Reviews

Test Drive Suzuki Ignis : City Car Berbumbu SUV

Test Drive Suzuki Ignis

Hasil test drive Suzuki Ignis yang kami rasakan adalah mobil ini mengasyikkan untuk dibawa di perkotaan untuk mengarungi aktifitas sehari-hari.

Jakarta, Autos.id – Suzuki Ignis merupakan “spesies” baru di segmen otomotif Tanah Air. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim jika model ini masuk kategori Urban SUV meskipun diposisikan sebagai pengganti Splash yang masuk ke kelas city car.

Cukup rancu, tapi disatu sisi membuat Suzuki Ignis menarik, mengingat harga yang dipatok juga bersinggungan langsung dengan mobil-mobil berstatus LCGC (Low Cost Green Car). Beruntung, SIS memberikan kesempatan kepada sejumlah media untuk menguji mobil mungil yang diimpor dari India itu.

“Kesan pertama saat test drive Suzuki Ignis ini adalah, penampilannya unik dan juga stylish berbeda dari kebanyakan city car”

Kesan pertama saat test drive Suzuki Ignis ini adalah, penampilannya unik dan juga stylish berbeda dari kebanyakan city car. Jika city car biasanya datang dengan model small hatchback, maka Ignis menawarkan model small SUV.

Test Drive Suzuki Ignis

City Car Berbau SUV

Bagian muka tampak menonjol dengan lampu besar yang dibuat menyatu dengan gril. Lampu ini sudah menggunakan LED Projector & Daytime Running Light berbentuk U. Bentuk bumper depan juga dibuat tak banyak lekukan layaknya SUV lain. Bumper ini kemudian dipermanis dengan aksen chrome pada foglamp.

Ketika melihat dari bagian sisi barulah jelas identitas Ignis sebagai Small SUV. Ground clearance agak tinggi, ruang fender yang lebar plus warna hitam dof pada bodi moulding dan over fender, serta penggunaan roof rack mempertegas jika mobil ini tak sama dengan kebanyakan city car.

Menariknya, bagian belakang Suzuki Ignis malah mengadopsi desain model Suzuki 70-an yakni Suzuki Cervo atau SC100. Kei car coupe lawas tersebut memang mempunyai buritan yang unik dengan lekukan garis dibagian belakang yang hampir sama dengan Ignis.

Test Drive Suzuki Ignis

Desain Belakang Unik

Masuk kebagian kabin, kami tidak puas dengan desain yang di adposi Ignis. Warna two tone hitam dan putih terlihat sangat sederhana bahkan terkesan menjadi mobil murah. Namun Ignis punya headunit entertainment yang terpisah dari dasbor yang hanya bisa mengakses radio dan pemutaran music melalui flash disk dengan format MP3 namun tidak bisa menggunakan CD.

Dibalik kemudi, kami disajikan panel instrument yang dapat memberikan informasi kondisi tentang baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand break, oil indicator, RPM meter, Speedometer, Sefety Belt hingga Airbag. Kemudian di lingkar kemudi sudah tersemat kontrol Multi Information Display (MID) dan audio steering switch serta untuk menerima dan menolak panggilan telepon jika headunit terkoneksi dengan ponsel.

Setelah puas mengeksplore bagian luar dan dalam Ignis, tiba saatnya kami menguji ketangguhan city car rasa SUV ini. Mobil yang kami kendarai yakni Suzuki Ignis GX bertransmisi manual. Seluruh tipe Suzuki Ignis sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry level. Dimana pengendara cukup meletakan kunci di kotak yang berada dibawah panel AC atau headunit.

Test Drive Suzuki Ignis

Kombinasi Warna Hitam dan Putih di Interior

Kami pun langsung menekan kopling dan rem, kemudian menekan tombol start/stop engine untuk menghidupkan mesin berkapasitas empat silinder K12M berkapasitas 1.197cc didukung Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC. Suara mesin yang halus tidak sampai masuk ke dalam kabin meskipun kami yakin kekedapan kabin tidak sehebat model flagship Suzuki lainnya seperti Grand Vitara.

Kemudian tuas transmisi kami geser ke gigi 1, kopling dibuka secara perlahan dan diimbangi dengan gas. Kami langsung merasakan akselerasi yang lembut. Meskipun memiliki torsi yang cukup rendah, namun tenaga yang dihasilkan terasa bertenaga. Namun sayang dengan kemacetan Ibukota Jakarta kami pun tidak bisa merasakan secara penuh performa mesin dibalik bonet mobil ini.

Namun kami masih sempat menjajal mobil berlogo S ini dengan asik untuk diajak meliak-liuk melibas kemacetan kota Jakarta itu. Selain itu mobil ini juga sangat bersahabat diajak menikung. Sayangnya hal itu harus dikorbankan dengan suspensi yang terasa keras. Jadi perlu ekstra hati-hati ketika menemui jalan dengan kontur yang tak rata.

Test Drive Suzuki Ignis

Ada 3 Pilihan Varian

Anda para ibu muda, atau mahasiswa yang membutuhkan kendaraan mobilitas yang fleksibel kami menyarankan Suzuki Ignis. SIS menawarkan tiga pilihan Ignis yakni tipe GL M/T berharga Rp 139.5 juta, Rp 159.5 juta untuk tipe GX M/T dan tipe GS AGS dengan harga Rp 165.5 juta.

Comments
To Top