Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Periksa Komponen Ini Jika Motor Skutik Cenderung Melompat

New Honda BeAT eSP

Last updated on 16 Agustus, 2023

Jika motor skutik cenderung melompat periksa beberapa komponen ini, seperti kopling ganda, atau V-belt. Bisa jadi ada kerusakan atau kondisinya butuh dibersihkan.

Jakarta, Autos.id – Gas motor yang sering lompat pada motor skutik kerap membuat pengendara tak nyaman. Kadang masalah ini menjadi pemicu awal kecelakaan apalagi bila kita terjebak dalam kemacetan.

Biasanya masalah jika motor skutik cenderung melompat tersebut terjadi karena dua kemungkinan yakni masalah pada kopling ganda yang sudah menipis atau karena kotoran yang mengganggu pada sistem kerja CVT motor skutik tersebut.

“Bila kopling ganda sudah mencapai ketipisan hingga 1 mm maka motor cenderung melompat”

Untuk itu pengguna skutik perlu memeriksa kopling ganda secara rutin. Paling tidak untuk mengetahui kondisi komponen ini, karena bila sudah mencapai ketipisan hingga 1 mm maka motor cenderung melompat karena pengaruh itu.Biasanya ketipisan kopling ganda terasa jika motor sudah menempuh jarak kurang leebih 30 ribu Km.

Jika Motor Skutik Cenderung Melompat

Sementara bila motor-motor yang baru penyebab umumnya ialah bagian penggeraknya yang kotor. Dalam kondisi ini motor jadi tersendat namun tetap berjalan dengan tenaga yang tidak stabil sehingga cenderung seperti melompat.

Karena itu, mengecek kondisi komponen CVT perlu dilakukan untuk mematiskan keadaannya. Jika komponen ini kotor sebaiknya dibersihkan atau jika kondisinya sudah tak layak pakai langsung diganti untuk menghindari masalah yang lebih rumit.

Baca juga: Pengaruh Berat Roller Pada Motor Matic

Jika Motor Skutik Cenderung Melompat

Bagian yang perlu mendapat perhatian juga jika motor skutik cenderung melompat adalah V-Belt. Sebagai pengganti roda V-Belt juga menjadi penggerak utama roda belakang. Jika V-Belt mulai mengalami kerusakan performa motor juga terganggu dan motor seperti melompat-lompat.

Baca juga: Penyebab Motor Matic Gredek dan Solusinya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 26 Juni, 2023 Autos.id – Kick starter, yang sering disebut juga engkol kaki, digunakan pada sepeda motor agar pengendara masih dapat menyalakannya...

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

error: Content is protected !!