Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Daihatsu Jadi Perusahaan dengan R&D Center Terbesar di Indonesia

R&D Center Daihatsu

ADM kini resmi memiliki fasilitas R&D Center Daihatsu di Indonesia. Pusat penelitian ini meliputi Design Building dan Engineering Building serta Test Course 

Tangerang, Autos.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memiliki Pusat Penelitian & Pengembangan atau Research and Development Center (R&D Center) di Indonesia. R&D Center Daihatsu ini di bawah bimbingan pihak prinsipal, yaitu Daihatsu Motor Company (DMC), Jepang.

Fasilitas ini akan semakin mendukung pengembangan teknologi Daihatsu sekaligus menjadikannya manufaktur pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas R&D Center terbesar dan terlengkap di Indonesia.

R&D Center Daihatsu di Indonesia telah dibangun sejak tahun 2011 sebagai wujud komitmen Daihatsu dalam memajukan industri otomotif Tanah Air. Serta menyiapkan ADM sebagai product base Daihatsu di luar Jepang, sekaligus menjadi asset industri Nasional.

“Dengan pendampingan dari DMC, R&D Center Daihatsu di Indonesia akan terus melakukan pengembangan kompetensi kepada putera-puteri bangsa agar kelak memiliki kemampuan rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global”

R&D Center Daihatsu di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat ini meliputi Design Building dan Engineering Building serta Test Course dengan 24 macam kondisi jalan di Indonesia, 4 tipe tanjakan, test banjir dan lumpur dengan luas area total sebesar 25 Hektar (Ha).

R&D Center Daihatsu

Pada fasilitas Design Building, proses perancangan akan dilakukan dengan merujuk pada selera estetika pasar yang diinginkan konsumen, mulai dari tahap sketsa sampai pembuatan bahan clay (tanah liat) dengan skala 1 : 1. Setelah dilakukan scan secara digital, proses tersebut berpindah ke Engineering Building. Di sini,gambarkomponen dibuat dengan mempertimbangkan aspek kekuatan, aspek biaya dan produksi serta aspek terkait lainnya.

Ada juga fasilitas Test Course, sebagai validasi bahwa desain komponen atau kendaraan yang dihasilkan memenuhi standar kualitas Daihatsu. Fasilitas ini dibangun untuk memastikan bahwa desain mobil yang dibuat adalah mobil terbaik bagi masyarakat Indonesia.

“Dengan pendampingan dari DMC, R&D Center Daihatsu di Indonesia akan terus melakukan pengembangan kompetensi kepada putera-puteri bangsa agar kelak memiliki kemampuan rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global,” ujar Pradipto Sugondo, Executive Officer Research & Development (R&D) ADM.

Daihatsu berharap, R&D Center ini akan menghasilkan model-model Daihatsu yang dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor, agar semakin memajukan industri otomotif Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Daihatsu Gran Max jadi salah satu jenis mobil yang terlibat ‘skandal’ keselamatan di Jepang. Autos.id – Skandal yang melibatkan Daihatsu, yang telah berlangsung sejak...

Daftar Harga Mobil

Pihak Jepang melarang penjualan sejumlah mobil Daihatsu, termasuk Gran Max. Autos.id – Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang telah mencabut persetujuan tipe...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

Berita Otomotif

Suzuki menghadirkan Carry versi terbaru dan disebut-sebut menjadi pesaing Daihatsu GranMax. Tapi … Autos.id – Sebelum membahas lebih detail kekurangan Suzuki Carry dibandingkan Daihatsu...

error: Content is protected !!