Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Antisipasi Berkendara, Kunci Hindari Kecelakaan di Jalan Raya

Antisipasi Berkendara

Antisipasi berkendara untuk menghindari kecelakaan di jalan raya yakni berupa antisipasi tabrakan depan, samping, dan belakang.

Jakarta, Autos.id – Berkendara antisipatif di jalan raya merupakan bagian penting yang menggaransi keselamatan pengemudi dan penumpang. Banyak pengemudi tidak paham soal antisipasi berkendara sehingga kerap mengalami kecelakaan.

Poedyo Santoso, Training Director Indonesia Road Safety Agent (IRSA) menyebutkan Divensive Driving perlu diahami para pengguna mobil karena hal ini merupakan hal paling dasar untuk menghindari kecelakaan.

“Banyak pengguna kendaraan yang hanya tahu menyetir mobil tapi mengabaikan keselamatan karena mengabaikan antisipasi saat berkendara”

“Banyak pengguna kendaraan yang hanya tahu menyetir mobil tapi mengabaikan keselamatan karena mengabaikan antisipasi saat berkendara,” kata Santoso, di Jakarta. Santoso menjelaskan beberapa hal perlu diperhatikan dalam antisipasi untuk menghindari kecelakaan antara lain antisipasi tabrakan depan dengan menjaga jarak aman 2 sampai 3 detik dengan mobil yang ada di depan.

antisipasi berkendara

Selalu Antisipasi Keberadaan Pengguna Jalan Lain

Kemudian antisipasi tabrakan belakang dengan mengecek spion secara keseluruhan yakni spion samping kiri, tengah dan kanan dalam waktu beberapa detik sekali agar mengetahui secara pasti keadaan diseiktar mobil kita. “Jangan udah ada senggolan baru kita menyalahkan orang lain, karena itu fokus penuh pada jalan wajib dilakukan,” ujarnya bersemangat.

Selanjutnya lakukan antisipasi tabrakan samping dengan head check, menengok sekilas untuk memastikan kita dalam keadaan aman untuk manuver atau berpindah jalur. Jangan hanya mengandalkan kaca spion karena spion memiliki wilayah yang terbatas. “Untuk bermanuver sebaiknya melakukan head check. Tengok sekilas untuk memastikan aman karena spion punya blind spot yang besar,” tukasnya,

antisipasi berkendara

Jangan Hanya Andalkan Spion

Ia berharap dengan melakukan antisipasi berkendara ini, pengemudi dapat menghindari segala kemungkinan kecelakaan sehingga dapat berkendara dengan aman dan berkeselamatan dalam setiap perjalanan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Merk Mobil

VW Tiguan terseret masalah seatbelt yang mengalami disfungsi. Terkait hal ini, Otoritas keselamatan kendaraan Amerika melakukan investigasi dan meminta produsen untuk memperbaikinya. Amerika, Autos.id...

Berita Otomotif

Petamina sangat peduli dengan keselamatan berkendara masyarakat umum maupun karyawannya. karena itu, bersama pebalap nasional mereka menggelar safety riding Jakarta, Autos.id – Dalam rangka...

Merk Mobil

Tesla dan Mercedes-Benz terus menebarkan virus dengan menyajikan produk dengan teknologi pengereman darurat. Hal ini sangat membantu menekan angka kecelakaan Jerman, Autos.id – Perkembangan...

Tips

Last updated on 14 Juli, 2023 Ada beberapa aksesoris yang haram dipakai pada kendaraan Anda. Selain berbahaya bagi keselamatan, juga berpotensi untuk ditindak oleh...

error: Content is protected !!