyundai Tucson CRDi

Harganya Hampir Rp 500 Juta

Spesifikasi Review Hyundai Tucson CRDi

Tabel Spesifikasi All New Hyundai Tucson
Spesifikasi GLS Gasoline XG CRDi
Dimensi
Panjang (mm) 4475 3636
Lebar (mm) 1850 1595
Tinggi (mm) 1651 1476
Jarak Sumbu Roda (mm) 2670 1418
Jakak ke Tanah (mm) 173 172
Kapasitas Tangki BBM (liter) 62 32
Mesin
Tipe 4 silinder MPI D-CVVT 4 silinder Diesel Turbo CRDi
Kapasitas (cc) 1995 1995
Tenaga maksimum (hp/rpm) 157 / 6200 178 / 4000
Torsi Maksimum (nm/rpm) 196 / 4.000 400 / 1.750 – 2.750
Jenis Bahan Bakar Gasoline Tanpa Timbal Diesel
Transmisi
Tipe Automatic Shiftronic 6 percepatan
Sasis
Sistem Penggerak Penggerak Roda Depan
Suspensi Depan MacPherson Strut with Anti Rollbar
Suspensi Belakang Multi Link
Rem Depan Ventilated Disk Brake
Rem Belakang Disk Brake
Ukuran Ban 225 /60 R17
Tipe Velg Velg Alloy
Fitur
Airbag Pengemudi v v
Airbag Penumpang Depan v v
Side Airbag v v
Curtain Airbag v v
Seatbelt Pengemudi v v
Seatbelt Penumpang Depan v v
Seatbelt Penumpang Belakang v v
ISOFIX v v
Keyless Entry v v
ABS v v
EBD v v
AHSS v v

Harga Review Hyundai Tucson

Daftar Harga All New Hyundai Tucson
All New Hyundai Tucson GLS Gasoline Rp 385,000,000
All New Hyundai Tucson XG CRDi Rp 458,000,000
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top