Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Sejarah Aliran Modifikasi Japstyle

Motor Japstyle

Last updated on 2 November, 2021

Bermula karena terinspirasi style modif motor di Negeri Paman Sam dan Darata Eropa, maka Jepang menemukan style modif mereka sendiri. Namanya modifikasi Japstyle.

Autos.id  –  Modifikasi Japstyle merupakan aliran modifikasi sepeda motor yang berasal dari negeri Sakura, yang mana penamaan Japstyle sendiri merupakan kependekan dari Japannese Style.

Modifikasi aliran Japstyle sebenarnya sudah mulai eksis medio tahun 1980-an.  Hanya saja pada tahun itu builder modif motor di Jepang tidak terlalu menganggap atau tidak menamakan hasil karya modifnya dengan Japstyle. Apalagi saat itu belum ada acuan baku tentang gaya modifikasi motor tersebut.

Japstyle

Baca juga: Kenalkan ! 6 Aliran Modifikasi Motor

Baru mulai awal 1990-an, berdiri sebuah bengkel khusus modifmotor di distrik Shibuya, Tokyo, yang bernama Brat. Bengkel tersebut secara khusus memermak sepeda motor pada saat itu mengikuti style motor yang kondang di Negeri Paman Sam atau daratan Eropa, semisal motor flat tracker, cafe racer, scrambler.

Masyarakat Jepang menganut kebanggaan akan budayanya yang sangat menjunjung tinggi harga diri, mereka tidak mau disebut menjiplak style modifikasi dari luar.  Karenanya owner rumah modifikasi Brat memunculkan istilah Brat Style, yang berarti hasil modifikasi bengkel Brat. Dengan mengusung aliran yang tergolong baru di Jepang, banyak rumah modifikasi mengikuti pakem ala bengkel Brat tersebut.

Baca juga: Honda Megapro Primus, Motor Legendaris Yang Sering Di Kustom

modifikasi Japstyle

Japstyle sendiri masuk di Indonesia pada tahun 2004 oleh seorang anak muda asal Bandung, Jawa Barat. Lewat majalah yang dibawa saat pulang dari Jepang, Franky Morry Astorianto memulai bengkel modifikasi Yasashi Garage bersama tiga builder lainnya. Mereka mulai memperkenalkan alisan Japstyle tersebut dengan memodifikasi tunggangan masing-masing sehingga terbentuk sebuah komunitas yang bernama “Street Demon”.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Modifikasi

Last updated on 21 Januari, 2024 Di awal tahun 2024, ada berbagai inspirasi gaya modifikasi bagi para pecinta modifikasi motor. Apa sajakah itu? Autos.id...

Modifikasi

Last updated on 5 Agustus, 2023 Mungkin masih banyak yang bingung tentang motor herex, dan artikel ini akan membahasnya. Autos.id – Aliran modifikasi motor...

Modifikasi

Last updated on 5 Agustus, 2023 Ada banyak jenis atau aliran modifikasi motor, di mana salah satu yang paling klasik adalah motor “Bobber”. Autos.id...

Motor

Autos.id – Bagi pencinta motor, modifikasi tampilan motor agar lebih menarik bisa dibilang menjadi hobi. Salah satu cara untuk menyalurkannya adalah mengubah tampilan dengan...

error: Content is protected !!