Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

2 Bus Tata Terbaru untuk Travel dan Pariwisata

Jakarta, Autos.id – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku Agen Pemegang Merek Tata Motors di Indonesia memperkenalkan dua varian barunya yakni Tata LPT 407 dan Tata LP 713, yang masuk dalam bus kategori 2 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

LPT 407 yang menggunakan desain dari karoseri Adiputro memiliki konfigurasi tempat duduk 21 + 1. Bus Tata tipe ini akan memenuhi kebutuhan bus wisata antar kota dengan rute tempuh di bawah 300 km dan mengincar ceruk pasar shuttle bus perusahaan atau instansi pemerintahan.

“Potensi bisnis kendaraan bus akan terbuka luas seiring pembangunan proyek infrastruktur jalan tol pemerintah yang sangat massif”

Sementara LP 731 dibekali mesin Tata 697 TCIC Euro 2. Mesin ini memiliki kapasitas silinder 5.675 cc, terbesar di kelasnya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 130 PS pada 2.400 rpm dan torsi puncak 416 Nm pada 1400 sampai 1700 rpm.

Bus Tata

Bus Tata LP 713

Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicles TMDI mengatakan, TMDI saat ini telah siap melayani permintaan bus medium dari perusahaan travel dan instansi pemerintah melalui LKPP. “Potensi bisnis kendaraan bus akan terbuka luas seiring pembangunan proyek infrastruktur jalan tol pemerintah yang sangat massif. Ditambah, gencarnya pembenahan transportasi perkotaan dan tumbuhnya bisnis travel di semua propinsi di Indonesia, membuat TMDI dapat ikut melayani kebutuhan transportasi umum serta transportasi pariwisata,” kata Bachtiar di JIExpo, di Jakarta.

Khusus mengenai Bus Tata LPT 407, TMDI menawarkan dimensi bus yang lebih lebar dari rival sekelasnya yang menjamin proporsi dimensi bisa lebih tinggi. Hal tersebut berkontribusi besar kepada kenyamanan kabin dan kabin menjadi lebih luas.

Selain lebih luas, konfigurasi kursi memungkinkan menjadi 2 kursi di sisi kiri dan 2 di sisi kanan. Penumpang LPT 407 dapat dengan mudah serta leluasa lalu-lalang ke area depan dan belakang bus melalui lorong yang lega dan bisa berdiri, karena kabin LPT 407 tinggi.

Bus Tata

Tata LPT 407

Di sisi keselamatan dan keamanan, LPT 407 dilengkapi dengan hanya 2 pintu akses keluar masuk penumpang di sebelah kiri bagian depan dan belakang. Dengan tujuan keamanan, dan sesuai standar keselamatan internasional, LPT 407 meniadakan pintu sopir bus. Selain itu, LPT 407 menyediakan pintu darurat di sebelah kanan bagian belakang kendaraan dan 2 buah jendela darurat di atapnya.

LPT 407 dibekali mesin dengan model TATA 4SPTC Turbo Intercooler yang besar tenaganya dan hemat bahan bakarnya. Mampu menghasilkan tenaga 100 Hp dengan torsi maksimum 300 Nm. Transmisinya menggunakan transmisi TATA GBS-27 dengan variasi rasio gigi yang disesuaikan dengan torsi mesin sehingga daya tanjak dan daya tahan gardan lebih lama.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 2 Agustus, 2023 Tata Motors kabarnya akan kembali memproduksi (lagi) mobil termurah yang ada di dunia. Autos.id – Apakah pembaca ingat...

Mobil

Mobil listrik konsep Tata Curvv ini rencananya menggunakan platform EV generasi terbaru dari Tata yang lebih rigid serta lebih ramah lingkungan. Autos.id – Tata...

Berita Otomotif

Satu dekade silam, dunia sempat dihebohkan dengan lahirnya Tata Nano. Di awal kehadirannya, Tata Nano langsung menyandang predikat sebagai mobil termurah di jagat raya....

Merk Mobil

Tata motors menghadirkan sebuah mobil konsep dengan desain futuristik yang kental. Mobil dengan nama Tata 45X dikembangkan dengan platform baru. India, Autos.id – Sebuah...

error: Content is protected !!