Tips

Tips Beli Toyota Calya Bekas : Perhatikan 7 Hal Ini

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tips beli Toyota Calya bekas berguna untuk Kawan Autos yang sedang mencari LCGC 7 penumpang tersebut dalam kondisi bekas pakai namun masih sangat prima.

Jakarta, Autos.id – Toyota Calya pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2016 lalu. Meski baru berumur setahun, kembaran Daihatsu Sigra ini sudah ada dibursa-bursa mobil bekas.

Kondisi Calya yang sudah ada mobil bekasnya tentu membantu Kawan Autos yang berminat dengan mobil tujuh penumpang itu. Daripada beli barunya, Kawan Autos bisa menghemat beberapa puluh juta untuk ambil yang kondisi bekas pakai.

Namun meski baru seumur jagung, tetap ada hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil ini. Berikut beberapa tips beli Toyota Calya bekas untuk mendapatkan kondisi yang terbaik :

“Namun meski baru seumur jagung, tetap ada hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil ini. Berikut beberapa tips beli Toyota Calya bekas untuk mendapatkan kondisi yang terbaik”

1. Eksterior
Sama ketika membeli mobil bekas lain, yang perlu diperhatikan pertama kali adalah kondisi eksterior. Pastikan tidak ada tanda-tanda mobil pernah mengalami tabrakan hebat. Usia yang baru satu tahun sudah wajib Anda mendapatkan unit Calya bekas yang belum mengalami pengecatan ulang. Karenanya pastikan warna eksterior dari setiap sisi seragam.

Tips Membeli Toyota Calya Bekas

2. Interior
Dengan umur yang terbilang gres, tips beli Toyota Calya bekas yang juga wajib terpenuhi adalah kondisi interior dalam keadaan prima. Jangan mau terima kalau dashboard atau pelapis jok sudah retak-retak atau robek. Jangan juga terima kalau kondisi plafon sudah turun dan doortrim mengelupas.

Tips Membeli Toyota Calya Bekas

3. Mesin
Usia pakai yang baru melangkah satu tahun, sejatinya pemilik Calya masih melakukan servis berkala di bengkel resmi. Karenanya pastikan servis record dari pemilik sebelumnya tersedia beruba bukti lembaran-lembaran servis dari bengkel resmi. Selain itu tanyakan juga pemilik sebelumnya akan jenis bahan bakar yang digunakan. Calya direkomendasikan untuk menggunakan BBM RON 92 ke atas. Artinya mobil ini minimum diperbolehkan minim Pertamax Series. Jika ternyata hanya diisi Premium, maka kahawatir ada sensor-sensor sistem Dual VVTi di mesin yang yang cepat rusak.

Tips Membeli Toyota Calya Bekas

4. Tangki BBM
Masih dari seputar bahan bakar, cek kondisi tangki BBM. Tips beli Toyota Calya bekas ini kami berikan karena ternyata tangki BBM dari Calya rawan kebocoran. Kondisi tersebut tercetus lantaran tangki dibuat menggunakan bahan plastik yang rawan terbentur benda lain di jalan terutama saat mobil diisi penuh hingga 7 orang dewasa. Untuk memastikan kondisi tangki BBM ini, jika Anda kurang paham posisinya bisa bawa mekanik yang Anda percaya.

Tips Membeli Toyota Calya Bekas

5. Suspensi
Sudha jadi rahasia umum kalau suspensi belakang Calya ataupun saudar akembarnya, Sigra, akan ambles saat diisi 7 penumpang dewasa. Kalau pemilik sebelumnya sering melakukan hal tersbeut, maka suspensi akan lebih cepat rusak. Karenanya cek kinerja suspensi dengan cara melakukan tes jalan. rasakan apakah suspensi masih bisa memberikan bantalan yang lembut.

Tips Membeli Toyota Calya Bekas

6. Ban
Banyak pemilik Calya dan Sigra yang mengeluhkan kalau ban dari mobil ini mudah sekali pecah. Hal itu merupakan keluhan yang disampaikan oleh para pemilik mobil yang tergabung dalam komunitas Calya dan Sigra. Ban yang digunakan pada mobil ini adalah Bridgestone Ecopia Ep150. Ban dikatakan mudah robek saat dinding ban menyentuh trotoar atau benda lain di jalan. Daripada Anda berdebat ini kesalahan produsen ban atau bukan, lebih baik Anda bersiap-siap menyediakan dana lebih untuk membeli ban dengan tipe berbeda namun dengan ukuran yang direkomendasikan pabrikan.

Tips Membeli Toyota Calya Bekas

7. Harga
Pada kondisi baru, Toyota Calya dibanderol mulai dari Rp 135 juta untuk varian 1.2 E bertransmisi manual. Sedangkan varian tertinggi yakni tipe G transmisi otomatis, harga barunya Rp 152 juta. Jika Kawan Autos memperhatikan tips beli Toyota Calya bekas yang sudah kami sampaikan di atas, Anda akan menghemat hingga Rp 20 juta untuk mendapatkan mobil bekasnya namun dengan kondisi yang masih sangat prima. Hal itu lantaran untulk Calya tipe terendah tahun 2016 dibanderol mulai dari Rp 115 jutaan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top