Reviews

Review Suzuki Jimny 2017 : Sang Legendaris Hadir Lagi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Suzuki Jimny 2017 merupakan penerus dari Jimny yang pernah populer puluhan tahun lalu. Namun ada banyak sentuhan modern di SUV compact ini, dan di Indonesia, Jimny didatangkan langsung dari Jepang.

Jakarta, Autos.id – Kawan Autos… Siapa yang tak kenal dengan Jimny. SUV Compact Suzuki yang pernah tenar di era 1990-an. Namun bertepatan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus lalu, hadir Suzuki Jimny 2017.

Suzuki Jimny 2017 diklaim menawarkan kepraktisan sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) yang sudah lama terkenal akan durabilitasnya, namun kini dibalut sentuhan-sentuhan modern. Seiring perkembangan zaman dan teknologi industri otomotif. Oleh sebab itu, Autos.id kali ini akan membahas sedikit lebih dalam tentang Suzuki Jimny 2017.

Suzuki Jimny 2017

Eksterior
Masih seperti legenda Jimny puluhan tahun lalu, Suzuki Jimny 2017 masih memiliki ciri fisik desain boxy. Tapi seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, ada sentuhan modern pada mobil ini.

Bagian depan misalnya, kini Jimny mengaplikasikan gril model bilah-bilah horizontal yang terkesan lebih tegas. Kemudian lampu utama juga sudah menggunakan halogen. Lalu bumper depan juga terlihat lebih tegas dan menyatu dengan bodi, dan bumper ini ditanam juga lampu kabut berbentuk bulat.

Suzuki Jimny 2017

Tampak bagian sisi, Jimny sudah didesain dengan over fender yang membuatnya terlihat juga jauh lebih berotot. Bagian ini diselesaikan secara maksimal dengan lekuk bodi yang lebih tebal pada bagian bawah pintu. Bentuk spion luarnya juga lebih modern dibanding Jimny terdahulu, lalu bentuk kaca belakang juga kini lebih modern. Kemudian pada bagian atap, tak lupa ditambah roof rail sebagai indikator jika Jimny merupakan SUV sejati yang siap berpetualang.

Tampak belakang, Jimny masih menggunakan ban serep yang nangkring di pintu belakang. Kesan ban serep berkonde ini selalu jadi citarasa Jimny yang tak pernah hilang. Pada bagian pintu belakang juga terdapat emblem Jimny yang khas yang disepuh dengan finishing krom. Lampu belakangnya masih berupa bidang horizontal yang terlihat klasik, kemudian pada bumper belakang juga ada lampu reflektor. Dan pada kaca belakang bagian atas ditambah high mount stop lamp sebagai lampu stop tambahan bagi kendaraan lain di belakangnya.

Suzuki Jimny 2017

Interior
Kesan modern dari Suzuki Jimny 2017 jika melihat kilas balik Jimny sebelumnya tentu tak akan pernah bisa ditemukan. Dashboard Jimny 2017 kini sudah tampil modern, seperti layaknya mobil-mobil Suzuki lain seperti Swift, atau Baleno. Lingkar kemudinya juga sudah modern meski tidak ada audio steering control. Panel instrumennya memang masih didominasi analog, namun aksen-aksen silver membuatnya terlihat modern.

Lalu pada bagian tengah dashboard ada kisi-kisi AC dan sistem hiburan. Meski cuma berupa Radio, Tape, dan pemutar CD, namun ini tentu sudah jauh lebih modern dibanding Jimny puluhan tahun lalu. Kemudian dibawah perangkat hiburan ini juga disematkan knop-knop AC yang pengoperasiannya masih analog dengan diputar manual.

Suzuki Jimny 2017

Di bawah knop AC ada pengaturan sistem penggerak roda. Ada 2WD, 4WD, dan 4WD-L, 2WD tentunya untuk penggunaan di jalan aspal, 4WD untuk penggunaan off road ringan hingga medium, dan 4WD-L untuk offroad berat. Dan semuanya itu tinggal pencet tanpa perlu repot lagi. Kemudahan lainnya ada pada transmisi otomatis 4 percepatan. Mode transmisinya P, R, N, D, 3, 2, dan L. Mirip dengan transmisi mobil-mobil matik modern.

Sementara untuk joknya masih menggunakan bahan bermaterial fabric namun sudah diberi motif dasar yang terlihat lebih modern. Joknya bisa menampung hingga empat orang, namun kami sarankan terdiri atas 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Hal itu mengingat jok baris kedua sangat sempit untuk postur tubuh orang dewasa. Meski demikian jok baris kedua ini bisa dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi belakang yang lebih lapang.

Suzuki Jimny 2017

Dimensi
Suzuki Jimny 2017 memiliki panjang 3.695 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.705 mm, dan ground clearance 190 mm. Tidak terlalu kecil dan juga tidak terlampau besar. Bodi kompaknya tentu akan sangat nikmat dipakai dikendarai di perkotaan dangan kondisi lalu lintas yang padat.

Berat kendaraan ini mencapai 1.420 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar 40 liter. Belum teruji memang konsumsi bahan bakarnya. Tetapi setidaknya dengan kapasitas BBM sebanyak itu, tidak terlalu sering bagi Jimny 2017 untuk mampir ke pom bensin. Terlebih lagi ketika mobil ini harus dipakai menjelajah di hutan rimba atau mendaki perbukitan.

Ketika menemui medan-medan bebatuan, Suzuki sudah mempersiapkan Jimny 2017 dengan ban ukuran 20/70 yang memakai ukuran pelek 15 inci. Semua peleknya pakai model pelek kaleng dengan desain bolong-bolong lingkaran yang terlihat sangat klasik. Bannya memang belum jenis MT tapi kami yakini sudah layak untuk sekedar off road ringan.

Mesin
Jimny terbaru ini menggunakan mesin M13A 1.328 cc, mesin yang belum pernah dipakai untuk model Suzuki di Indonesia. Mesin ini dikalim sanggup meletupkan tenaga puncak 82 hp pada 5.500 rpm dengan torsi 110 Nm di 4.500 rpm. Mesin dengan 16 katup itu memiliki diameter x langkah 78.0 x 69.5

Mesin ini juga dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Tidak ada pilihan transmisi manual yang disediakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku distributor mobil Suzuki di Indonesia. Namun sistem kemudinya sudha memakai Electronic Power Steering (EPS) yang meringankan pengemudi untuk bermanuver.

Kaki-kakinya memakai suspensi model 3 link-rigid, coil spring with torsion bar di depan dan 3 link-rigid coil spring di belakang. Rem depan sudah pakai model cakram sementara rem roda belakang masih drum.

Suzuki Jimny 2017

Fitur
Suzuki sepertinya ingin menjadikan Jimny 2017 sebagai mobil offroad sejati. Karenanya fitur entertainment di mobil ini terbatas. Hanya Radio, Tape, dan CD Player. Namun pengemudi mendapatkan cukup banyak fitur penunjang pengendaraan. Misalnya transmisi model otomatik, EPS, Dual SRS Airbags, ABS (Anti-lock Brake System), safety belt dengan pretentioner dan force limiter, serta kunci dengan immobilizer.

Spesifikasi Suzuki Jimny 2017

Tabel Spesifikasi Suzuki Jimny 2017
Spesifikasi Jimny
Dimensi
Panjang (mm) 3695
Lebar (mm) 1600
Tinggi (mm) 1705
Jarak Sumbu Roda (mm) 2250
Kapasitas Tangki BBM (liter) 40
Mesin
Tipe 1.3-liter 4 silinder 16 katup Multi Point Injection
Kapasitas (cc) 1328
Tenaga maksimum (hp/rpm) 82 / 5,500
Torsi Maksimum (nm/rpm) 110 / 4,500
Jenis Bahan Bakar Gasoline Tanpa Timbal
Transmisi
Tipe 4 percepatan otomatis
Sasis
Sistem Penggerak Penggerak Roda Belakang
Suspensi Depan 3 Link-rigid, Coil Spring with Torsion Bar
Suspensi Belakang 3 Link-rigid Coil Spring
Rem Depan Disk Brake
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 205/70 R15
Tipe Velg Velg Steel
Fitur
Airbag Pengemudi v
Airbag Penumpang Depan v
Seatbelt Pengemudi v
Seatbelt Penumpang Depan v
Seatbelt Penumpang Belakang v
Immobilizer v
ABS v

Suzuki Jimny 2017

Harga Suzuki Jimny 2017

Daftar Harga Suzuki Jimny 2017
Suzuki Jimny 2017 AT Rp 285,000,000
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top