Komparasi

Temukan Perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla

New Astra Toyota Agya dan New Astra Daihatsu Ayla merupakan kembaran, tapi keduanya tetap punya perbedaan dan kami paparkan semuanya.

Jakarta, Autos.id – Dua city car paling laris saat ini datang dengan wajah baru. Keduanya adalah New Astra Toyota Agya dan New Astra Daihatsu Ayla. Meski bak pinang di belah dua, keduanya tetap punya perbedaan.

New Astra Toyota Agya datang dalam tujuh varian dengan harga mulai dari Rp 127,6 juta. Sementara New Astra Daihatsu Ayla ditawarkan dengan rentang model lebih banyak. Yakni 16 varian dengan harga termurah Rp 92,5 juta.

“Karenanya kami akan memberikan kepada Anda perbedaan keduanya. Namun kali ini kami mengambil tipe tertinggi dari keduanya”

Dengan harga yang terpaut cukup jauh itu tentu ada beberapa item yang tidak ditemui, baik antara New Agya dan New Ayla. Karenanya kami akan memberikan kepada Anda perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla. Namun kali ini kami mengambil tipe tertinggi dari keduanya. Yaitu New Astra Toyota Agya 1.2 TRD S dan New Astra Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe.

Eksterior
New Astra Toyota Agya 1.2 TRD S menggunakan gril depan minimalis hanya berupa bilah horizontal yang dilapis chrome dengan logo Agya dibagian tengah, juga dengan lapisan krom. Sementara New Astra Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe menggunakan gril yang lebih besar. Kombinasinya black gloss dan krom sebagai pemanis.

Perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla

New Toyota Agya 1.2

Aksen krom ini juga digunakan sebagai aksen pada bumper depan, berbeda dengan Agya yang hanya dibiarkan hitam dop. Kemudian bentuk rumah foglamp juga berbeda. Agya desainnya agresif meruncing hingga menyentuh sebagian fender depan, sementara Ayla lebih dibuat minimalis. Namun pada bumper depan Daihatsu menambahkan daytime running light (DRL) menggunakan LED yang terpisah jadi dua bagian.

Desain lampu sama, dan pada bagian tengah lampu utama ini ada garis yang melintang. Bagusnya Daihatsu, garis pada lampu depan ini dibuat seakan menyatu dengan aksen krom di gril yang berupa garis melengkung.

Perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla

Banyak yang Berbeda Dibanding Agya

Lanjut ke samping, keduanya menggunakan desian pelek yang serupa, dengan warna kombinasi hitam dan polish. Ukurannya pun sama yakni R14 dibalut ban 175/65 R14. Bagian bahwa pintu juga sama-sama ditambah sideskirt minimalis. Bedanya produk Toyota ditambah cutting sticker “TRD S”, sementara Daihatsu, polos. Lalu spion luar juga sama-sama sudah pakai tambahan lampu sein LED.

Kemudian berajak ke belakang lekuk-lekuk bumper terlihat senada, berikut dengan lampu reflektor yang sekarang jadi item baru pada bumper Agya-Ayla. Bentuk lampu belakang juga sama dan dibawah lampu ada emblem Astra Toyota untuk Agya dan Astra Daihatsu untuk Ayla. Sementara di bawah lampu belakang sebelah kanan ada emblem Agya dan Ayla, serta ada emblem 1.2 yang menandakan kapasitas mesin kini 12.00 cc.

Perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla

Perbedaan Desain Belakang

Perbedaan paling mencolok perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla justru terlihat dari bentuk spoiler belakang. Untuk Toyota modelnya flat dengan lekukan hanya dibagian ujung-ujungnya. Sedangkan kepunyaan Daihatsu terlihat lebih sporty dengan tambahan lekuk tepat di high mount stop lamp LED. Kemudian di kaca belakang, tepatnya di dekat wiper ada aksen chrome garnish yang tidak dimiliki New Astra Toyota Agya 1.2 TRD S.

Interior
Secara keseluruhan desain kabin antara New Astra Toyota Agya 1.2 TRD S dan New Astra Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe tidak jauh berbeda. Baik Toyota maupun Daihatsu sama-sama sudah memberikan desain jok baru yang dikliam sekarnag modelnya semi bucked. Jok ini juga sudah pakai pelapis motif baru meski bahannya tetap dari fabric.

Perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla

Layar Entertainment 2Din

Keduanya juga sekarang pakai audio steering switch yang tidak ditemukan pada Agya-Ayla generasi pertama. Namun perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla ada pada pusat entertainment yang dibenamkan. Agya masih memakai model single din dengan pemutar volume dan frekuensi radia berupa lingkaran krom dibagian tengah. Sementara Ayla sudah pakai model 2 din layar sentuh. tetapi keduanya sudah support koneksi nirkabel untuk ponsel antara lain melalui Bluetooth dan Aux-In.

Spesifikasi Teknis
New Astra Toyota Agya 1.2 TRD S memiliki panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm. New Astra Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe pun sama punya panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

Perbedaan New Toyota Agya dan New Daihatsu Ayla

Mesin Sama

Tinggi dengan tanah (ground clearance) juga sama yakni 180 mm. Keduanya pun pakai mesin yang sama yakni 1.197 cc DOHC 4 silinder Dual VVT-i dengan kode 3NR-VE. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan daya 88 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi 108 Nm di 4.200 rpm.

New Astra Daihatsu Ayla

Harganya Terpaut Rp 5 Jutaan

Harga
New Astra Toyota Agya 1.2 TRD S dibanderol Rp 138,8 juta untuk yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan, dan Rp 151,9 juta untuk tipe transmisi otomatis. Untuk New Astra Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe dibanderol Rp 136,25 juta untuk varian yang menggunakan transmisi manual dan Rp 146,25 juta untuk yang pakai transmisi otomatis.

Comments
To Top