Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Menilik Sejarah Chevrolet Jambrong, Mobil Dagang Pertama di Indonesia

Chevrolet Jambrong

Chevrolet Jambrong sering dikenal juga sebagai pickup Jenggot, inilah mobil angkutan Chevrolet pertama yang begitu populer di Indonesia era 1940-an.

Jakarta, Autos.id – Chevrolet pick up lansiran tahun produk 1942 merupakan pick up pertama yang sangat populer bagi angkutan barang di pulau Jawa pada tahun 1940an hingga 1950an. Dan di era 1946, ada sebuah pick up asal Amerika itu yang populer dengan nama Chevrolet Jambrong.

Robby Djojosaputro., Mantan Ketua Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) menuturkan bahwa pick up Chevrolet 1946 yang populer dengan sebutan pick up Chevrolet Jambrong, diibaratkan dahulu sama populernya dengan pick up Toyota Kijang atau Daihatsu Gran Max saat ini.

“Pick up Chevrolet 1946 yang populer dengan sebutan pick up Chevrolet Jambrong, diibaratkan dahulu sama populernya dengan pick up Toyota Kijang atau Daihatsu Gran Max saat ini”

“Yang kita display pick up Chevrolet Jambrong atau bahasa Jawa-nya dikenal juga dengan nama pick up Jenggot tahun 1946. Tapi di Indonesia sudah ada sejak 1942 dan terkenal di kalangan pedagang sebagai mobil pengangkut,” kenang Robby ketika ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Chevrolet Jambrong

Tenar di Pulau Jawa Era 1940-an

Mobil model ini, lanjutnya kemudian berubah menjadi pick up Chevrolet Lele dan kemudian berkembang menjadi pick up lebih modern. Lebih lanjut Robby menceritakan, pick up Jambrong atau jenggot ini mulai tidak digunakan lagi pada tahun 1948 setelah beberapa mobil pick up lainnya mulai masuk ke Indonesia.

Dengan kehadiran pick up ini di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, Robby beserta teman-teman dari PPMKI ingin kembali memberikan cerita tentang angkutan bisnis yang menjadi tulang punggung pergerakan barang di kota-kota di pulau Jawa pada masa lampau.

Chevrolet Jambrong

Dulu Dipakai Sebagai Mobil Angkutan Barang

Bertempat di aera outdoor semi permanen, selain Chevrolet Jambrong juga dipajang beberapa mobil klasik iconic lainnya dari para kolektor anggota PPMKI.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

BMW

Last updated on 18 Juli, 2023 BMW E30 merupakan salah satu mobil klasik yang tak lekang oleh zaman. Autos.id – Kehadiran film ‘Catatan Si...

Berita Otomotif

Last updated on 1 Agustus, 2023 Rekomendasi Mobil klasik memiliki keunggulan tersendiri, terutama bagi para pecinta mobil klasik atau kolektor. Autos.id – Mobil-mobil klasik...

Berita Otomotif

Mobil klasik punya nilai-nilai yang lebih superior daripada mobil modern. Autos.id  –  Tidak hanya dari sudut pandang kolektor, namun juga dari sudut pandang fungsinya....

Berita Otomotif

Jakarta, Autos.id- New York International Auto Show merupakan pameran mobil yang diadakan di Manhattan pada akhir Maret atau awal April tiap tahunnya. Biasanya pameran...

error: Content is protected !!