Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Panduan Beli Mobil Bekas Toyota Avanza Veloz : Perhatikan Performa Mesin

Toyota Avanza Veloz

Berikut ini adalah tips membeli mobil bekas Toyota Avanza Veloz agar mendapatkan mobil dengan kondisi yang prima untuk Anda gunakan bersama keluarga.

Jakarta, Autos.id – Toyota merupakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang punya banyak penggemar. Bahkan sebagian bilang jika populasi Avanza sudah mirip Toyota Kijang yang melegenda.

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia sendiri pertama kali mengeluarkan Avanza pada Juli 203 atau tepatnya di pameran Gaikindo Auto Expo. Tak perlu menunggu lama, pada Desember 2003 penjualan Avanza sudah menyentuh 100.000 unit.

“Veloz lahir di November 2011 sebagai pengganti Avanza tipe S. Namun saat itu pilihan mesinnya hanya 1.500 cc”

Kini Avanza sudah masuk generasi yang kedua dan mengalami beberapa kali facelift. Variannya pun semakin banyak yakni E, G, dan varian tertinggi Veloz. Pilihan transmisinya ada manual serta otomatis, dan pemakaian mesin 1.300 cc atau 1.500 cc.

Toyota Avanza Veloz

Sebagai varian paling tinggi Toyota Avanza Veloz tentu punya beberapa kelebihan. Veloz lahir di November 2011 sebagai pengganti Avanza tipe S. Namun saat itu pilihan mesinnya hanya 1.500 cc dengan transmisi manual atau otomatis. Kini Toyota Avanza Veloz ada yang bermesin 1.300 cc dan 1.500 cc, baik transmisi manual ataupun otomatis.

Selain berbeda secara visualisasi, interiornya juga dibuat lebih mewah dibanding Avanza tipe lain. Misalnya saja ketersediaan audio steering switch, audio model 2-DIN dan paduan warna kabin yang terkesan lebih lux. Bahkan pada 2014, TAM mengeluarkan Toyota Avanza Veloz Luxury. Tambahannya ada pada bodykit add-on di bumper depan, belakang, serta sideskirt. Aksen kayu di panel interior bagian depan, dan monitor 10 inci yang terpasang di plafon mobil.

Di bursa mobil bekas, Veloz juga menjadi mobil yang diincar calon pembeli. Biasanya mereka yang menginginkan kendaraan keluarga dengan penampilan yang sedikit lebih mewah dari Avanza tipe lain. Karena usianya yang sudah lebih dari 5 tahun, tentu butuh perhatian khusus ketika Kawan Autos berminat ingin meminang sebuah Avanza Veloz.

Toyota Avanza Veloz

Cek Buku Servis

Paling sederhana adalah cek buku servis untuk melihat historis servis berkala pengguna sebelumnya. Avanza memang tipe kendaraan yang “tidak rewel” dalam perawatan. Namun hal ini yang terkadang membuat pemiliknya jadi malas untuk melakukan servis berkala. Dengan melakukan pengecekan buku servis, maka akan diketahui part-part apa saja yang sudah mengalami perbaikan atau penggantian.

Perhatikan Kondisi Mesin

Seperti halnya membeli mobil bekas lain, cek kondisi mesin Veloz yang Anda incar. Perhatikan apakah ada bunyi-bunyi aneh dari mesin yang sangat mengganggu. Lihat juga bagian kolong mobil apakah ada tetesan oli atau air radiator.

Tes Mesin

Lakukan test drive untuk mengetahui kondisi mesin. Rasakan apakah performa mesin masih baik atau tidak. Rasakan pedal kopling apakah lembut atau keras, karena umumnya kopling Avanza tidaklah terlalu keras. Untuk yang transmisi otomatis rasakan juga perpindahan antar giginya, apakah masih lembut atau sudah ada gejala menghentak.

Perhatikan Interior

Toyota Avanza Veloz merupakan mobil keluarga yang biasanya dipakai sebagai transportasi bagi seluruh keluarga pemilik sebelumnya. Oleh karena itu perhatikan kondisi interior termasuk dashboard, jok, dan plafon. Apakah ada bekas tumpahan noda di jok dan plafon. Noda memang bisa dibersihkan namun Anda perlu mengeluarkan kocek lebih untuk membersihkan noda-noda itu di tempat car detailing.

Toyota Avanza Veloz

Harga

Dari penelusuran di situs-situs jual beli mobil bekas, untuk wilayah Jabodetabek harga Toyota Avanza Veloz 2012 ada di kisaran Rp 130 jutaan untuk transmisi manual dan Rp 140 jutaan untuk transmisi otomatis. Sementara untuk Veloz keluaran 2016 harganya masih di kisaran Rp 165 jutaan untuk transmisi manual dan Rp 170 jutaan untuk yang otomatis.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Mobil bekas menjadi solusi bagi seseorang yang ingin memiliki roda empat, namun apakah ada yang harganya Rp7 jutaan? Autos.id – Mencari mobil bekas yang...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Daftar Harga Mobil

Mobil pick up bekas menjadi alternatif bagi para pelaku usaha atau bisnis yang membutuhkan alat transportasi murah. Autos.id – Tahun 2023 menjadi tahun yang...

Daftar Harga Mobil

Cari mobil bekas dengan harga murah? Mobil keluaran China bisa menjadi pilihan menarik. Auto.id – Pasar mobil bekas semakin menarik perhatian para konsumen yang...

error: Content is protected !!