Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Perhatikan Ini Jika Tuas Perseneling Mobil Keras

Perseneling Mobil Keras

Perseneling mobil keras akan menjadi kendala saat Anda mengoper gigi di jalan, penyebabnya adalah kotor pada komponen tersebut karena kurang perawatan.

Jakarta, Autos.id – Dunia otomotif terus berkembang sehingga saat ini banyak mobil telah menggunakan transmisi otomatis. Mobil dengan transmisi otomatis (matik) memang lebih memudahkan pengemudi terutama saat macet.

Namun meski kini mobil matik makin menjamur bukan berarti mobil dengan transmisi manual dihapus. Mobil tipe ini tetap ada, dan bagi Anda yang memiliki mobil transmisi manual terkadang pernah merasakan kesulitan.

“Penyakit mobil transmisi manual adalah merasakan kesulitan bila tuas perseneling keras dan susah untuk berpindah gigi”

Penyakit mobil transmisi manual adalah merasakan kesulitan bila tuas perseneling keras dan susah untuk berpindah gigi. Bagi pengguna mobil manual pasti pernah mengalami hal ini jika perawatan tidak dilakukan secara rutin. Pada kondisi yang demikian tentu akan sangat mengganggu perjalanan pengguna kendaraan.

Perseneling Mobil Keras

Perseneling Kotor Penyebab Keras Saat Oper Gigi

Bila terjadi hal itu, apa yang harus dilakukan pengguna kendaraan? Kalau Kawan Autos mengalami kesulitan saat melakukan perpindahan gigi akibat perseneling mobil keras, maka ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan.

Jika perseneling mobil keras berarti komponen dekrup pada perseneling sudah lama penggunaannya. Bila hal ini terjadi, artinya dekrup pada perseneling kurang diperhatikan atau perlu minyak pelumas transmisi.

Bila hal ini tidak diperhatikan dan terus dipaksakan maka kerusakannya akan merembet ke komponen gigi sinkronis yang berada di dalam transmisi sehingga biaya perbaikannya akan lebih mahal.

Yang perlu diwaspadai oleh pengguna mobil bertransmisi manual karena mengalami kerusakan maka pada perpindahan gigi akan susah dan terkadang gigi akan lompat sendiri dan kembali ke posisi netral. Hal ini tentu sangat membahayaan pengemudi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Mei, 2023 Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer...

Tips

Last updated on 15 Agustus, 2023 Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni...

Tips

Last updated on 15 Agustus, 2023 Mengganti karet wiper mobil bukan perkara sulit, namun kalau tidak dilakukan bisa membuat kaca mobil bagian depan baret...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Agustus, 2023 Mengatasi masalah power window yang seret bukan perkara sulit. Karena biasanya hanya karena ada kotoran menumpuk di jalur...

error: Content is protected !!