Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Mengatasi Radiator Mobil Panas di Tengah Jalan

Radiator Mobil Panas

Last updated on 21 Agustus, 2023

Radiator mobil panas di tengah jalan memang bisa membuat pengguna mobil menjadi panik, lalu apa langkah-langkah mengatasi hal ini?

Jakarta, Autos.id – Setiap penguna mobil tentu ingin kendaraanya selalu dalam keadaan prima, sehingga tidak akan mengganggu perjalanan. Apalagi ketika harus menempuh perjalanan jauh, sedikit saja masalah maka akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Bayangkan ketika bersama keluarga sedang berkendara tiba-tiba ditengah perjalanan indikator mesin mobil menunjukkan jika suhu mesin mobil terlalu panas. Dan biasanya hal ini terjadi karena radiator mobil panas akibat cairan radiator yang mulai menipis. Pada tingkat ekstrim mobil bisa menyembulkan asap dari balik kap mesin.

“biasanya hal ini terjadi karena radiator mobil panas akibat cairan radiator yang mulai menipis”

Jika terjadi radiator mobil panas di tengah jalan bagaimana langkah sederhana mengatasinya?

1.Menepi ke Tempat Aman

Apabila indikator suhu di mesin mobil menunjukkan terlalu panas, maka segera tepikan mobil ditempat yang aman dan teduh, lalu matikan mesin mobil, kemudian buka kap mesinnya untuk didiamkan kurang lebih satu jam agar suhu panasnya menurun.

Radiator Mobil Panas

Indikator Mesin Ada Diposisi Heat

2. Buka Tutup Radiator Secara Hati-Hati

Setelah diidiamkan dan air radiator sudah tidak terlalu panas, buka penutup radiatornya. Hati-hati saat membuka penutup ini, pastikan radiator sudah tak lagi panas dan gunakan sarung tangan atau lap kering guna mencegah air radiator yang panas mengenai bagian tubuh Anda dan melukai kulit.

Baca juga: Tips Aman buka Tutup Radiator Ketika Overheat

Radiator Mobil Panas

Hati-Hati Saat Mesin Masih Panas

3. Isi Air Radiator

Langkah selanjutnya isi radiator mobil dengan air yang telah disiapkan sebagai cairan pendingin radiator sehingga secara perlahan akan menormalkan kembali suhu mobil. Jika memang Anda tidak menyiapkan cairan khusus radiator di bagasi mobil, maka bisa gunakan air mineral untuk sementara. Jangan gunakan air ledeng atau air sumur karena mengandung besi yang bisa membuat radiator korosi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Coolant Radiator Terbaik untuk Mobil

Radiator Mobil Panas

Isi dengan Air Radiator Jangan Air Sumur

4. Periksa Kembali Suhu Mesin

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan kembali, periksa indikator suhu mesin dengan lebih intensif sepanjang perjalanan. Disarankan sebaiknya Anda segera berhenti di bengkel mobil terdekat dan meminta mekanik bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Langkah sederhana ini, mungkin bisa menjadi cara paling mudah untuk mengatasi masalah panas ada suhu mobil yang bisa membuat pengguna mobil panik bahkan merasa trauma bila suhu panas mobilnya menimbulkan asap.

Baca juga: Perhatikan 6 Tanda Tutup Radiator Mesin yang Rusak

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

error: Content is protected !!