Komparasi

Komparasi Mobil Bekas : Pilih Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012 ?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Memilih antara Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012 perlu pertimbangan, karena keduanya memiliki fitur unggulan masing-masing, tinggal sesuaikan dengan selera Anda.

Jakarta, Autos.id – Disegmen compact hatchback, Kawan Autos dihadapkan pada banyak pilihan. Diantaranya Honda Jazz, Toyota Yaris, Daihatsu Sirion, Mazda2 atau Ford Fiesta.

Mungkin jika Anda termasuk yang fanatik Honda akan langsung memilih Jazz. Begitupun dengan yang selama ini mengenal bagaimana kekuatan mesin Toyota, pastilah ambil Yaris. Padahal dikelas ini ada dua pemain lain yang sama-sama tak boleh dilewatkan. Yakni Mazda dan Ford.

“Antara Mazda2 atau Ford Fiesta sebenarnya kedua perusahaan saling berbagi platform. Namun tetap ada perbedaan diantaranya keduanya”

Perlu diketahui, antara Mazda2 atau Ford Fiesta sebenarnya kedua perusahaan saling berbagi platform. Hal ini maksudnya, dari sisi struktur rangka dasar, keduanya sama. Namun tetap ada perbedaan diantaranya keduanya. Kali ini Autos.id akan membahas komparasi kedua hatchback beda negara itu. Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012 ?

Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012

Mazda2 2012

Ini merupakan facelift pertama dari Mazda2. Hatchback Mazda tersbeut pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2010. Beberapa perbedaan terlihat untuk model facelift ini dibanding sebelumnya. Pada bagian eksterior, Kawan Autos akan menemui desain foglamp yang terlihat lebih agresif. Kemudian lampu depan juga sudah ada yang model projector (Mazda2 R).

Sementara di bagian dalam ada monitor LCD dengan sistem layar sentuh. Nah monitor ini sudah punya fitur yang cukup lengkap. Mulai dari AUX-In, Bluetooth, USB, SD Card, hingga TV tuner. Pada setir juga sudah ada audio steering switch. Interiornya cukup lapang untuk ukuran mobil hatchback. Legroom jok penumpang belakang maupun headroom juga nyaman. Selain itu kekedapan kabin juga patut diacungi jempol. Suara bising dari luar tidak sampai menyerap masuk seutuhnya ke ruang kabin.

Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012

New Mazda2 dibekali dengan dua airbag, ABS, EBD dan BA. Semua jok juga sudah menggunakan sabuk pengaman tiga titik. Mobil ini juga dilengkapi dengan Neck Injury Mitigation Front Seats untuk keamanan penumpang semua kursi. Ada juga Speed Sensitive Auto Door Lock System. Yakni sistem keamanan pintu mobil yang dapat mengunci pada saat mobil berada pada kecepatan tertentu. Kemudian ada power door lock dan Immobilizer.

Jika ada banyak penambahan fitur, Mazda2 2012 masih tetap menggunakan mesin yang sama. Model ini masih mengusung mesin berkode MZR 1.5L, DOHC dengan 16 valve. Tenaga yang dihasilkan sekitar 103 hp pada 6000 rpm, sedang untuk torsinya 135 Nm di 4000 rpm.

Tidak banyak yang bereubah dari impresi berkendara model facelift ini. Mazda2 masih sangat nyaman untuk pemakaian di dalam kota. Akselerasinya terbilang agresif, manuvernya cukup presisi meski tidak lebih baik dari Ford Fiesta. Namun ini berimbas dari suspensi Mazda2 yang lebih lembut ketimbang Fiesta.

Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012

Ford Fiesta 2012

Karena masih ada hubungan “darah” dengan Mazda2, maka Ford pertama kali mengimpor Fiesta ke Indonesia pada 2010. Fiesta panjangnya 3.950 mm, lebar 1.722 mm, dan tinggi 1.481 mm. Sementara Mazda2 panjangnya 3.913 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.479 mm. Namun Fiesta lebih berat 55 kg dibanding Mazda2.

Bobot seberat itu merupakan konsekuensi dair penggunaan material yang menurut kami lebih solid dibanding Mazda2. Tujuannya, agar umur pelat lebih lama, tahan benturan, serta mengurangi kebisingan, getaran. Kekedapan dan kenyamanan kabin pun lebih baik dari Mazda2.

Sementara soal desain memang kembali pada selera. Menurut kami Ford menawarkan lekuk-lekuk bodi yang berciri khas Amerika. Mata depan yang lancip dipadu bonet yang sedikit melandai tapi menim lekukan membuatnya terlihat manis dan berkelas.

Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012

Dikabin, Ford kalah jauh dari Mazda. Tidak ada monitor layar sentuh bahkan pusat entertainment masih berwarna monokrom. Memang ada fitur Voice Control System (voice command). Berkat fitur ini, kita bisa mendengar musik atau bertelepon via bluetooth. Namun Anda harus memberi perintah berbahasa Inggris dengan ucapan suara yang tepat, agar fitur bekerja. Nyatanya, banyak pemilik Ford Fiesta yang mengesampingkan fitur ini.

Kenikmatan berkendara Ford Fiesta jauh lebih baik dari Mazda2. Pengendaliannya jauh lebih rpesisi dari Mazda2. Tapi nyatanya ini memberikan efek negatif pada suspensi yang cukup keras. Selain itu transmisi triptronik otomatis 4-speed miliknya yang dapat di-operasikan secara semi-otomatis bisa memberikan akselerasi yang agresif saat dibutuhkan. Apalagi Fiesta terbagi dalam dua pilihan mesin yakni 1.4-liter dan 1.6-liter.

Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012

Harga

Pilihan untuk membeli Mazda2 2012 atau Ford Fiesta 2012 bekas tentu akan berakhir pada harga dari kedua mobil tersebut. Mazda2 2012 datang dengan dua tipe yakni S dan R. Perbedana paling kentara adalah tipe R sudah menggunakan lampu depan model projector. Harganya untuk Mazda2 S ada dikisaran Rp 110 juta hingga Rp 120 jutaan. Sementara tipe R harganya Rp 125 jutaan sampai Rp 135 jutaan.

Untuk Ford Fiesta 2012 datang dengan tiga varian. Yakni Style dan Trend untuk yang menggunakan mesin 1.4-liter. Sementara untuk yang menggunakan mesin 1.6-liter hadir dengan tipe Sport. Harga untuk Ford Fiesta Style Rp 100 juta – Rp 110 juta tergantung kondisi. Fiesta tipe Trend Rp 110 juta – Rp 120 juta. Sementara Fiesta Sport Rp 120 jutaan sampai Rp 130 jutaan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top