Tips

Tips Mengatasi Radiator Mobil Panas di Tengah Jalan

Radiator Mobil Panas

Radiator mobil panas di tengah jalan memang bisa membuat pengguna mobil menjadi panik, lalu apa langkah-langkah mengatasi hal ini?

Jakarta, Autos.id – Setiap penguna mobil tentu ingin kendaraanya selalu dalam keadaan prima, sehingga tidak akan mengganggu perjalanan. Apalagi ketika harus menempuh perjalanan jauh, sedikit saja masalah maka akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Bayangkan ketika bersama keluarga sedang berkendara tiba-tiba ditengah perjalanan indikator mesin mobil menunjukkan jika suhu mesin mobil terlalu panas. Dan biasanya hal ini terjadi karena radiator mobil panas akibat cairan radiator yang mulai menipis. Pada tingkat ekstrim mobil bisa menyembulkan asap dari balik kap mesin.

“biasanya hal ini terjadi karena radiator mobil panas akibat cairan radiator yang mulai menipis”

Jika terjadi radiator mobil panas di tengah jalan bagaimana langkah sederhana mengatasinya?

Apabila indikator suhu di mesin mobil menunjukkan terlalu panas, maka segera tepikan mobil ditempat yang aman dan teduh, lalu matikan mesin mobil, kemudian buka kap mesinnya untuk didiamkan kurang lebih satu jam agar suhu panasnya menurun.

Radiator Mobil Panas

Indikator Mesin Ada Diposisi Heat

Setelah diidiamkan dan air radiator sudah tidak terlalu panas, buka penutup radiatornya. Hati-hati saat membuka penutup ini, pastikan radiator sudah tak lagi panas dan gunakan sarung tangan atau lap kering guna mencegah air radiator yang panas mengenai bagian tubuh Anda dan melukai kulit.

Radiator Mobil Panas

Hati-Hati Saat Mesin Masih Panas

Langkah selanjutnya isi radiator mobil dengan air yang telah disiapkan sebagai cairan pendingin radiator sehingga secara perlahan akan menormalkan kembali suhu mobil. Jika memang Anda tidak menyiapkan cairan khusus radiator di bagasi mobil, maka bisa gunakan air mineral untuk sementara. Jangan gunakan air ledeng atau air sumur karena mengandung besi yang bisa membuat radiator korosi.

Radiator Mobil Panas

Isi dengan Air Radiator Jangan Air Sumur

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan kembali, periksa indikator suhu mesin dengan lebih intensif sepanjang perjalanan. Disarankan sebaiknya Anda segera berhenti di bengkel mobil terdekat dan meminta mekanik bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Langkah sederhana ini, mungkin bisa menjadi cara paling mudah untuk mengatasi masalah panas ada suhu mobil yang bisa membuat pengguna mobil panik bahkan merasa trauma bila suhu panas mobilnya menimbulkan asap.

Comments
To Top