Berita Otomotif

Kerusakan Setang Yamaha Tarik Puluhan Ribu Unit Motornya

Kerusakan Setang Yamaha

3 model Yamaha yakni FJ-09, FZ-09, dan XSR900 karena dinilai ada kerusakan setang Yamaha yang akan mengancam keselamatan penggunanya.

Amerika, Autos.id – Yamaha terungkap akan menarik 22.433 unit motornya karena masalah setang yang tidak berfungsi normal. Ada tiga model yang akan ditarik karena masalah kerusakan setang Yamaha yakni FJ-09, FZ-09, dan XSR900 yang diproduksi antara tahun 2015 hingga 2017.

Belum ada laporan resmi dari Yamaha terkait kerusakan setang Yamaha ini sehingga sangat membahayakan pemotor karena ada kemungkinan setang bisa terlepas dan kunciannya.

“Dalam investigasi NHTSA, masalah ini sangat serius karena Yamaha terkesan tak mendeteksi masalah tersebut saat melakukan pengujian terkait kontrol kualitas produk”

Menurut dokumen yang dikeluarkan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), seperti lansiran Autoevolution, Jumat (14/4/2017), ke tiga model motor ini memilki setang dengan sistem thread-lock dengan ulir baut pengancing yang tidak memadai sehingga setang memiliki getaran berlebihan.

Kerusakan Setang Yamaha

Setang Disinyalir Bisa Longgar dan Lepas

Dalam investigasi NHTSA, masalah ini sangat serius karena Yamaha terkesan tak mendeteksi masalah tersebut saat melakukan pengujian terkait kontrol kualitas produk. Hingga saat ini Yamaha belum melaporkan adanya korban terkait masalah ini.

Namun masalah ini, membuat Yamaha akan segera memberi informasi pada pemilik motor dan menginstruksikan pada mereka untuk segera membawa motor mereka ke dealer resmi Yamaha terdekat untuk mengganti setang dan mendapat thread-lock baru.

Kerusakan Setang Yamaha

Yamaha Dianggap Kurang Peduli Saat Proses Qualiti Kontrol

Yamaha menjanjikan akan segera menyelesaikan masalah ini agar tidak menimbulkan kekhawatiran pada konsumen yang menggunakan tiga model sepeda motor ini. Perusahaan juga akan memberikan baut pengikat baru yang lebih aman agar kerusakan setang Yamaha ini tidak terjadi lagi.

Comments
To Top